PENYAKIT DIABETES Bisa Dihindari, Ini Tipsnya…

PENYAKIT DIABETES Bisa Dihindari, Ini Tipsnya…:
Yusuf Waluyo Jati



Ilustrasi/istimewa

KABAR24.COM, JAKARTA–Seiring dengan pertambahan penduduk, jumlah penderita penyakit diabetes pun semakin banyak di Indonesia. Selain dugaan faktor keturunan, penyakit mematikan ini juga bisa muncul karena kelalaian kita menjaga kesehatan.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah penderita diabetes tipe-2 alias diabetes yang diidap orang dewasa di Indonesia, melonjak tiga kali lipat dalam 10 tahun terakhir, menjadi 8,4 juta orang.
Diabetes tipe-2 biasanya diakitkan dengan kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin. Meskipun ada unsur gangguan sekresi insulin dari sel-sel beta pankreas, cacat utamanya adalah ketidakmampuan tubuh untuk merespons insulin dengan baik.
Pankreas bekerja keras untuk memproduksi insulin lebih banyak, tetapi jaringan tubuh (antara lain otol dan sel-sel lemak) tidak merespons dan tidak peka terhadap insulin.
Pada titik ini, diabetes terjadi karena kadar gula darah melambung di atas normal. Kadar gula darah yang terus menerus tinggi pada akhirnya menimbulkan banyak komplikasi serius bagi kesehatan.
Di bawah ini tips untuk menghindari penyakit diabetes:
- Olahraga secara rutin.
- Beralih ke gandum dan konsumsi biji-bijian.
- Tambahkan cuka apel secukupnya pada makanan.
- Konsumsi kayu manis.
- Perbanyak konsumsi sayuran.
- Ganti daging mereah dengan kedelai.
- Hindari minuman yang manis.
- Kurangi stres.
- Tidur cukup dan stop merokok.
- Lakukan pemeriksaan kesehatan dan berat badan secara rutin. (JIBI/lt)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate