Mengenal Situs Jejaring Sosial - Info Terbaru 2013

Mengenal Situs Jejaring Sosial - Info Terbaru 2013:
Mengenal Situs Jejaring Sosial - Info Terbaru 2013, Social Networking, zicblogger blogspot com




Mengenal Situs Jejaring Social, yup itulah yang akan kita bicarakan kali ini. Akhir-akhir ini, istilah jejaring social banyak dibicarakan oleh hampir semua orang yang ada di dunia ini. Lalu, Apa yang dimaksud dengan Jejaring Social? Berbicara mengenai pengertian atau definisi dari Jejaring social, mungkin banyak orang yang mengartikannya secara berbeda-beda dan karena ini adalah blog saya, jadi saya pun akan menjelaskan definisi Jejaring Social menurut saya hehehe.


Apa itu Jejaring Social?


Menurut saya, jejaring social adalah suatu media atau jaringan yang sangat luas yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan orang banyak. Sedangkan menurut artikel yang saya baca di situs pengetahuan wikipedia, bahwa yang dimaksud dengan Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Contoh Situs Jejaring Social




Ok, sampai disini, walaupun dengan penjelasan yang ngalor-ngidul, saya harap anda dapat memahami dengan apa yang dimaksud "Jejaring Sosial". Selanjutnya disini saya akan memberikan beberapa contoh situs jejaring social yang sangat populer saat ini misalnya :

1 Facebook


Facebook adalah Jejaring sosial dengan pengguna / member terbanyak dan saat ini pengguna facebook sudah mencapai 1 miliar lebih dan mungikin masih akan terus bertambah. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya sesama mahasiswa. Awalnya facebook ini hanya dapat diakses oleh mahasiswa harvard saja, namun seiring berjalannya waktu dengan melalui beberapa proses, akhirnya facebook mulai diijinkan untuk diakses oleh semua orang di dunia. Untuk mendaftar ke situs jejaring sosial ini kita dapat mengakses www.facebook.com. Dan jika anda masih kebingungan untuk cara melakukan pendaftaran di situs jejeraing sosial ini, anda dapat membaca artikel selanjutnya mengenai bagaimana "Cara Mendaftar dan Membuat Akun Facebook".

2. Twitter


Twitter merupakan situs jejaring social yang termasuk kedalam kategory micro blogging atau ngeblog secara singkat dalam satu paragraf dan hanya mengijinkan 140 karakter / huruf per postingnya. Tapi menurut pendiri twitter (Evan William), twitter bukan termasuk kedalam jejaring sosial tapi lebih ke jaringan informasi yang bertujuan untuk menyebarkan informasi terbaru ke seluruh belahan dunia. Untuk mengakses situs jejaring soal ini, anda dapat mengakses situs www.twitter.com. Untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar di twitter, anda dapat membaca artikel saya selanjutnya mengenai "Cara Mendaftar Akun Twitter".

3. Google Plus ( Google + )


Melihat perkembangan jejaring sosial seperti facebook dan twitter, Google pun tergiur untuk ikut mendirikan jejaring sosial. Dan kini jejaring sosial ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya. 

Mungkin cukup 3 jejaring sosial ini dulu yang dapat saya sebutkan, sebenarnya masih banyak tapi rasanya saya sudah cuape ngetik hehe, jadi untuk sekarang cukup ini dulu. 



Manfaat Adanya Jejaring Sosial 


Berbicara soal manfaat jejaring social, menrut saya manfaatnya sangat banyak untuk mereka yang menggunakannya dengan bijak misalnya, dengan menggunakan facebook sebagai media untuk memperluas tali silaturahim, memanfaatkannya untuk mengetahui informasi terbaru, alat untuk berkomunikasi ataupun dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi secara gratis.

Dampak Negarif Adanya Jejaring Sosial  


Disetiap ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, demikian pula halnya dengan jejaring sosial. Jika kita tidak menggunakan jejaring sosial dengan bijak mungkin kita juga akan merasakan dampak negatifnya. Seperti yang telah kita ketahui misalnya, dijadikan alat untuk penculikan, dijadikan untuk berjudi secara online dan masih banyak lagi.

Tips Aman Menggunakan Jejaring Sosial


Saya akan memberikan beberapa tips penting yang harus dilakukan jika kita ingin aman dalam menggunakan jejaring sosial diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Atur privasi anda, maksudnya jangan menampilkan informasi atau data diri anda secara lengkap, misalnya memajang no Hp, alamat rumah dsb.

2. Walaupun pihak mereka meminta agar kita menggunakan identitas diri kita yang sebenarnya, tapi saran saya jangan sesekali menampilkan data sedetail-detailnya tentang diri anda, misalnya jangan mencantumkan alamat rumah, no hp dsb.

3. Selalu logout akun kita terlebih dahulu sebelum kita berhenti menggunakan jejeraig social, tujuannya yang itu untuk mencegah pengguna yang tak bertanggung jawab.



untuk tips menggunakan jejaring sosial, mungkin saya cukupkan demikian dulu, yang lainnya akan saya bahas dalam artikel selanjutnya mengenai "Tips Aman Menggunakan Facebook". Demikian artikel tentang Mengenal Situs Jejaring Sosial, walaupun hanya ditulis dengan sederhana, tapi mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terimakasih :)



 





       
  
 
 
 
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate