Mengetahui Cara Kerja Jantung Manusia

Mengetahui Cara Kerja Jantung Manusia – Jantung manusia merupakan organ yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup seorang manusia, sedikit saja ada ketidak-beresan kerja jantung maka akan sangat berbahaya bagi hidup seseorang. Maka Kita harus betul-betul memahami Bagaimana kerja jantung ini, sehingga kita bisa mengerti cara merawatnya.
Gambar Jantung
Tubuh manusia mengandung tiga jenis pembuluh darah, yaitu:
  1. Pembuluh darah arteriole (Arteries).
  2. Pembuluh darah halus (Venis).
  3. Pembuluh darah rambut / kapiler Capillaries).
Arteriole, pembuluh jenis ini adalah pembuluh darah yang membawa darah yang kaya gas oksigen, dari jantung menuju seluruh sel – sel dalam tubuh. Semakin jauh arteriole meninggalkan jantung,maka bentuknya akan semakin kecil (Arteriols), sampai akhirnya mencapai bentuk rambut halus (sangat kecil) dan hamper tidak dapat dilihat tanpa bantuan alat (mikroskop).

Pembuluh darah halus (Veins) adalah suatu urat yang menjadi pembuluh darah dan bertugas membawa darah daru organ – organ tubuh dan perangkat – perangkatnya menuju jantung . semua pembuluh halus tersebt membawa darah yang kaya dengan gas karbon dioksida dan kurang gas oksigennya (selian empat pembuluh darah halus paru – paru). Oleh karena itu, akan tampak warna darah urat pembuluh dar yang kehijauan. Dinding urat pembuluh darah tersebut tidaklah mengandung banyak serat otot sebagaimana yang banyak terdapat pada arteriole.
Cara Darah Mengalir Dalam Pembuluh Darah
Darah yang mengalir didalam arteriole tergantung pada kekuatan kontraksi jantung dan daya pompanya. Selai itu, aliran darah tersebut akan selalu dijaga oleh kontraksi dinding arterilole yang mengandung serat otot dalam jumlah yang besar. Maka bagaimanaka jka darah berjalan didalam pembuluh darah halus (veins) sedangkan dindingnya sangat kekurangan sel – sel otot?Pada prinsipnya, pengaturan aliran dan pergerakan darah dalam vein berpegangan pada dua factor penting, yaitu:
Katup – katup yang berada di dalam urat pembuluh darah. Katup – katup ini “mempersilahkan” darah untuk menuju satu arah dan tidak akan “memperkenalkan” darah untuk mengalir dengan arah yang berlawanan. Bagaimanakah darah dapat mengalir menuju jantung dan melawan arah gerak gaya gravitasi jika katup – katup tersebut tidak terdapat dalam vein da dan perut besar?

Kontraksi otot – otot yang mengelilingi vein. Pada saa otot – otot yang berada didekat vein berkontraksi , bergerak, berjalan, dan melakukan aktivitas olahraga, maka akan mendorong dan menjaga darah yang ada didalamnya untuk selalu mengalir. Berdasarkan fakta terseut, melakukan aktivitas olah raga dapat menjaga gerakan siklus darah dan mencegah stagnasi darah di dalam vein (pembuluh darah halus).
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate