Jangan Takut Mengkonsumsi Udang!

Jangan Takut Mengkonsumsi Udang!:
mengkonsumsi udang
Banyak orang di usia paruh baya, mulai mengurangi mengkonsumsi udang sebagai lauk pauk dalam makanan mereka. Mereka berpendapat, udang akan menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya udang, beberapa orang juga mengurangi konsumsi sea food lainnya, karena khawatir akan peningkatan kadar kolesterol.
Udang merupakan makanan laut dengan rasa dan aroma yang khas. Tidak hanya nikmat disajikan sebagai udang goreng atau sambal goreng udang, udang  juga kerap dijadikan tambahan pada sayuran atau campuran sup. Ada banyak cara untuk memasak dan mengkonsumsi udang, dan hampir semua hidangan dengan tambahan udang, nikmat saat disajikan.

Udang Kaya akan vitamin dan Mineral

Pada wanita hamil, mengkonsumsi udang dianggap sangat baik untuk pertumbuhan janin. Udang merupakan hewan laut dengan kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus untuk perkembangan sel pembangun tubuh, termasuk otak.
Tidak hanya mengandung protein, udang juga kaya akan vitamin dan mineral. Udang mengandung zat besi, vitamin D, vitamin B12 yang penting untuk tubuh. Diketahui, kandungan asam lemak omega-3 pada udang juga sangat tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu, mengkonsumsi udang juga dilangsir bisa membantu untuk mengatasi masalah kesehatan seperti kanker, jantung, Alzheimer dll. Udang dikenal sebagai makanan rendah lemak dan kalori, sehingga tidak menggemukan.
Sebuah penelitian pernah mengemukakan, bahwa dalam perbandingan yang sama dengan makanan lainnya, udang mengandung kadar kolesterol yang sangat tinggi. Termasuk jika dibandingkan dengan daging merah dan produk susu olahan. Karena kandungan kolesterol ini, maka orang-orang yang memiliki risiko penyakit jantung biasa menghindari mengkonsumsi udang.

Mengkonsumsi Udang Tingkatkan LDL dan HDL

Untuk menurunkan tingkat kekhawatiran akan kadar kolesterol udang, sebuah penelitian pernah juga dilakukan di New York City, tepatnya di Rockefeller University. Dalam penelitian tersebut, peneliti mengambil relawan sebanyak 18 pria dan 18 wanita. Kepada semua relawan diberikan 10 ons udang untuk dikonsumsi, atau sekitar 30-40 udang, setiap hari selama 3 minggu. Peneliti memperkirakan relawan telah mengkonsumsi kurang lebih 600 mg kolesterol setiap harinya. Dan, jumlah ini adalah 2 kali lipat dbanding yang dianjurkan oleh American Heart Association.
Setelah tiga minggu, terlihat adanya peningkatan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 7,1 % dari keadaan normal atau rata-rata. Tetapi, berita baiknya adalah mengkonsumsi 10 ons udang juga menaikan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 12,1%. Melihat perbandingan tersebut, tampak bahwa peningkatan kadar LDL masih di bawah HDL.
Pada dasarnya mengkonsumsi udang mampu meningkatakn kadar HDL dan LDL seseorang, walau peningkatan kadar HDL masih diatas LDL. Hal ini setidaknya menuntun kita untuk melihat, bahwa keseimbangan dalam tubuh memang diperlukan.
Jadi, tidak perlu takut mengkonsumsi udang, karena selain menaikan LDL, ia juga akan membantu menaikan HDL, yang berperan dalam menjaga agar arteri tetap bersih. Hanya, perlu diperhatikan keseimbangan nutrisi, jangan sampai berlebihan.

The post Jangan Takut Mengkonsumsi Udang! appeared first on Manjur.net |.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate