Penyakit Asma Alergik

Penyakit Asma Alergik:
Penyakit asma ada beberapa jenis, salah satunya adalah asma alergik. Asma alergik (allergic asthma) adalah tipe asma yang paling banyak terjadi, mencapai 90% dari semua kasus asma. Asma alergik adalah asma yang terjadi karena reaksi alergi, yang artinya gejala asma akan muncul karena dipicu oleh alergen. Alergen adalah substansi-substansi tidak berbahaya di lingkungan, namun akan menimbulkan reaksi tidak normal pada tubuh orang yang memiliki alergi. Asma alergik umumnya terjadi pada anak-anak. Biasanya disebabkan karena menghirup substansi-substansi alergen seperti debu, jamur, serbuk sari, bulu binatang, dan lain-lain.

Diagram Asma



Pada kasus asma alergik, saluran pernapasan akan bereaksi tidak normal dan sangat sensitif terhadap alergen. Reaksi alergi akan menyebabkan saluran pernapasan mengalami inflamasi dan menyempit, yang akhirnya menimbulkan gejala asma, seperti: batuk, mengi (berbunyi saat bernapas), dada sesak, bernapas pendek-pendek, dan bernapas dengan cepat.

Pemicu asma alergik

Asma alergik dipicu oleh alergen, yang ukurannya sangat kecil dan mudah terhirup saat bernapas. Alergen yang umum memicu asma antara lain serbuk sari yang biasanya terbawa oleh angin dari pepohonan, rumput dan lain sebagainya. Selain itu jamur, bulu binatang, debu dan kotoran binatang kecil, misalnya rayap dan kecoak juga dapat memicu asma alergik.

Di samping itu, penderita asma alergik juga dapat mengalami serangan asma melalui pemicu asma yang umum, yaitu: asap rokok, udara dingin, kelelahan, aroma yang kuat dari bahan kimia, misalnya parfum, dan asap yang berasal dari kebakaran, dupa, obat nyamuk, maupun kembang api.

Cara menangani asma alergik

Penanganan terhadap asma alergik tidak jauh berbeda dengan penanganan asma yang lainnya, karena semua tipe asma akan menunjukkan gejala yang hampir sama. Dokter biasanya akan melakukan diagnosa awal untuk mengetahui tipe asma sekaligus pemicunya. Dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk mengontrol dan mencegah serangan asma di waktu yang akan datang. Asma yang ditangani dengan baik membuat penderitanya dapat tetap hidup secara normal dan bisa beraktifitas seperti orang lain.

Ada baiknya di mulai dari diri sendiri menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya asma seperti yang sudah disebutkan di atas. Menghindari atau mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain berusaha menghindari pemicu asma, sebaiknya Anda dan keluarga menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Dengan begitu resiko terkena asma akan lebih kecil terjadi.

http://artikelartikel.com/penyakit-asma-alergik.php
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate