MODEL PEMBELAJARAN

3.  Metode Latihan 

 Bahwa latihan adalah pendidikan untuk memperoleh kemahiran atau kecakapan. Berdasarkan pengertian tersebut jelas bahwa latihan dan praktik lebih ditekankan pada aspek keterampilan dan didasari oleh psikologi daya, yang mengatakan bahwa demikian kemahiran atau kecakapan tersebut perlu ditunjang oleh pengetahuan dan keterampilan.
Penerapan metode latihan dalam pengajaran Matematika dan berhitung sangat dipengaruhi dan didasari oleh psikologi daya, yang mengatakan bahwa dalam diri setiap individu itu terdapat sejumlah daya atau potensi yang perlu dikembangkan. Oleh karena itu diperlukan latihan dan praktik untuk melatih daya-daya atau potensi-potensi agar dapat berkembang secara optimal.
Terdapat banyak kesamaan antara metode latihan dengan metode penugasan, bahkan ada yang mengemukakan bahwa metode latihan merupakan bagian dari metode penugasan . Dan dalam kedua metode tersebut tentunya memerlukan praktik. Hal tersebut didasarkan pada suatu kenyataan bahwa apa-apa yang harus dilatih merupakan tugas yang harus dikerjakan yang memerlukan tindakan praktik.
Metode latihan lebih ditekankan pada pengembangan kecakapan secara individual, terutama untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Namun demikian tidak berarti bahwa metode latihan ini tidak dapat dilakukan secara kelompok atau klasikal.
Dalam pelaksanannya bisa saja dilakukan secara kelompok atau klasikal, namun yang menjadi sasarannya adalah pengembangan kemampuan individual. Metode latihan  ini dapat dilakukan secara terbimbing dan bisa dilakukan secara bebas oleh peserta didik tanpa bimbingan dan pengawasan guru.

3.1  Kelebihan  Metode Latihan
Dalam  penerapan metode latihan ini memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain dapat diuraikan sebagai berikut:
a.    Memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk
mengembangkan potensi-potensi atau kemampuan-kemampuan yang dimilikinya secara optimal.
 
b.    Metode latihan dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas, kreativitas, tanggung jawab, dan disiplin peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini penting karena dalam kegiatan pembelajaran tidak selamanya peserta didik mendapat pengawasan dari guru. Dengan latihan diharapkan peserta didik bekerja secara mandiri, berdasarkan motivasi yang datang dari dalam dirinya, dan kreatifitas yang dimilikinya.
c.    Peserta didik mendapat kesempatan untuk melatih diri bekerja secara mandiri. Dalam hal ini ia belajar sendiri menggunakan suatu alat atau sumber belajar dalam menyelesaikan tugas latihannya. Meskipun mungkin ia minta bantuan orang lain dalam latihannya.
d.    Metode latihan dapat merangsang daya pikir peserta didik, karena mereka dituntut untuk melatih kemampuan kemampuan yang dimilikinya secara optimal. Dengan demikian dapat melahirkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dari peserta didik, karena mereka diberi kebebasan dalam menyelesaikannya, tidak membebek atau mengikuti cara-cara yang dilakukan guru.
e.    Sama halnya dengan metode penugasan, di samping metode latihan dapat dilakukan secara individual bisa juga dilakukan secara kelompok. Dalam hal ini peserta didik dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kecil. Hal tersebut melatih peserta didik untuk bekerja secara kelompok, bergotong royong, dan bekerja sama dengan orang lain.

3.2  Kekurangan Metode  Latihan
Di samping kelebihan yang dimilikinya, metode latihan juga memiliki beberapa kekurangan-kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut adalah sebagai berikut :
a.    Apabila latihan tersebut diberikan secara kelompok, sering kali yang mengerjakan hanya peserta didik tertentu saja, atau bukan hanya
dikerjakan oleh seorang peserta saja, sedangkan peerta didik lainnya hanya numpang nama.
b.    Apabila latihan diberikan untuk dikerjakan di luar kelas, sulit untuk mengontrol apakah peserta didik bekerja secara mandiri atau malah menyuruh orang lain untuk menyelesaikannya. Di samping itu apabila latihan yang diberikan sama antar peserta didik, bekerja secara mandiri atau malah menyuruh orang lain untuk menyelesaikannya. Di samping itu apabila latihan yang diberikan sama antar peserta didik, di mana peserta didik yang malas mengerjakan latihan menjiplak pekerjaan temannya yang sudah selesai mengerjakannya.
c.    Metode latihan dengan sendirinya menuntut tanggung jawab guru yang sangat besar untuk memeriksa dan memberikan umpan balik terhadap latihan-latihan yang dikerjakan oleh peserta didik. Hal ini seringkali menyita waktu, yang mengakibatkan guru kurang tepat dalam memberikan respons. Apabila hal tersebut terjadi maka metode latihan akan membosankan peserta didik.
d.    Seringkali terjadi penyimpangan dalam penggunaan metode latihan, dari pembelajaran menjadi semacam hukuman, atau kebiasaan rutin yang diberikan oleh guru terhadap peserta didik.
e.    Apabila latihan tersebut terlalu banyak dan sulit untuk dikerjakan, maka akan menyita waktu peserta didik. Dengan demikian akan menimbulkan rasa malas bagi peserta didik untuk mengerjakan latihan yang dihadapinya, karena merasa waktunya terganggu oleh latihan, misalnya waktu bermain, waktu menonton tv, dan lain-lain.

3.3    Cara Mengajar dengan Menerapkan Metode Latihan
        Agar pembelajaran dengan menggunakan metode latihan dapat          berjalan secara efektif dan mencapai tujuan yang diharapkan, maka perlu     diperhatikan langkah-langkah berikut :
a.    Rumuskan tujuan yang matang dari setiap latihan yang diberikan dalam pembelajaran, dan pilihlah materi yang tepat untuk dilatihkan.
b.    Tetapkan apakah latihan yang diberikan untuk dikerjakan secara klasikal, kelompok, atau individual.
c.    Siapkanlah alat dan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik dalam melaksanakan latihannya, apakah alat dan sumber tersebut sudah menunjang tercapainya tujuan.
d.    Upayakan agar semua peerta didik terlibat dalam setiap latihan yang diberikan.
e.    Berikanlah umpan balik dengan segera terhadap latihan-latihan yang diberikan.
f.    Lakukanlah evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, baik terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, baik terhadap keefektifan metode latihan maupun terhadap hasil peserta didik.

4.  Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)
 
        Problem Solving memegang peranan peranan penting agar pengajaran berjalan dengan fleksibel. Sehubungan dengan itu ditekankan perlunya pengajaran matematika dan berhitung dengan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sehingga peserta didik dipersiapkan secara tepat untuk menghadapi dunia yang ditandai oleh pertumbuhan dan kompleks, perubahan yang serba cepat, dan ilmu pengetahuan yang sangat meluas.

4.1    Kelebihan Metode Problem Solving dalam Pelajaran Matematika dan     Berhitung
    Kelebihan yang dimiliki oleh problem solving dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
(1)    Metode pemecahan masalah memungkinkan menghubungkan pengajaran dengan kehidupan sehari-hari, karena masalah-masalah yang diangkat
(2)    dalam kegiatan belajar bisa diambil dari kehidupan sehari-hari, atau dari apa yang dialaminya.
(3)    Metode ini dapat merangsang kemampuan intelektual dan daya pikir peserta didik, karena dalam berpikir menggunakan problem solving mereka menyoroti permasalahan dari berbagai segi.
(4)    Metode ini dapat melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir secara sistematis dan menghubungkan dengan masalah-masalah lainnya.

4.2      Kekurangan Metode Problem Solving
    Kekurangan metode ini antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut:
(1)    Dengan metode ini sulit untuk menentukan masalah yang sesuai dengan daya pikir setiap peserta didik.
(2)    Metode ini memerlukan waktu yang cukup panjang kalau dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah sistematis.
(3)    Seringkali peserta didik tidak dapat memecahkan masalah-masalahnya sendiri, atau bahkan mereka tidak atau kurang percaya terhadap pemecahan masalah yang telah dilakukannya, sehingga mereka menuntut keterlibatan guru.
(4)    Masalah yang dijadikan topik dalam pengajaran sering dibuat-buat oleh guru, sehingga pengajaran menjadi kurang kondusif dan kurang menarik.
(5)    Dalam proses pemecahan masalah, guru sering menuntut peserta didik untuk memecahkan masalah sesuai dengan yang dilakukannya, atau sudah terpola sehingga membosankan.

4.3    Cara Mengajar Matematika dan Berhitung dengan Metode Pemecahan Masalah.
    Para ahli mengemukakan berbagai langkah dalam melakukan problem solving, tapi pada hakikatnya cara yang dikemukakan adalah sama. Davis Alexander (1974)  mengemukakan langkah-langkah problem solving sebagai suatu seri, meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
(1)    Sensing Potensial Problem
    Sensing potensial problems dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana seseorang atau peserta didik merasakan adanya masalah-masalah potensial, yang
menuntut pemecahan. Apa yang dikeluhkan dan apa yang diketahui menentukan situasi mana yang dirasakan sebagai problem atau masalah. Sebagai contoh di sini dikemukakan guru yang sudah membaca buku interaksi kelas. Pengarang buku mengharapkan guru tersebut dapat merangsang peserta didik untuk mengajukan beberapa pertanyaan. Sedangkan di dalam kelas peserta didik yang diajar oleh sang guru tidak mengajukan pertanyaan sedikit pun dan tidak tahu bagaimana membuat peserta didiknya bisa mengajukan pertanyaan.
(2)   Formulating Problems
       Pada suatu problem dirasakan pada saat itu problem tersebut telah siap diformulasikan. Untuk mendapatkan hakikat dan penjelasan dasarnya, biasanya diformulasikan dalam bentuk pertanyaan. Berdasarkan contoh di atas, maka si guru merumuskan masalahnya dengan menghubungkan tujuan dengan beberapa elemen dari masalah yang dirasakannya, dan timbul pertanyaan dari guru sebagaimana caranya untuk dapat membuat kertas yang penuh dengan peserta didik yang tidak bertanya ini dapat mengajukan pertanyaan sekarang?
(3)   Search for Solution
        Sewaktu masalah sudah diformulasikan, orang yang memecahkan masalah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menemukan pemecahan masalah tersebut. Dengan menghubungkan data dan idenya-idenya, maka orang yang melakukan pemecahan masalah membuat hipotesis pemecahan masalah untuk diujicobakan. Dari contoh guru yang ingin menerapkan interaksi kelas di atas, misalnya guru tersebut mulai menjajagi pemecahannya. Dia bertanya kepada sejawatnya bagaimana merangsang peserta didik untuk dapat bertanya kepada pustakawan sekolah, buku apa yang bisa memancing banyak pertanyaan dari peserta didik. Mungkin juga dia melihat kembali buku-buku tentang psikologi cara memotivasi.
(4)       Trade-off Among Solution and Initial Selection
    Sewaktu semua pemecahan masalah itu sudah dikemukakan, tidak selalu semuanya adalah penting dan feasible. Mungkin saja hanya beberapa dari alternatif pemecahan itu terpakai. Sebagai contoh dari guru di atas, bisa saja guru mengatakan supaya peserta didik tidak langsung percaya. Atau dia bisa mengatakan dengan perkataan yang sederhana, yaitu: Ada pertanyaan?
(5)       Implementation and Evaluation
    Setelah suatu pemecahan masalah didapatkan, maka yang perlu adalah bagaimana implementasi pemecahan masalah tersebut, mungkin saja pada situasi yang lain, dan kemudian dievaluasi sudah berlaku umum.



Uji Publik Honorer K2 Kemeneg

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 18 jam yang lalu
Berikut ini Informasi tentang *PENGUMUMAN/UJI PUBLIK DAFTAR NOMINATIF TENAGA HONORER KATEGORI II DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA . *Uji Publik Daftar Nominatif Tenaga Honorer Kategori II (K-2) Sudah dimulai dilaksanakan baik di instansi pemerintah pusat maupun di berbagai daerah. Sesuai Surat MENPAN dan RB bahwa Uji Publik terhadap daftar tenaga honorer kategori dua (KII) berlangsung tiga pekan atau 21 hari, yakni sejak tanggal 27 Maret 2013 sampai dengan tanggal 16 April 2013. Untuk itu, instansi pemerintah pusat dan daerah yang memiliki tenaga honorer KII harus mengumumkan nama-n... lainnya »

Hasil OSN 2013 Tingkat Kabupaten

admin di Hadi Setyo Blog - 1 hari yang lalu
Hasil OSN 2013 Tingkat Kabupaten [image: Hasil OSN 2013 Kabupaten Provinsi 2013 pict] *Hasil OSN 2013 Tingkat Kabupaten*. Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, pada kesempatan yang baik ini Hadi Setyo Blog akan posting dengan judul "Hasil OSN 2013 Tingkat Kabupaten"( http://www.mr-hadi.com/2013/03/hasil-osn-2013-kabupaten_29.html). Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu pengampu *OSN 2013*, baik *OSN Matematika, OSN Biologi, OSN Fisika, dan OSN IPS* di tahun *2013* peserta ataupun orang tua dan sekolah peserta *OSN 2013*. Hasil OSN 2013 Tingkat Kabupaten Jawa TengahBagi peng... lainnya »

Lomba Blog Guru Jawa Tengah 2013

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 2 hari yang lalu
*Tahun 2013 ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) kembali mengadakan rangkaian kegiatan Pengayaan Sumber Belajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam bentuk lomba, seminar, dan diseminasi*. *Lomba* Desain lomba tahun ini tidak mengalami banyak perbedaan dibanding tahun lalu. Tak ada banyak perubahan mendasar kecuali hanya penggabungan kategori pada LPSB berbasis MPI *> Jenjang Dikdas* Peserta pada LPSB jenjang dikdas adalah guru SD/MI dan SMP/MTs negeri maupun swasta di Jawa Tengah. Adapun jenis lom... lainnya »

Penyerahan SK CPNS Guru Bantu DKI Jakarta

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 2 hari yang lalu
[image: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerahkan 165 SK CPNS dari Formasi Guru Bantu] Pada hari ini, kamis 28 Maret 2013, *Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerahkan 165 SK CPNS dari Formasi Guru Bantu* acara dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2013, pukul 08:00 sampai dengan selesai, bertempat di Balai Agung Gedung Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan 8 - 9, Jakarta Pusat. Daftar lengkap dapat diunduh dan dilihat melalui tautan di bawah ini : Sumber : http://bkddki.jakarta.go.id/unduh/bkd/pengumuman/pendayagunaan/2013/20130327_Daftar_... lainnya »

Penyerahan SKCPNS Honorer Kategori I

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 2 hari yang lalu
[image: Penyerahan SK CPNS Tenaga Honorer Kategori I Kab. Grobogan] Berikut berita tentang *Penyerahan SK CPNS Formasi Th 2012 dari Tenaga Honorer Kategori I* untuk Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. yang kami kutip dari http://bkd.grobogan.go.id Purwodadi, Jum'at tanggal 8 Maret 2013, Berdasarkan Keputusan Bupati Grobogan Nomor : 813/151/2013, Tanggal 5 Maret 2013, Tentang"Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil Dari Tenaga Honorer Kategori I Yang Memenuhi Kriteria Formasi Tahun Anggaran 2012 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan" bertempat di Gedung Riptaloka Kabupaten Grobogan... lainnya »

Suku dan Etnis di Sulawesi

admin di Hadi Setyo Blog - 3 hari yang lalu
Suku dan Etnis di Sulawesi [image: Suku dan Etnis di Sulawesi pict] *Suku dan Etnis di Sulawesi*. Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, pada kesempatan ini Hadi Setyo Blog akan posting dengan judul "Suku dan Etnis di Sulawesi". Kenapa saya mencoba posting dengan judul *Suku dan Etnis di Sulawesi*? Salah satunya adalah untuk berbagi informasi, salah yang lain karena kebetulan anak saya yang sedang duduk di kelas 1 SD diberi belajar tentang nama-nama saku, salah satunya di wilayah Sulawesi. Nah setelah mendapat informasi tersebut saya mencoba berbagi. Nama Suku dan Etnis di Sulawesi ... lainnya »

Uji Publik Daftar Honorer K2

admin di Hadi Setyo Blog - 3 hari yang lalu
Uji Publik Daftar Honorer K2 [image: Pengumuman Uji Publik Daftar Honorer K2 pict] *Uji Publik Daftar Honorer K2*. Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, pada kesempatan yang baik ini Hadi Setyo Blog akan berbagi info/pengumuman " *Uji Publik Daftar Honorer K2*"[ http://www.mr-hadi.com/2013/03/uji-publik-daftar-honorer-k2.html]. Uji Publik terhadap daftar tenaga honorer kategori dua (KII) berlangsung tiga pekan, yakni pada 27 Maret-16 April 2013. Semoga sedikit informasi tentang rencana *Uji Publik Daftar Honorer K2* ini bermanfaat. Pengumuman Uji Publik Daftar Honorer K2Jakarta-Humas... lainnya »

Uji Publik Honorer K2

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 3 hari yang lalu
[image: Uji Publi dan Test Tenaga Honorer K2] Sesuai *Surat MENPAN dan RB Nomor B/751/M.PAN-RB/03/2013 tertanggal 18 Maret 2013*, *Uji Publik terhadap daftar tenaga honorer kategori dua (KII) berlangsung tiga pekan, yakni pada 27 Maret-16 April 2013*. Untuk itu, instansi pemerintah pusat dan daerah yang memiliki tenaga honorer KII *harus mengumumkan nama-nama tenaga honorer tersebut melalui web masing-masing atau pun media komunikasi lainnya*. Dengan demikian, masyarakat dapat memberikan respon terhadap daftar tenaga honorer KII yang ada. Informasi ini disampaikan Direktur Pengelolaa... lainnya »

Mekanisme Penetapan Peserta Sergu 2013

Kak Ichsan di UKG Online - 4 hari yang lalu
Ketentuan peserta sertifikasi guru 2013 telah diatur dalam Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta. Berdasarkan Buku 1 ini, guru yang akan masuk kuota sertifikasi 2013 akan ditentukan dengan didasarkan pada 3 (tiga) pertimbangan: Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013 Badan PSDMPK-PMP menetapkan peserta sertifikasi guru tahun 2013 berdasarkan:  1) urutan prioritas penetapan peserta;  2)

Data Peserta UKG 2013

Kak Ichsan di UKG Online - 4 hari yang lalu
UKG online 2013 direncanakan pelaksanaannya pada bulan Mei. Guru yang berhak mengikuti Uji Kompetensi ini adalah guru yang belum bersertifikat pendidik. Ketentuan Pelaksanaan UKG Seluruh calon peserta sertifikasi guru tahun 2013 s.d. 2015 mengikuti uji kompetensi  Lokasi UKG di masing-masing kabupaten/kota. Pelaksanaan Uji kompetensi  dilakukan secara online  Tempat di TUK yang

Persyaratan Operator/Teknisi TUKG 2013

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 5 hari yang lalu
[image: Operator dan Teknisi Tempat Uji Kompetensi Guru TUKG 2013] Berikut ini beberapa *Persyaratan Operator/Teknisi TUKG 2013*, mungkin dapat bermanfaat bagi anda. Teknisi UKG adalah guru/teknisi/laboran pada laboratorium komputer yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atas rekomendasi Kepala Sekolah yang ketempatan sebagai TUKG. Teknisi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: 1. Operator TUK bukan peserta Uji Kompetensi guru 2013 2. Menguasai troubel shooting jaringan komputer 3. berpengalaman untuk mengistalasi jaringan komputer 4. bertangg... lainnya »

Isu Bocoran Soal UN 2013 dan Kunci Jawab

admin di Hadi Setyo Blog - 1 minggu yang lalu
Isu Bocoran Soal UN 2013 dan Kunci Jawab [image: Bocoran Soal UN 2013 dan Kunci Jawab pict] *Isu Bocoran Soal UN 2013*. Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, pada kesempatan yang baik ini Hadi Setyo Blog akan berbagi info seputar isu*Bocoran Soal UN 2013 dan Kunci Jawab ( *http://www.mr-hadi.com/2013/03/bocoran-soal-un-2013-kunci.html*)*. Apa benar "Soal UN 2013 yang 20 paket" tersebut bocor? Padahal penjagaannya ekstra ketat. Berikut ini sedikit kutipan tentang isu *Bocoran Soal UN 2013*. Semoga bermanfaat. *Bocoran Soal UN 2013 dan Kunci Jawab* JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Nasional... lainnya »

UKG Diundur Bulan Mei 2013

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 1 minggu yang lalu
[image: UKG Diundur Bulan Mei 2013] *Uji Kompetensi Guru (UKG) yang sedianya akan dilaksanakan 2 s.d. 12 April 2013 akhirnya diundur pada Bulan Mei 2013* Pelasanaan ditunda diarenakan anggaran pelaksanaan UKG masih dalam proses pembahasan. Berita sebelumnya tentang UKG dapat anda lihat disini :Informasi UKG 2-12 April 2013 Berikut cuplikan pemebritahuan tentang Penundaan UKG 2013 yang kami dapat dari grup *Uji Kompetensi Guru (UKG) Online : Layanan Sistem Ujian* yang dapat anda lihat disini: http://www.facebook.com/groups/334199473332819/ *Bapak & Ibu Yth : Sesuai dengan surat Kepala P... lainnya »

Data Penting DAPODIK yang Bersifat Wajib

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 1 minggu yang lalu
Berikut ini *Data-data pada Dapodik yang bersifat Mandatory (wajib) karena berpengaruh Langsung ke Program-program di P2TK Dikdas* yang harus diisi. Bagi seluruh Guru PNS/Bukan PNS yg mengajar di *Sekolah Negeri/Swasta pada jenjang DIKDAS* pastikan data anda terdaftar di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) melalui sekolah masing2, Karena pada tahun 2013 semua pemberian bantuan BOS/BSM/USB/RKB dan tunjangan (Profesi/khusus/Fungsional/Peningkatan kualif. akademik) persyaratannya harus melalui dapodik. *INFOPENTING : KELENGKAPAN ISIAN PTK DIDAPODIK YANG WAJIB DIISI TERKAIT TUNJANGAN* Silah... lainnya »

Update Data Dapodik Kab. Grobogan

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 1 minggu yang lalu
[image: DAFTAR TUNJANGAN PROFESI YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT DAN BELUM UPDATE] Berita ini khususnya untuk Bapak/Ibu Guru SD dan SMK di Kab. Grobogan, Diharapakan dapat segera *Melakukan Update di Aplikasi Dapodik* karena data akan digunakan untuk memenuhi syarat Tunjangan Profesi. Untuk mengetahui daftar guru yang belum memenuhi syarat serta belu update dapat anda lihat di daftar berikut ini: Anda juga dapat mengunduhnya di link di bawah ini *DAFTAR TUNJANGAN PROFESI YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT DAN BELUM UPDATE* Daftar tersebut hanya untuk Kab. Grobogan Jawa Tengah, untuk Kab./Kota ... lainnya »

Info CPNS Kabupaten Bogor 2013

admin di Hadi Setyo Blog - 1 minggu yang lalu
Info CPNS Kabupaten Bogor 2013 [image: Info CPNS Kabupaten Bogor 2013 pict] *Info CPNS Kabupaten Bogor 2013*. Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, pada kesempatan yang baik ini Hadi Setyo Blog akan posting seputar *Info CPNS 2013* kali ini dengan judul "*Info CPNS Kabupaten Bogor 2013"* [ http://www.mr-hadi.com/2013/03/info-cpns-bogor-2013.html]. Kuota CPNS yang diajukan Pemkab Bogor dibagi ke dalam tiga formasi yakni tenaga pendidik sebanyak 2774 orang, kebutuhan tenaga Kesehatan sebanyak 600 orang, dan kebutuhan tenaga teknis strategis sebanyak 250 orang. Semoga sedikit informasi... lainnya »

Evaluasi Guru Bersertifikasi

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 1 minggu yang lalu
[image: Guru dan siswa SD tahun 70an] Guru yang saat ini sudah memegang sertifikat pendidik akan segera dievaluasi. Demikian rencana pemerintah dalam kerangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara terus menerus. Pendidikan dalam prosesnya akan menghasilkan outcome yang final. Artinya, sekali satuan pendidikan memberikan tanda tamat belajar kepada siswa ya itulah hasil akhir dari proses yang ditawarkan sekolah dan dibeli oleh siswa. Jadi, kalau terjadi kesalahan dalam proses pendidikan yang diakibatkan oleh tidak dimilikinya kompetensi oleh guru, maka tidak ada lagi kesempat... lainnya »

Kurikulum 2013 (Opini)

Wido Aji Wibowo di PK Guru - 1 minggu yang lalu
Dalam beberapa bulan terakhir, harian Kompas memuat tulisan dari mereka yang pro ataupun kontra terhadap rencana implementasi Kurikulum 2013. Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas berbagai pandangan tersebut. Saya berkesimpulan, mereka yang mempertanyakan kurikulum 2013 adalah karena ada perbedaan cara pandang atau belum memahami secara utuh konsep kurikulum berbasis kompetensi yang menjadi dasar Kurikulum 2013. Secara falsafati, pendidikan adalah proses panjang dan berkelanjutan untuk mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai de... lainnya »

Info Terbaru Tentang CPNS 2013

admin di Hadi Setyo Blog - 1 minggu yang lalu
Info CPNS 2013 [image: Info Penerimaan CPNS 2013 pict] *Info CPNS 2013*. Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, pada kesempatan ini Hadi Setyo Blog akan berbagi info terbaru seputar *CPNS 2013. *"Tahun ini kita terima CPNS formasi baru kuotanya sekitar 60 ribu orang," ujar Menpan dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dis ela-sela penandatanganan pencanangan zona integritas wilayah bebas korupsi bagi Provinsi Sumut di Hotel Hermes, Jalan Pemuda, Medan, Selasa (19/3). Semoga info *penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)* ini bermanfaat. *Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CP... lainnya »

Prediksi Soal UKG Online 2013

admin di Hadi Setyo Blog - 1 minggu yang lalu
Prediksi UKG 2013 [image: Prediksi Bocoran Soal UKG 2013, Kisi-kisi UKG Online 2013, Jadwal UKG 2013, Soal Pedagogik, Wonosobo, Jawa Tengah, Petunjuk Teknis Uji Kinerja Guru Online pict] *Prediksi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2013*. Uji Kompetensi Guru atau yang biasa disebut UKG di tahun 2013 ini, ternyata tidak hanya lagi menjadi "trending topic" di dunia off line, ternyata juga di dunia online sungguh lebih luar biasa, diawali dengan Pedoman UKG 2012, Kisi-kisi UKG 2012 dan bahkan Contoh Soal ataupun Prediksi atau bahkan ada yang ekstreem dengan sebutan/kalimat kunci "Pre... lainnya »



  
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Translate