Menikmati Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan

Menikmati Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan:
Ada banyak alasan mengapa bangun di pagi hari sangat dianjurkan. Bukan hanya untuk mengais rezeki lebih cepat sehingga hasil yang didapatkan lebih banyak, tetapi ada manfaat lebih dari sekadar hal tersebut. Menikmati cahaya matahari pagi, ternyata merupakan hal yang sangat disarankan. Bukan hanya bersih, udara pagi berpengaruh pada aktivitas di siang hari.
Itulah sebabnya, mengapa orang yang gemar bangun pagi dikatakan lebih produktif dibanding orang yang kerap bangun siang. Keadaan tubuh dan pikiran orang yang senantiasa menikmati cahaya matahari pagi, berbeda dengan yang sebaliknya. Mereka yang terbiasa menikmati cahaya matahari pagi juga cahaya matahari pagi, konon memiliki kondisi kesehatan yang lebih stabil. Khususnya kesehatan tulang dan dalam metabolisme tubuh.

Menikmati Cahaya Matahari Pagi Untuk Menambah Kekebalan Tubuh

Bila sebelumnya cahaya matahari pagi disebut sebagai salah satu factor pembentuk tulang yang kuat, karena mengandung vitamin D, ternyata manfaat menikmati cahaya matahari pagi bisa lebih dari itu. Untuk menambah kekebalan tubuh, peran dari cahaya matahari pagi cukup besar.
Mekanisme cahaya matahari pagi mampu meningkatkan kekebalan tubuh, adalah dengan menambah produksi sel darah putih, yang selama ini berperang untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih yang jumlahnya meningkat adalah limfosit. Dengan meningkatkan sel darah putih ini, otomatis juga akan meningkatkan antibody tubuh dalam menahan segala mancam infeksi, baik bakteri ataupun virus.
Sebuah penelitian pernah mengungkapkan, dengan berjemur selama sepuluh menit saja di bawah cahaya  matahari pagi, maka akan membantu menurunkan resiko terkena flu sebanyak 30-40 persen. Hal lainnya yang bisa diatasi adalah, berjemu di bawah cahaya matahari pagi saat menderi batuk, bisa mempercepat pemulihan batuk tersebut.
Tidak hanya menambah kekebalan, cahaya matahari pagi konon juga bisa membantu untuk melawan infeksi. SInal ultraviolet yang dimiliki oleh cahaya matahari pagi dapat membantu membinasakan bakteri yang ada di udara, bahkan beberapa kasus juga terjadi pada infeksi penderi kanker.

Stress Hilang Dengan Sejenak Menikmati Cahaya Matahari Pagi

Ada sebuah hormone yang langsung aktif bekerja saat tubuh dibiarkan menikmati cahaya matahari pagi. Hormon tersebut adalah endorphin. Pengaruh endorphin pada tubuh, termasuk sangat besar, yaitu untuk membantu tubuh melawan gelisah dan sebagai anti depresi alami.
Kehadiran endorphin dalam tubuh, dapat membangkitkan gairah dan kesenangan pada seseorang. Pada beberapa kasus juga disebutkan endorphin sebagai penangkal stress. Pagi hari juga merangsang tubuh memproduksi hormone yangs sangat baik untuk otak, sehingga proses berpikir pun menjadi lebih baik.
Keuntungan lainnya dari menikmati cahaya matahari pagi adalah dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Hal ini terkait dengan adanya proses perubahan kolesterol yang terdapat dibawah kulit menjadi vitamin D. Saat kolesterol di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, makan kolesterol dalam darah pun akan dipaksa untuk keluar dan menempati posisi di bawah kuli.
Dari sekian banyak manfaatnya, mari mulai sekarang kita menyisihkan waktu untk menikmati cahaya matahari pagi setiap hari.
The post Menikmati Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan appeared first on Manjur.net |.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate