Contoh Instrumen Penilaian Psikomotor Semua Mata Pelajaran

Contoh Instrumen Penilaian Psikomotor Semua Mata Pelajaran:
Kali ini rodajaman ingin berbagi dengan memberikan contoh instrumen penilaian psikomotor untuk semua mata pelajaran. Bagi guru, melakukan penilaian merupakan suatu keharusan. Penilaian oleh guru mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik. Cakupan aspek penilaian yang dimaksud adalah aspek kognitif (pengetahuan), aspek psikomotor (keterampilan), dan aspek afektif (sikap). Untuk dapat merancang dan melaksanakan penilaian psikomotor yang sesuai dengan standar penilaian, guru harus memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan yang memadai dalam mengembangkan perangkat penilaian psikomotor.
Penilaian Psikomotorik dilakukan oleh guru melalui pengamatan terhadap perkembangan psikomotorik peserta didik. Mata pelajaran yang berkaitan dengan psikomotor adalah mata pelajaran yang lebih beorientasi pada gerakan dan menekankan pada reaksi–reaksi fisik dan keterampilan tangan.
Prosedur pembelajaran psikomotor meliputi langkah-langkah dalam mengajar praktik, yaitu:  
  1. Menentukan tujuan dalam bentuk perbuatan; 
  2. Menganalisis keterampilan secara rinci dan berurutan;
  3. Mendemonstrasikan keterampilan disertai dengan penjelasan singkat dengan memberikan perhatian pada butir-butir kunci termasuk kompetensi kunci yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dan bagian-bagian yang sukar;
  4. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencoba melakukan praktik dengan pengawasan dan bimbingan; 
  5. Memberikan penilaian terhadap usaha peserta didik.

Untuk bahan referensi anda..silakan unduh beberapa contoh perangkat intrumen penilaian psikomotor yang dapat digunakan oleh anda...


Catatan : klik LEWATI atau SKIP ADD  pada pojok kanan atas utk dapat mengunduh
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate