CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : .............................................
Mata Pelajaran                       : IPA
Kelas / Semester                   : V / II
Alokasi waktu                        : 1x Pertemuan ( 2x35 menit )

I. Standar Kompetensi (SK)
5. Memahami hubungan antara gaya,gerak,dan energi serta fungsinya.
II. Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan ( gaya gravitasi, gaya gesek dan gaya magnet ).
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
·    Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda – beda ( kasar – halus )
IV. Karakter Siswa yang diharapkan
·         Rasa ingin tahu, kerja sama, bersahabat / komunikatif dan tanggung jawab
V. Tujuan Pembelajaran
·         Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti gaya gesek
·         Melalui demonstrasi siswa dapat membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda – beda ( kasar – halus )
·         Melalui diskusi siswa dapat menyimpulkan pengaruh permukaan kasar dan halusnya terhadap gaya gesek
VI. Materi Pembelajaran
·         Gaya Gesek adalah Gaya yang timbul antara dua benda yang bersentuhan
·         Gaya gesek sangat dipengaruhi pada permukaan yang halus dan kasarnya suatu benda. Contoh :
1.      Ketika kita berjalan dilantai yang licin dan berjalan ditanah, maka yang akan terjadi adalah lebih mudah jalan di tanah di bandingkan dilantai.
( Karena permukaan lantai lebih halus dibanding permukaan tanah, maka gaya gesek yang ditimbulkan di permukaan lantai sedikit sebaliknya permukaan tanah kasar jadi gaya gesek besar jadi berjalan dilantai akan lebih mudah. )
2.      Buku diletakan di atas triplek,disisi lain buku diletakan diatas kaca, kemudian angkat pelan – pelan sisi papan triplek dan kaca yang ada bukunya. Yang akan terjadi adalah buku yang diletakan dipermukaan kaca akan lebih dulu meluncur dan pada ketinggian yang rendah dibanding dengan permukaan tripek yang ktinggianya lebih tinggi dibanding permukaan kaca.
( Karena permukaan kaca lebih halus dibanding permukan triplek, maka gaya yang ditimbukan kecil seingga memudahkan buku untuk meluncur kebawah. Sedangkan memakai triplek gaya gesek yang ditimbulkan besarr sehingga pergerakan buku akan lebih lambat dibanding di permukaan kaca.
KESIMPULAN ‘’Permukaan pada suatu benda yang saling bersentuhan sangatlah berpengaruh pada gaya gesek. Semakin halus permukaan suatu benda semakin kecil gaya gesek yang ditimbulkan, semakin kasar permukaan benda semakin beasr gaya gesek yang ditimbulkan.


VII. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran
a. Metode                                  : Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi
b. Model Pembelajaran              : Demonstration (Demonstrasi)
VIII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
· Mengkondisikan siswa untuk belajar
· Apersepsi :
Ø  Guru bertanya kepada siswa :”Pernahkah kalian jalan dilantai yang licin?”
Ø  Guru bertanya lagi :”Pernahkah kalian jalan di tanah yang banyak batu – batu kerikilnya?”
Ø  Guru bertanya lagi :”Lebih mudah jalan dilantai atau ditanah?”
Ø  Guru mengnformasikan tujuan pembelajaran hari ini adalah tentang membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda – beda.
Ø  Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran
B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
·   Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan yaitu tentang gaya  gesek
·   Guru bersama siswa menyiapkan alat/bahan yang diperlukan untuk demonstrasi membandingan gerak benda pada permukaan yang berbeda – beda.
·   Guru meminta beberapa siswa untuk mendemonstrasikan membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda – beda.
·   Guru meminta siswa A meletakan triplek dimeja dan diletakan buku tebal disalah satu ujung tripleknya.
·   Guru meminta siswa B meletakan kaca dimeja dan diletakanya buku tebal disalah satu ujung kacanya.
·   Guru meminta siswa C meletakan styrofoam dimeja dan diletkan buku tebal disalah satu ujung styrofoamnya.
·   Guru meminta seluruh siswa mengamati demonstrasi ini dan menganalisa
·   Guru memberikan pertanyaan apakah ke tiga jatuh bersamaan dengan ketinggian atau kemiringan yang sama?
·   Guru menuliskan kemungkinan-kenungkian jawaban siswa di papan tulis
·   Guru mengarahkan siswa untuk memehami bahwa gaya gesek suatu benda dipengaruhi oleh permukaan kasar atau halusnya suatu benda.
·   Guru dan siswa mencoba praktek dengan alat lain yaitu dengan membandingkan bola yang digelindingkan diatas pasir dan yang digelindingkan diatas lantai.
·   Siswa mengamati hasil demonstrasi dan menganalisanya.
·   Guru meminta siswa untuk berkelompok untuk mendemonstrasikan peragaan yang tadi dan hasilnya didiskusikan bersama teman satu kelompok yang nantinya dibuat laporan yang akan dikumpulkan pada guru.
·   Perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
·   Siswa dari kelompok lain menanggapi
·   Siswa dan guru bersm-sama membuat kesimpulan
C. Kegitan Penutup ( 10 Menit )
·   Siswa melaksanakan evaluasi secara individu
·   Guru menganalisis hasil evaluasi
·   Sebagai tindak lanjut guru memberikan PR
IX. Alat dan Sumber Belajar                       :
·      Alat                           : Kayu triplek, kaca,styrofoam, buku tebal, pasir dan bola
·      Sumber Belajar         : Silabus kelas 5 SD, KTSP, Buku IPA Kelas 5 karangan P  Sukisyana, Maryati Sudibyo, Dede Yaya Penerbit Energi halaman 118 – 119.
X. Penilaian
     1. Teknik tes : tulisan, unjuk kerja
     2. Bentuk tes : Pilihan ganda dan uraian
     3. Instrument tes : Soal, kunci jawaban, skor nilai
Soal
Pilihan Ganda
1)  Contoh gaya gesek dibawah ini adalah......
a. Buah apel yang dilempar
b. Paku yang menempel pada magnet
c. Buku tebal yang diletakan di kaca dan di papan triplek
d. Balon bergerak keatas
2)  Arti dari Gaya gesek yang benar adalah......
a. Dua benda yang dijatuhkan
b. Dua benda yang bersentuhan
c. Dua benda dilemparkan
d. Dua benda diangkat.
3)  Berikut ini pernyataan yang benar tentang gaya gesek adalah.....
a. Semakin kasar permukaan, gesekan semakin basar
b. Semakin halus permukaan, gesekan semakin besar
c. Semakin lebar permukaan ban, gesekan semakin kecil
d. semakin berat benda, gesekan semakin besar
4)  Sebutkan di permukaan mana buku yang tebal akan cepat jatuh.........
a. Papan triplek
b. kaca
c. Styrofoam
d. Kertas karton
5)  Mengapa buku yang tebal akan cepat jatuh di permukaan kaca dibanding styrofoam....
a. Permukaan kaca lebih kasar dibanding styrofoam
b. Permukaan kaca lebih halus dibanding styrofoam
c. Permukaan styrofoam lebih halus dibanding permukaan kaca
d.Permukaan kaca dan styrofoam sama – sama halus
Uraian
1. Jelaskan mengapa gaya gesek suatu benda dipengaruhi oleh halus dan kasarnya suatu permukaan benda?
2. Sebutkan 2 contoh gaya gesek yang kamu ketahui!
3. Jelaskan apa arti dari gaya gesek!
4. Mengapa jalan diatas tanah lebih mudah dibanding jalan diatas lantai?
5. Jelaskan mengapa papan yang halus lebih mudah menjatuhkan buku dibanding papan yang kasar?

KUNCI JAWABAN
PILIHAN GANDA
1. C
2. B
3. A
4. B
5. B

URAIAN
1)      Karena tanpa ada perbedaan dipermukaan benda maka tidak akan ada gaya gesek yang ditimbulkan.
2)      a. orang yang jalan dilantai dan orang jalan ditanah
b. bola digelindingkan di atas styrofoam dengan bola digelindingkan diatas papan kayu
3)      Gaya gesek adalah gaya yang timbul antara 2 benda yang bersentuhan
4)      Karena permukaan tanah lebih kasar dibanding permukaan lantai. Akibatnya gaya gesek ditanah lebih besar dibanding gaya gesek dilantai
5)      Karena permukaan yang halus membuat gaya gesek yang dihasilkan kecil, sebaliknya permukaan yang kasar membuat gaya gesek yang dihasilkan besar.

Kriteria penilaian
A = Soal Pilihan ganda diberi skor 1
B = Soal Uraian diberi skor 3
           Perolehan nilai = (A x 5) + (B x 5) x 10
                                       2

                                                                                                 Kuningan, 30 Mei  2013
   Guru Kelas V
   


   ...........................................                                                          .........................................
   NIP. ...................................                                                       NIP. ....


Mengetahui Kepala Sekolah                                                  
 SDN 17 Kuningan


   ............................................                                                                            
 NIP....


LEMBAR EVALUASI SIWA

Pilihan Ganda
1) Contoh gaya gesek dibawah ini adalah......
              a. Buah apel yang dilempar
              b. Paku yang menempel pada magnet
              c. Buku tebal yang diletakan di kaca dan di papan triplek
              d. Balon bergerak keatas
2) Arti dari Gaya gesek yang benar adalah......
              a. Dua benda yang dijatuhkan
              b. Dua benda yang bersentuhan
              c. Dua benda dilemparkan
              d. Dua benda diangkat.
3) Berikut ini pernyataan yang benar tentang gaya gesek adalah.....
              a. Semakin kasar permukaan, gesekan semakin basar
              b. Semakin halus permukaan, gesekan semakin besar
              c. Semakin lebar permukaan ban, gesekan semakin kecil
              d. semakin berat benda, gesekan semakin besar
4) Sebutkan di permukaan mana buku yang tebal akan cepat jatuh.........
              a. Papan triplek
              b. kaca
              c. Styrofoam
              d. Kertas karton
5) Mengapa buku yang tebal akan cepat jatuh di permukaan kaca dibanding styrofoam....
              a. Permukaan kaca lebih kasar dibanding styrofoam
              b. Permukaan kaca lebih halus dibanding styrofoam
              c. Permukaan styrofoam lebih halus dibanding permukaan kaca
              d.Permukaan kaca dan styrofoam sama – sama halus


Uraian

1. Jelaskan mengapa gaya gesek suatu benda dipengaruhi oleh halus dan kasarnya suatu permukaan benda?
2. Sebutkan 2 contoh gaya gesek yang kamu ketahui!
3. Jelaskan apa arti dari gaya gesek!
4. Mengapa jalan diatas tanah lebih mudah dibanding jalan diatas lantai?
5. Jelaskan mengapa papan yang halus lebih mudah menjatuhkan buku dibanding papan yang kasar?


LEMBAR KUNCI JAWABAN
Pilihan ganda
1. C
2. B
3. A
4. B
5. B

Jawablah
1) Karena tanpa ada perbedaan dipermukaan benda maka tidak akan ada gaya gesek yang ditimbulkan.
2) a. orang yang jalan dilantai dan orang jalan ditanah
b. bola digelindingkan di atas styrofoam dengan bola digelindingkan diatas papan kayu
3) Gaya gesek adalah gaya yang timbul antara 2 benda yang bersentuhan
4) Karena permukaan tanah lebih kasar dibanding permukaan lantai. Akibatnya gaya gesek ditanah lebih besar dibanding gaya gesek dilantai
5) Karena permukaan yang halus membuat gaya gesek yang dihasilkan kecil, sebaliknya permukaan yang kasar membuat gaya gesek yang dihasilkan besar.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SDN 17 Kuningan
Mata Pelajaran                      : PKN
Kelas / Semester                    : V / II
Alokasi waktu                        : 1x Pertemuan ( 2x35 menit )

I. Standar Kompetensi
3. Memahami kebebasan berorganisasi
II. Kompetensi Dasar
3.1 Mendesekripsikan pengertian organisasi
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan pengertian organisasi
·         Menyebutkan ciri –ciri organisasi
·         Menyebutkan tujuan organisasi
·         Menyebutkan unsur – unsur organisasi
·         Menyebutkan contoh organisasi yang diketahui siswa
IV. Karakterisitik siswa yang diharapkan
·         Tanggung jawab, Mempunyai rasa kepemimpinan, peduli, dapat dipercaya, kerja sama, jujur dan bersahabat
V. Tujuan Pembelajaran
·         Melului tanya jawab siswa dapat menjelaskanarti organisasi
·         Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan ciri –ciri organisasi
·         Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan tujuan organisasi
·         Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan unsur – unsur organisasi
·         Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan contoh organisasi yang diketahui siswa
VI. Materi Pembelajaran
v  Organisasi adalah suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan.
v  Dalam organisasi terdapat pembagian tugas, pembagian tugas harus sesuai dengan kemampuan setiap individu. Di dalam organisasi saling percaya sangatlah penting, karena tanpa ada kepercayaan organisasi tidak akan mencapai tujuan. Yang tujuan organisasi adalah untuk kepentingan semua anggota organisasi.
v  Pada dasarnya manusia membutuhkan organisasi karena manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri. Saling membutuhkan satu sama lainya.
v  Ciri – ciri organisasi adalah     :
Ø  Mempunyai tujuan dan sasaran yang dicapai di organisasi.
Ø  Mempunyai aturan yang harus ditaati oleh anggota dari organisasi tersebut.
Ø  Mempunyai pembagian kerja / bisa disebut kerja sama.
Ø  Ada yang mengkoordinir tugas dan wewenang.
v  Tujuan organisasi adalah Sesuatu yang ingin dicapai dan diwujudkan secara bersama – sama.
v  Unsur – unsur organisasi adalah :
Ø  Man ( Manusia )
Ø  Team work
Ø  Tujuan bersama
Ø  Equipment ( sarana dan prasarana)
Ø  Lingkungan
v  Contoh – contoh organisasi :
Ø  Osis
Ø  Pramuka
Ø  Sekolah
Ø  Koprasi
Ø  RT
Ø  RW
Ø  Negara
Ø   Partai
VII. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran
a. Metode                                : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
b. Model Pembelajaran           : Pendekatan kontekstual
VIII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Mengkondisikan siswa untuk belajar
·         Apersepsi
Ø  Guru bertanya kepada siswa : ‘’Apa yang dimaksud dengan organisasi ?’’
Ø  Guru bertanya lagi : ‘’Organisasi apa yang ada disekolah?’’
Ø  Guru bertanya lagi : ‘’ Apa ciri – ciri organisasi ?’’
B. Kegiatan Inti ( 50 menit )
·         Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan tentang organisasi.
·         Guru menulis point point penting tentang organisasi di papan tulis.
·         Siswa membiasakan untuk menulis dan membaca materi yang disampaikan guru.
·         Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas secara kelompok dengan teman satu bangku.
·         Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisa, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
·         Memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajara.
·         Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tertulis secara individu maupun kelompok.
·         Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hsil kerja individual maupun kelompok.
·         Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa.
·         Guru dan siswa memberi penguatan dan kesimpulan.
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran materi ‘’Demonstrasi’’.
C. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
·         Siswa melaksanakan evaluasi secara individual.
·         Guru menganalisis hasil evaluasi.
·         Sebagai tindak lanjut memberikan PR.
IX. Alat dan sumber belajar
·         Alat                             :
·         Sumber belajar            :
X. Penilaian
1)      Teknik tes                    : Tulisan, Unjuk kerja
2)      Bentuk tes                   : Uraian
3)      Instrument tes             : Soal, Kunci jawaban, skor nilai.
Soal
Uraian
1)      Tujuan organisasi adalah.................
2)      Sesama anggota dalam organisasi harus saling percaya karena...........
3)      Jelaskan pengertian organisasi menurut bahasamu sendiri!
4)      Ciri – ciri organisasi adalah........
5)      Unsur –unsur organisasi adalah...........

 Kunci Jawaban
1)      Tujuan organisasi adalah Sesuatu yang ingin dicapai dan diwujudkan secara bersama – sama
2)      Tanpa ada kepercayaan suatu organisasi tidak akan bisa mencapai tujuan.
3)      Organisasi adalah suatu badan yang menaungi 2 orang atau lebih untuk mencapai satu tujuan yang sama.
4)      Ciri – ciri organisasi adalah     :
Ø  Mempunyai tujuan dan sasaran yang dicapai di organisasi.
Ø  Mempunyai aturan yang harus ditaati oleh anggota dari organisasi tersebut.
Ø  Mempunyai pembagian kerja / bisa disebut kerja sama.
Ø  Ada yang mengkoordinir tugas dan wewenang.
       5) Unsur – unsur organisasi adalah :
Ø  Man ( Manusia )
Ø  Team work
Ø  Tujuan bersama
Ø  Equipment ( sarana dan prasarana)
Ø  Lingkungan
Kriteria Penilaian
Setiap soal diberi skor 2 jumlah 10

           Perolehan nilai = skor yang diperoleh  x100
                                       2
                                                                                                 Kuningan, 30 Mei  2013
   Guru Kelas V
   


   ..........................................                                                         ............................................
   NIP. ..................................                                                       NIP. .....


Mengetahui Kepala Sekolah                                                  
 SDN 17 Kuningan


   ............................................                                                                             
 NIP... 

LEMBAR EVALUASI SISWA

Uraian
1)      Tujuan organisasi adalah.................
2)      Sesama anggota dalam organisasi harus saling percaya karena...........
3)      Jelaskan pengertian organisasi menurut bahasamu sendiri!
4)      Ciri – ciri organisasi adalah........
5)      Unsur –unsur organisasi adalah...........

Kunci Jawaban
5)      Tujuan organisasi adalah Sesuatu yang ingin dicapai dan diwujudkan secara bersama – sama
6)      Tanpa ada kepercayaan suatu organisasi tidak akan bisa mencapai tujuan.
7)      Organisasi adalah suatu badan yang menaungi 2 orang atau lebih untuk mencapai satu tujuan yang sama.
8)      Ciri – ciri organisasi adalah     :
Ø  Mempunyai tujuan dan sasaran yang dicapai di organisasi.
Ø  Mempunyai aturan yang harus ditaati oleh anggota dari organisasi tersebut.
Ø  Mempunyai pembagian kerja / bisa disebut kerja sama.
Ø  Ada yang mengkoordinir tugas dan wewenang.
       5) Unsur – unsur organisasi adalah :
Ø  Man ( Manusia )
Ø  Team work
Ø  Tujuan bersama
Ø  Equipment ( sarana dan prasarana)
Ø  Lingkungan


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate