Sifat-sifat Cahaya dan Soal Ulangan Harian Sifat-sifat Cahaya

Sifat-sifat Cahaya dan Soal Ulangan Harian Sifat-sifat Cahaya:

Cahaya adalah nama yang diberikan manusia pada radiasi yang dapat dilihat oleh mata manusia. Cahaya merupakan gelombang eloktromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnet. Berdasarkan jenisnya, cahaya dibedakan menjadi cahaya yang tampak dan cahaya yang tidak tampak. Cahaya tampak adalah cahaya yang jika mengenai benda maka benda tersebut akan dapat dilihat oleh manusia, contoh cahaya matahari. Cahaya tak tampak adalah cahaya yang bila mengenai benda tidak akan tampak lebih terang atau masih sama sebelum terkena cahaya. Contoh cahaya tak tampak adalah sinar inframerah dan sinar x. Cahaya tampak dibagi menjadi 2 yaitu monokromatik dan polikromatik. Monokromatik adalah satu cahaya yang terdiri dari satu warna, contohnya merah. Sedangkan polikromatik adalah satu cahaya yang terdiri dari beberapa warna, contohnya ungu, merupakan kombinasi antara merah dan biru. 

Kita memerlukan cahaya untuk dapat melihat. Benda-benda yang ada di sekitar kita dapat kita lihat apabila ada cahaya yang mengenai benda tersebut, dan cahaya yang mengenai benda tersebut dipantulkan oleh benda ke mata. Walaupun benda terkena cahaya, jika pantulannya terhalang dari mata kita, kita tidak dapat melihat benda tersebut, misalnya suatu benda yang berada di balik tirai atau tembok.

Sebuah benda dapat dilihat karena adanya cahaya, yang memancar atau dipantulkan dari benda tersebut, yang sampai ke mata. Berdasarkan sumbernya cahaya dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
  • Cahaya yang berasal dari benda itu sendiri, seperti matahari, senter, lilin, dan lampu;
  • Cahaya yang memancar dari benda akibat memantulnya cahaya pada permukaan benda tersebut dari sumber cahaya. Misalnya, jika kamu melihat benda berwarna biru, artinya benda tersebut memantulkan cahaya berwarna biru. 
Berdasarkan dapat tidaknya memancarkan cahaya, benda dikelompokkan menjadi benda sumber cahaya dan benda gelap. Benda sumber cahaya dapat memancarkan cahaya. Contoh benda sumber cahaya yaitu Matahari, lampu, dan nyala api. Sementara itu, benda gelap tidak dapat memancarkan cahaya. Contoh benda gelap yaitu batu, kayu, dan kertas.

Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan. 

1. Cahaya Merambat Lurus
Saat berjalan di kegelapan, kita memerlukan senter. Cahaya dari lampu senter arah rambatannya menurut garis lurus. Atau ketika kita melihat cahaya matahari yang menerobos masuk melalui genting. Kedua hal tersebut membuktikan bahwa cahaya merambat lurus. Kegiatan yang dapat untuk membuktikan bahwa cahaya merambat lurus adalah dengan menggunakan karton yang diberi lubang seperti gambar di samping. Ketika lobang karton disusun lurus kita dapat melihat cahaya lilin, namun ketika salah satu lobang digeser kita tidak bisa lagi melihat cahaya tersebut. Sifat cahaya yang selalu merambat lurus ini dimanfaatkan manusia pada pembuatan lampu senter dan lampu kendaraan bermotor.

2. Cahaya Dapat Menembus Benda Bening

Amatilah ketika kamu berjalan di bawah cahaya matahari. Ke mana pun kamu berjalan, selalu diikuti oleh bayanganmu sendiri. Bayang-bayang tubuhmu akan hilang ketika kamu masuk ke dalam rumah atau berlindung di balik pohon yang besar. Bayangan terbentuk karena cahaya tidak dapat menembus suatu benda. Ketika cahaya mengenai tubuhmu, cahaya tidak dapat menembus tubuhmu sehingga terbentuklah bayangan. Begitu pula ketika cahaya mengenai rumahmu dan pohon yang besar. Bayangan adalah daerah gelap yang terbentuk akibat cahaya tidak dapat menembus suatu benda. Bayangan dibedakan menjadi dua, yakni bayangan nyata dan bayangan maya. Bayangan maya (semu) adalah bayangan yang dapat dilihat mata, tapi tidak dapat ditangkap pada layar, sedangkan bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap layar. 

Berdasarkan dapat atau tidaknya di tembus cahaya, benda-benda digolongkan menjadi 3:
  • Opaque atau benda tidak tembus cahaya, Adalah benda gelap yang tidak dapat ditembus oleh cahaya sama sekali. Opaque memantulkan semua cahaya yang mengenainya. Benda semacam ini contohnya adalah buku, kayu, tembok, dan air keruh.

  • Benda Bening, yakni benda-benda yang dapat ditembus cahaya. Benda bening juga sering disebut benda transparant. Benda transparant meneruskan semua cahaya yang mengenainya. Contohnya kaca yang bening dan air jernih

  • Benda Transluent Benda transluent adalah benda-benda yang dapat meneruskan sebagian cahaya yang datang dan menyebarkan sebagian cahaya yang lainnya. Contohnya kain gorden tipis, dan beberapa jenis plastik.
3. Cahaya dapat dipantulkan


Pemantulan (refleksi) atau pencerminan adalah proses terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Contoh peristiwa pemantulan cahaya adalah saat kita bercermin. Bayangan tubuh kita akan terlihat di cermin, karena cahaya yang dipantulkan tubuh kita, saat mengenai permukaan cermin, dipantulkan, atau dipancarkan kembali hingga masuk ke mata kita. Pemantulan pada cermin, termasuk pemantulan teratur. Pemantulan teratur terjadi pada benda yang permukaannya rata dan mengkilap/licin. Pada benda semacam ini, cahaya dipantulkan dengan arah yang sejajar, sehingga dapat membentuk bayangan benda dengan sangat baik. Pada benda yang permukaannya tidak rata, cahaya yang datang dipantulkan dengan arah yang tidak beraturan. Pemantulan semacam ini disebut pemantulan baur, atau pemantulan difus

Cermin merupakan salah satu benda yang memantulkan cahaya. Berdasarkan bentuk permukaannya ada cermin datar dan cermin lengkung. Cermin lengkung ada dua macam, yaitu cermin cembung dan cermin cekung.

a. Cermin Datar
Cermin datar yaitu cermin yang permukaan bidang pantulnya datar dan tidak melengkung. Cermin datar biasa kamu gunakan untuk bercermin. Pada saat bercermin, kamu akan melihat bayanganmu di dalam cermin. Bayangan pada cermin datar mempunyai sifat-sifat berikut.
  • Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.
  • Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.
  • Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi tangan kanan bayanganmu.
  • Bayangan tegak seperti bendanya.
  • Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat dalam cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar.
b. Cermin Cembung  (positif)
Cermin cembung yaitu cermin yang permukaan bidang pantulnya melengkung ke arah luar. Cermin cembung biasa digunakan untuk spion pada kendaraan bermotor. Bayangan pada cermin cembung bersifat maya, tegak, dan lebih kecil (diperkecil) daripada benda yang sesungguhnya.

c. Cermin Cekung  (negatif)
Cermin cekung yaitu cermin yang bidang pantulnya melengkung ke arah dalam. Cermin cekung biasanya digunakan sebagai reflektor pada lampu mobil dan lampu senter. Sifat bayangan benda yang dibentuk oleh cermin cekung sangat bergantung pada letak benda terhadap cermin. Jika benda dekat dengan cermin cekung, bayangan benda bersifat tegak, lebih besar, dan semu (maya). Jika benda jauh dari cermin cekung, bayangan benda bersifat nyata (sejati) dan terbalik.

4. Cahaya Dapat Dibiaskan


Pembiasan adalah pembelokan arah rambat cahaya, saat melewati dua medium yang berbeda kerapatannya. Pembiasan cahaya dimanfaatkan manusia dalam pembuatan berbagai alat optik. Apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya cahaya merambat dari udara ke air. Sebaliknya, apabila cahaya merambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat, cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Misalnya cahaya merambat dari air ke udara. 

Pembiasan cahaya sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dasar kolam terlihat lebih dangkal daripada kedalaman sebenarnya. Gejala pembiasan juga dapat dilihat pada pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air. Pensil tersebut akan tampak patah.

5. Cahaya dapat diuraikan


Cahaya putih seperti cahaya matahari termasuk jenis cahaya polikromatik. Cahaya polikromatik adalah cahaya yang tersusun atas beberapa komponen warna. Cahaya putih tersusun atas spektrum-spektrum cahaya yang berwarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Spektrum warna yang tidak dapat diuraikan lagi disebut cahaya monokromatik.  Cahaya putih dapat diuraikan. Saat melewati prisma, cahaya putih akan mengalami dispersi (penguraian). Contoh peristiwa dispersi cahaya yang terjadi secara alami adalah peristiwa terbentuknya pelangi. 



Pelangi terbentuk dari cahaya matahari yang diuraikan oleh titik-titik air hujan di langit. Cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih. Namun, sebenarnya cahaya matahari tersusun atas banyak cahaya berwarna.

Kita juga dapat mengamati peristiwa dispersi cahaya pada balon air. Kita dapat menggunakan air sabun untuk membuat balon air. Jika air sabun ditiup di bawah sinar matahari, kamu akan melihat berbagai macam warna berkilauan pada permukaan balon air tersebut. 

Sifat-sifat cahaya  dapat dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai macam alat, di antaranya periskop, teleskop, kaleidoskop, dan lup. 
  • PeriskopAwak kapal selam yang berada di kedalaman laut dapat mengamati permukaan laut menggunakan periskop. Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan. Cahaya dari atas permukaan laut ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat di dalam kapal selam.
  • TeleskopTeleskop memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan periskop. Teleskop memiliki dua lensa yang dapat membiaskan cahaya. Adanya pembiasan itu membuat objek yang jauh terlihat sangat dekat. Teleskop pertama dibuat pada tahun 1608 oleh orang Belanda bernama Hans Lippershey. Setahun kemudian, Galileo Galilei menyempurnakan teleskop itu. Setelah disempurnakan, teleskop dapat digunakan untuk mengamati bintang.
  • Kaleidoskop
Kaleidoskop adalah mainan yang dibuat menggunakan cermin. Dengan alat ini, kamu dapat membuat aneka macam pola yang mengagumkan. Pola-pola ini diperoleh karena bayangan benda-benda dalam kaleidoskop mengalami pemantulan berkali-kali. Dengan demikian, jumlah benda terlihat lebih banyak daripada benda aslinya.
  • Lup
Lup merupakan alat optik yang sangat sederhana. Alat ini berupa lensa cembung. Lup berfungsi membantu mata untuk melihat bendabenda kecil agar tampak besar dan jelas.


Soal Ulangan Harian Sifat-sifat Cahaya
Cahaya adalah nama yang diberikan manusia pada radiasi yang dapat dilihat oleh mata manusia. Cahaya merupakan gelombang eloktromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnet. Berdasarkan jenisnya, cahaya dibedakan menjadi cahaya yang tampak dan cahaya yang tidak tampak. Cahaya tampak adalah cahaya yang jika mengenai benda maka benda tersebut akan dapat dilihat oleh manusia, contoh cahaya matahari. Cahaya tak tampak adalah cahaya yang bila mengenai benda tidak akan tampak lebih terang atau masih sama sebelum terkena cahaya. Contoh cahaya tak tampak adalah sinar inframerah dan sinar x. 

Sifat-sifat cahaya antara lain :
a. merambat lurus 
b. dapat dipantulkan 
c. dapat dibiaskan
d. dapat didispersikan

Sifat-sifat bayangan pada cermin sebagai berikut.
a. Cermin datar: maya, tegak, dan sama besar.
b. Cermin cembung: maya, tegak, dan diperkecil.
c. Cermin cekung:
    1) maya, tegak, dan diperbesar (jika benda dekat dengan cermin cekung),
    2) nyata, terbalik (jika benda jauh dari cermin cekung).
Alat-alat yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya di antaranya periskop, kaleidoskop, dan lup.

A. Pilihlah jawaban yang tepat.
1.  Peristiwa yang merupakan bukti cahaya merambat lurus yaitu . . . .
  • a. memantulnya cahaya pada cermin
  • b. rambatan cahaya matahari yang lurus ketika melewati genting kaca
  • c. cahaya menembus benda bening
  • d. terbentuknya pelangi pada saat hujan
Cahaya matahari arah rambatannya menurut garis lurus ketika melewati genting kaca.
2.  Kita dapat melihat benda di balik kaca jendela, karena . . . .
  • a. kaca jendela tipis
  • b. kaca jendela mengilap
  • c. cahaya dapat melewati kaca
  • d. benda memancarkan cahaya
Benda tembus cahaya dapat meneruskan cahaya yang mengenainya. Contoh benda tembus cahaya yaitu kaca.


3.   Di bawah ini yang termasuk benda tembus cahaya yaitu . . . .
  • a. kertas
  • b. tripleks
  • c. air jernih
  • d. kayu
Air jernih merupakan benda tembus cahaya

4. Terjadi 2 keadaan berikut:
     cahaya merambat lurus
     cahaya mengenai benda gelap
Dari keadaan tersebut akan terjadi....
  • a. bayang-bayang benda
  • b. pembelokan cahaya oleh benda
  • c pemantulan cahaya
  • d. penembusan cahaya kepada benda
Ketika sebentuk cahaya merambat lurus dan mengenai benda, maka akan terbentuk bayang-bayang dari benda tersebut.

5.  Di antara jenis benda berikut yang biasa digunakan untuk bercermin yaitu . . . .
  • a. cermin datar
  • b. cermin cembung
  • c. cermin cekung
  • d. lensa cembung
Cermin datar yaitu cermin yang permukaan bidang pantulnya datar dan tidak melengkung. Cermin datar biasa kamu gunakan untuk bercermin


6.   Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar mempunyai sifat . . . .
  • a. jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin
  • b. bayangan bersifat nyata
  • c. bayangan terbali
  • d. bayangan lebih kecil daripada benda aslinya
Bayangan pada cermin datar mempunyai sifat-sifat berikut.

1) Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.
2) Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.
3) Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan  menjadi tangan kanan bayanganmu.
4) Bayangan tegak seperti bendanya.
5) Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat dalam cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar.


7.  Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung yaitu . . . .
  • a. maya, tegak, dan diperkecil
  • b. nyata, tegak, dan diperkecil
  • c. maya, terbalik, dan diperbesar
  • d. nyata, terbalik, dan sama besar
Bayangan pada cermin cembung bersifat maya, tegak, dan lebih kecil (diperkecil) daripada benda yang sesungguhnya.


8.  Peristiwa yang merupakan akibat pembiasan cahaya yaitu . . . .
  • a. terbentuknya warna pada gelembung sabun
  • b. dasar sungai yang airnya jernih tampak lebih dangkal daripada yang sebenarnya
  • c. terbentuknya bayangan oleh cermin
  • d. sampainya cahaya matahari di permukaan bumi
Pembiasan cahaya sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dasar sungai  terlihat lebih dangkal daripada kedalaman sebenarnya. Gejala pembiasan juga dapat dilihat pada pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air

9. Gerakan cahaya yang berbalik arah disebut cahaya...
  • a. belok
  • b. pantul
  • c. sebar
  • d. fokus
Cahaya yang berbalik arah disebut cahaya pantul.
 
10. Pemantulan baur akan mengirimkan berkas sinar ke...
  • a. segala arah
  • b. arah tertentu
  • c. dirinya sendiri
  • d. atas
Berkas sinar pada pemantulan baur akan diteruskan ke segala arah.


11.  Apabila cahaya merambat dari udara ke air, cahaya tersebut akan dibiaskan dengan 
       arah  . . .
  • a. menjauhi garis normal
  • b. mendekati garis normal
  • c. sejajar garis normal
  • d. berlawanan arah dengan garis normal
Apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya cahaya merambat dari udara ke air.


12. Warna-warna cahaya yang membentuk cahaya putih disebut....


  • a. spektral
  • b. horison
  • c. aura
  • d. spektrum
Warna-warna cahaya yang membentuk cahaya putih disebut spektrum.

13.  Peristiwa yang menunjukkan adanya dispersi cahaya yaitu . . . .
  • a. elang dapat melihat ikan di dalam air
  • b. bayangan pada cermin
  • c. pensil dalam air terlihat patah
  • d. pelangi
Pelangi terjadi karena peristiwa penguraian cahaya (dispersi). Dispersi merupakan penguraian cahaya putih menjadi berbagai cahaya berwarna

14. Lensa negatif dan positif sekaligus dikenakan pada penderita...
  • a. miopi
  • b. presbiopi
  • c. hipermetropi
  • d. katarak
Penderita presbiopi atau mata tua akan memakai lensa positif dan lensa negatif sekaligus untuk membantu penglihatannya.

15.  Di antara benda berikut yang digunakan untuk membuat periskop yaitu . . . .
  • a. cermin datar
  • b. cermin cembung
  • c. cermin cekung
  • d. prisma
Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan, yang dibutuhkan adalah cermin datar


16. Alat ini biasa digunakan oleh tukang reparasi jam untuk melihat bagian mesin jam yang 
      rusak. Alat yang dimaksud yaitu . . .
  • a. mikroskop
  • b. periskop
  • c. teropong
  • d. lup
Lup merupakan alat optik yang sangat sederhana. Alat ini berupa lensa cembung. Lup berfungsi membantu mata untuk melihat bendabenda kecil agar tampak besar dan jelas


17.  Salah satu sifat cahaya yang dimanfaatkan dalam pembuatan kaleidoskop yaitu . . .
  • a. cahaya merambat lurus
  • b. cahaya dapat dipantulkan
  • c. cahaya dapat dibiaskan
  • d. cahaya dapat didispersikan
Dengan kaleidoskop dapat membuat aneka macam pola yang mengagumkan. Pola-pola ini diperoleh karena bayangan benda-benda dalam kaleidoskop mengalami pemantulan berkali-kali

18.  Pada kaleidoskop yang berfungsi menjadi cermin yaitu . . . .
  • a. plastik bening
  • b. kertas yang mengilap
  • c. potongan plastik
  • d. kertas tulis
Pada kaleidoskop yang berfungsi sebagai cermin adalah kertas yang mengkilap

19.  Pada periskop semakin jauh jarak kedua cermin, maka . . .
  • a. bayangan semakin jelas
  • b. tidak terbentuk bayangan
  • c. bayangan semakin kabur
  • d. tidak dapat digunakan
Teleskop memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan periskop. Teleskop memiliki dua lensa yang dapat membiaskan cahaya. Adanya pembiasan itu membuat objek yang jauh terlihat sangat dekat.

20.  Lup sederhana pada dasarnya yaitu . . . .
  • a. cermin datar
  • b. cermin cembung
  • c. cermin cekung
  • d. lensa cembung
Lup merupakan alat optik yang sangat sederhana. Alat ini berupa lensa cembung

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Pemantulan yang terjadi ketika cahaya mengenai permukaan yang tidak rata disebut....
    pemantulan baur
2. Cahaya dapat menembus benda sehingga dikenal istilah benda...dan benda gelap.
    bening
3. Agus mengamati cahaya matahari yang masuk lewat celah-celah genteng. Cahaya 
    tersebut merambat dengan bentuk....
    lurus
4. Cahaya dibedakan menjadi dua jenis yaitu cahaya...dan cahaya....
    tampak dan tidak tampak
5. Bayangan kita akan tampak di cermin karena cahaya dapat....
    dipantulkan
6. Cahaya merupakan gabungan antara medan...dan medan....
    listrik dan magnet
7. Bayangan yang sifatnya semu, tegak, dan diperkecil dibentuk oleh cermin....
    cembung
8. Sinar yang digunakan untuk mengambil foto bagian dalam tubuh adalah sinar....  
    rontgen
9. Sinar inframerah merupakan salah satu contoh dari cahaya....
    tidak tampak
10. Cermin adalah benda yang akan menghasilkan pemantulan....
      teratur

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.  Sebutkan pembagian benda berdasarkan kemampuannya memancarkan cahaya  beserta contohnya!

Berdasarkan dapat tidaknya memancarkan cahaya, benda dikelompokkan menjadi benda sumber cahaya dan benda gelap. Benda sumber cahaya dapat memancarkan cahaya. 

Contoh benda sumber cahaya yaitu Matahari, lampu, dan nyala api. Sementara itu, benda gelap tidak dapat memancarkan cahaya. Contoh benda gelap yaitu batu, kayu, dan kertas.


2. Sebutkan warna-warna cahaya penyusun cahaya putih!
    Cahaya putih dapat diuraikan menjadi yaitu merah (M), jingga (J), kuning (K), hijau (H), 
    biru (B), dan ungu (U)

3. Mengapa kaca spion kendaraan bermotor dibuat dari cermin cembung?
  Cermin cembung biasa digunakan untuk spion pada kendaraan bermotor karena  bayangan pada cermin cembung bersifat maya, tegak, dan lebih kecil (diperkecil) daripada benda yang sesungguhnya sehingga kendaraan yang besar dengan jarak yang dekat masih dapat terlihat di spion.

4. Apa manfaat cermin datar pada periskop?
    Cermin datar pada periskop bermanfaat untuk memantulkan cahaya.

5. Bagaimana prinsip kerja kaleidoskop?
    Pada kaleidoskop benda-benda dalam kaleidoskop mengalami pemantulan berkali-kali.  
    Dengan demikian, jumlah benda terlihat lebih banyak daripada benda aslinya.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate