5 CARA TAKLUKKAN Ketakutan Akan Kegagalan di Tempat Kerja

5 CARA TAKLUKKAN Ketakutan Akan Kegagalan di Tempat Kerja:
Andhina Wulandari


Ilustrasi/Echoinggreen
KABAR24.COM, JAKARTA—Kegagalan tidak akan menahan Anda, tapi takut akan gagal bisa menghambat kesuksesan. Kadang untuk bisa berhasil, Anda perlu merasakan kegagalan terlebih dahulu dan berikut adalah beberapa tips untuk menaklukkan rasa takut gagal seperti dilansir Forbes.
1. Terima kesalahan
Jika Anda terus-menerus mencaci diri sendiri karena sebuah kesalahan, Anda mungkin akan terjebak dalam pola pikir seperti itu. Sebaliknya, terimalah kesalahan, belajar darinya, dan berhentilah menghukum diri Anda sendiri. Orang-orang sukses tidak melihat kegagalan sebagai bencana, mereka justru melihatnya sebagai titik terang yang bisa memandu mereka ke langkah selanjutnya.
2. Berhenti berusaha terlalu keras
Berusaha keras memang penting, tapi berusaha terlalu keras hingga Anda merasa tidak mampu lagi, hanya akan membuat Anda kelelahan. Saat dihadapi sebuah masalah, ada kecenderungan untuk terlalu menganalisa semuanya hingga melewatkan hal-hal kecil yang sederhana. Anda harus tahu kapan waktu untuk bersantai, coba atur ulang fokus Anda, dan siapa tahu Anda akhirnya bisa bekerja lebih produktif.
3. Minta bantuan
Kadang Anda enggan minta bantuan, karena merasa itu adalah tindakan yang membuat Anda terlihat lemah atau tidak mampu. Padahal dengan meminta bantuan pada orang lain, Anda membuat orang tersebut merasa dihargai. Jadi, ketika Anda merasa butuh bantuan, jangan sungkan memintanya pada orang yang Anda percaya.
4. Katakan “Tidak” bila tidak yakin
Jauhi kebiasaan di mana Anda selalu berkata “Ya” pada setiap permintaan yang diberikan oleh orang lain. Ketika Anda sudah punya setumpuk pekerjaan dan tidak yakin bisa menambah pekerjaan lain, maka berani katakan “Tidak”. Bukannya ingin terkesan tidak menghormati, tapi ini adalah cara Anda mengetahui kapasitas dan kemampuan Anda sendiri.
5. Katakan “Ya” pada kesempatan
Ketika Anda melihat sebuah kesempatan untuk mengembangkan diri, menjadi lebih sukses, dan bahagia, maka jangan ragu untuk mengambilnya. Memang, kadang kesempatan itu datang dengan segala kekurangannya, tapi jika Anda sudah tahu risikonya maka tak ada alasan lagi untuk menolak hal tersebut. (Kabar24/aw)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate