Manfaat Kembang Sepatu Tidak Hanya Untuk Hiasan

Bunga dari spesies Hibiscus ini, dikenal dengan sebutan Bunga kembang sepatu. Bentuknya bunganya yang cantik, kerap disukai banyak wanita sebagai penghias halaman muka rumah. Kembang sepatu mengang tidak sulit ditemukan, bahkan di taman-taman kota bunga ini kerap ditanam. Manfaat kembang sepatu untuk kesehatan juga sudah banyak digunakan.
Mengambil manfaat kembang sepatu untuk kesehatan, biasanya dengan meraciknya menjadi bentuk teh. Teh dari kembang sepatu memiliki rasa yang segar, walaupun pada awalnya terasa sedikit aneh dimulut. Dengan mengemasnya menjadi teh, manfaat kembang sepatu menjadi lebih mudah dinikmati.
Salah satu manfaat kembang sepatu, yang belum banyak disadari adalah untuk mengatasi flu. Seperti kita ketahui flu adalah penyakit yang sangat mudah menyerang, khususnya pada saat seseorang dalam kondisi daya tahan tubuh melemah. Pada umumnya, untuk mengatasi flu, pengobatan kimia selalu menjadi andalan untuk mempercepat penyembuhan. Manfaat kembang sepatu yang saat ini dapat ditemukan dalam bentuk teh, bisa jadi alternatif untuk mengganti pengobatan kimia tersebut.

Mengapa Kembang Sepatu Bisa Membantu Mengatasi Flu?

Ada berbagai macam opini mengenai hal ini. Beberapa sumber menyebutkan kandungan antioksidan pada kembang sepatu yang cukup tinggi, diduga mengambil peran dalam mengatasi problem penyakit flu, yang notabenenya memerlukan perbaikan imunitas saat penyembuhannya.
Pada dasarnya, memang diteliti adanya kandungan antioksidan yang besar pada kembang sepatu. Tentunya kandungan antioksidan ini, tidak hanya memberikan manfaat untuk mengatasi flu, tetapi juga menambah manfaat lainnya pada kembang sepatu, yaitu untuk membantu mengatasi kanker.
Beberapa peneliti, mengatakan, di dalam kembang sepatu terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini tentu sangat berperan dalam menjada kekebalan tubuh. Sehingga dikatakan meminum the kembang sepatu, tidak hanya bisa membantu mengatasi penyakit flu, tapi juga mencegahnya. Kekebalan tubuh yang baik, tentu menjadi senjata dalam melawan segala jenis virus dan bakteri yang menyerang.
Untuk mengambil manfaat kembang sepatu ini, tidak hanya dalambentuk teh saja. Sangat mudah untuk mengolah kembang sepatu tersebut agar bisa tetap dinikmati. Melumatkan kembang sepatu dan menyaring airnya lalu merendamnya dengan air semalaman dan mengambil sarinya, lalu menambahkannya dengan madu, juga diyakini bisa membantu mengatasi batuk berlendir.

Efek Samping Di Balik Manfaat Kembang Sepatu

Selain manfaatnya untuk kesehatan, tidak semua orang disarankan untuk mengkonsumsi kembang sepatu. Untuk orang dengan penyakit darah rendah, sebaiknya menghindari mengkonsumsi kembang sepatu. Hal ini terkait dengan sifat kembang sepatu yang bisa menurunkan tekanan darah.
Karena dapat mempengaruhi tingkat hormon estrogen, bagi ibu hamil dan menyusui, ataupun yang sedang menjalankan program KB sebaiknya menghindari mengkonsumsi kembang sepatu ini. Efek halusinasi terkadang terjadi pada awal penggunaan kembang sepatu. Sebaiknya hal ini dhindari pada orang yang akan berkendaraan.
Namun, bagi orang yang sedang menjalani terapi dengan obat-obatan kimia, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal saat akan mengkonsumsi kembang sepatu, agar manfaatnya tidak bertentangan satu sama lain dengan pengobatan yang sedang dijalani.
The post Manfaat Kembang Sepatu Tidak Hanya Untuk Hiasan appeared first on Manjur.net |.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate