RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : .............................................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V / II
Alokasi waktu : 1x Pertemuan ( 2x35 menit )
I. Standar Kompetensi (SK)
5.
Memahami hubungan antara gaya,gerak,dan energi serta fungsinya.
II. Kompetensi Dasar
5.1
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (
gaya gravitasi, gaya gesek dan gaya magnet ).
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Membandingkan
gerak benda pada permukaan yang berbeda – beda ( kasar – halus )
IV. Karakter
Siswa yang diharapkan
·
Rasa
ingin tahu, kerja sama, bersahabat / komunikatif dan tanggung jawab
V. Tujuan
Pembelajaran
·
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti gaya gesek
·
Melalui
demonstrasi siswa dapat membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda –
beda ( kasar – halus )
·
Melalui
diskusi siswa dapat menyimpulkan pengaruh permukaan kasar dan halusnya terhadap
gaya gesek
VI. Materi
Pembelajaran
·
Gaya
Gesek adalah Gaya yang timbul antara dua benda yang bersentuhan
·
Gaya
gesek sangat dipengaruhi pada permukaan yang halus dan kasarnya suatu benda.
Contoh :
1.
Ketika
kita berjalan dilantai yang licin dan berjalan ditanah, maka yang akan terjadi
adalah lebih mudah jalan di tanah di bandingkan dilantai.
( Karena permukaan lantai lebih halus
dibanding permukaan tanah, maka gaya gesek yang ditimbulkan di permukaan lantai
sedikit sebaliknya permukaan tanah kasar jadi gaya gesek besar jadi berjalan
dilantai akan lebih mudah. )
2.
Buku
diletakan di atas triplek,disisi lain buku diletakan diatas kaca, kemudian
angkat pelan – pelan sisi papan triplek dan kaca yang ada bukunya. Yang akan
terjadi adalah buku yang diletakan dipermukaan kaca akan lebih dulu meluncur
dan pada ketinggian yang rendah dibanding dengan permukaan tripek yang
ktinggianya lebih tinggi dibanding permukaan kaca.
( Karena permukaan kaca lebih halus
dibanding permukan triplek, maka gaya yang ditimbukan kecil seingga memudahkan
buku untuk meluncur kebawah. Sedangkan memakai triplek gaya gesek yang
ditimbulkan besarr sehingga pergerakan buku akan lebih lambat dibanding di
permukaan kaca.
KESIMPULAN
‘’Permukaan pada suatu benda yang saling bersentuhan sangatlah berpengaruh pada
gaya gesek. Semakin halus permukaan suatu benda semakin kecil gaya gesek yang
ditimbulkan, semakin kasar permukaan benda semakin beasr gaya gesek yang
ditimbulkan.
VII. Metode
Pembelajaran dan Model Pembelajaran
a. Metode : Ceramah, tanya jawab,
demonstrasi, diskusi
b. Model Pembelajaran : Demonstration (Demonstrasi)
VIII. Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Mengkondisikan siswa untuk belajar
·
Apersepsi :
Ø Guru bertanya
kepada siswa :”Pernahkah kalian jalan dilantai yang licin?”
Ø Guru bertanya
lagi :”Pernahkah kalian jalan di tanah yang banyak batu – batu kerikilnya?”
Ø Guru bertanya
lagi :”Lebih mudah jalan dilantai atau ditanah?”
Ø Guru
mengnformasikan tujuan pembelajaran hari ini adalah tentang membandingkan gerak
benda pada permukaan yang berbeda – beda.
Ø Menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran
B.
Kegiatan Inti ( 50 menit )
· Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang
akan disampaikan yaitu tentang gaya
gesek
· Guru bersama siswa menyiapkan alat/bahan yang
diperlukan untuk demonstrasi membandingan gerak benda pada permukaan yang
berbeda – beda.
· Guru meminta beberapa siswa untuk
mendemonstrasikan membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda – beda.
· Guru meminta siswa A meletakan triplek dimeja
dan diletakan buku tebal disalah satu ujung tripleknya.
· Guru meminta siswa B meletakan kaca dimeja
dan diletakanya buku tebal disalah satu ujung kacanya.
· Guru meminta siswa C meletakan styrofoam
dimeja dan diletkan buku tebal disalah satu ujung styrofoamnya.
· Guru meminta seluruh siswa mengamati demonstrasi
ini dan menganalisa
· Guru memberikan pertanyaan apakah ke tiga
jatuh bersamaan dengan ketinggian atau kemiringan yang sama?
· Guru menuliskan kemungkinan-kenungkian
jawaban siswa di papan tulis
· Guru mengarahkan siswa untuk memehami bahwa
gaya gesek suatu benda dipengaruhi oleh permukaan kasar atau halusnya suatu
benda.
· Guru dan siswa mencoba praktek dengan alat
lain yaitu dengan membandingkan bola yang digelindingkan diatas pasir dan yang
digelindingkan diatas lantai.
· Siswa mengamati hasil demonstrasi dan
menganalisanya.
· Guru meminta siswa untuk berkelompok untuk
mendemonstrasikan peragaan yang tadi dan hasilnya didiskusikan bersama teman
satu kelompok yang nantinya dibuat laporan yang akan dikumpulkan pada guru.
· Perwakilan tiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi
· Siswa dari kelompok lain menanggapi
· Siswa dan guru bersm-sama membuat kesimpulan
C.
Kegitan Penutup ( 10 Menit )
· Siswa
melaksanakan evaluasi secara individu
· Guru
menganalisis hasil evaluasi
· Sebagai
tindak lanjut guru memberikan PR
IX.
Alat dan Sumber Belajar :
· Alat : Kayu triplek, kaca,styrofoam,
buku tebal, pasir dan bola
· Sumber Belajar : Silabus kelas 5 SD, KTSP, Buku IPA Kelas 5 karangan P Sukisyana, Maryati Sudibyo, Dede Yaya Penerbit
Energi halaman 118 – 119.
X.
Penilaian
1. Teknik
tes : tulisan, unjuk kerja
2. Bentuk
tes : Pilihan ganda dan uraian
3.
Instrument tes : Soal, kunci jawaban, skor nilai
Soal
Pilihan
Ganda
1) Contoh gaya gesek dibawah ini adalah......
a. Buah apel
yang dilempar
b. Paku yang
menempel pada magnet
c. Buku tebal
yang diletakan di kaca dan di papan triplek
d. Balon
bergerak keatas
2) Arti dari Gaya gesek yang benar adalah......
a. Dua benda
yang dijatuhkan
b. Dua benda
yang bersentuhan
c. Dua benda
dilemparkan
d. Dua benda
diangkat.
3) Berikut ini pernyataan yang benar tentang gaya
gesek adalah.....
a. Semakin kasar
permukaan, gesekan semakin basar
b. Semakin halus
permukaan, gesekan semakin besar
c. Semakin lebar
permukaan ban, gesekan semakin kecil
d. semakin berat
benda, gesekan semakin besar
4) Sebutkan di permukaan mana buku yang tebal akan
cepat jatuh.........
a. Papan triplek
b. kaca
c. Styrofoam
d. Kertas karton
5) Mengapa buku yang tebal akan cepat jatuh di
permukaan kaca dibanding styrofoam....
a. Permukaan
kaca lebih kasar dibanding styrofoam
b. Permukaan
kaca lebih halus dibanding styrofoam
c. Permukaan
styrofoam lebih halus dibanding permukaan kaca
d.Permukaan kaca
dan styrofoam sama – sama halus
Uraian
1.
Jelaskan mengapa gaya gesek suatu benda dipengaruhi oleh halus dan kasarnya
suatu permukaan benda?
2.
Sebutkan 2 contoh gaya gesek yang kamu ketahui!
3.
Jelaskan apa arti dari gaya gesek!
4.
Mengapa jalan diatas tanah lebih mudah dibanding jalan diatas lantai?
5.
Jelaskan mengapa papan yang halus lebih mudah menjatuhkan buku dibanding papan
yang kasar?
KUNCI JAWABAN
PILIHAN GANDA
1.
C
2.
B
3.
A
4.
B
5. B
URAIAN
1) Karena tanpa ada perbedaan dipermukaan benda maka
tidak akan ada gaya gesek yang ditimbulkan.
2) a. orang yang jalan dilantai dan orang jalan ditanah
b. bola digelindingkan di atas styrofoam dengan bola
digelindingkan diatas papan kayu
3) Gaya gesek adalah gaya yang timbul antara 2 benda yang
bersentuhan
4) Karena permukaan tanah lebih kasar dibanding permukaan
lantai. Akibatnya gaya gesek ditanah lebih besar dibanding gaya gesek dilantai
5) Karena permukaan yang halus membuat gaya gesek yang
dihasilkan kecil, sebaliknya permukaan yang kasar membuat gaya gesek yang
dihasilkan besar.
Kriteria
penilaian
A
= Soal Pilihan ganda diberi skor 1
B
= Soal Uraian diberi skor 3
Perolehan nilai = (A x 5) + (B x 5) x 10
2
Kuningan, 30 Mei 2013
Guru Kelas V
........................................... .........................................
NIP. ...................................
NIP. ....
Mengetahui Kepala Sekolah
SDN 17 Kuningan
............................................
NIP....
LEMBAR
EVALUASI SIWA
Pilihan Ganda
1) Contoh gaya gesek dibawah ini
adalah......
a.
Buah apel yang dilempar
b.
Paku yang menempel pada magnet
c.
Buku tebal yang diletakan di kaca dan di papan triplek
d.
Balon bergerak keatas
2) Arti dari
Gaya gesek yang benar adalah......
a.
Dua benda yang dijatuhkan
b.
Dua benda yang bersentuhan
c.
Dua benda dilemparkan
d.
Dua benda diangkat.
3) Berikut ini
pernyataan yang benar tentang gaya gesek adalah.....
a.
Semakin kasar permukaan, gesekan semakin basar
b.
Semakin halus permukaan, gesekan semakin besar
c.
Semakin lebar permukaan ban, gesekan semakin kecil
d.
semakin berat benda, gesekan semakin besar
4) Sebutkan di
permukaan mana buku yang tebal akan cepat jatuh.........
a.
Papan triplek
b.
kaca
c.
Styrofoam
d.
Kertas karton
5) Mengapa buku
yang tebal akan cepat jatuh di permukaan kaca dibanding styrofoam....
a.
Permukaan kaca lebih kasar dibanding styrofoam
b.
Permukaan kaca lebih halus dibanding styrofoam
c.
Permukaan styrofoam lebih halus dibanding permukaan kaca
d.Permukaan
kaca dan styrofoam sama – sama halus
Uraian
1.
Jelaskan mengapa gaya gesek suatu benda dipengaruhi oleh halus dan kasarnya
suatu permukaan benda?
2.
Sebutkan 2 contoh gaya gesek yang kamu ketahui!
3.
Jelaskan apa arti dari gaya gesek!
4.
Mengapa jalan diatas tanah lebih mudah dibanding jalan diatas lantai?
5.
Jelaskan mengapa papan yang halus lebih mudah menjatuhkan buku dibanding papan
yang kasar?
LEMBAR KUNCI
JAWABAN
Pilihan ganda
1.
C
2.
B
3.
A
4.
B
5. B
Jawablah
1) Karena tanpa ada
perbedaan dipermukaan benda maka tidak akan ada gaya gesek yang ditimbulkan.
2) a. orang yang jalan dilantai dan orang jalan ditanah
b. bola digelindingkan di atas styrofoam dengan bola digelindingkan
diatas papan kayu
3) Gaya gesek adalah gaya yang timbul antara 2 benda yang bersentuhan
4) Karena permukaan
tanah lebih kasar dibanding permukaan lantai. Akibatnya gaya gesek ditanah
lebih besar dibanding gaya gesek dilantai
5) Karena permukaan
yang halus membuat gaya gesek yang dihasilkan kecil, sebaliknya permukaan yang
kasar membuat gaya gesek yang dihasilkan besar.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 17 Kuningan
Mata Pelajaran : PKN
Kelas / Semester : V / II
Alokasi waktu : 1x Pertemuan ( 2x35 menit )
I. Standar
Kompetensi
3.
Memahami kebebasan berorganisasi
II. Kompetensi
Dasar
3.1
Mendesekripsikan pengertian organisasi
III. Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
pengertian organisasi
·
Menyebutkan
ciri –ciri organisasi
·
Menyebutkan
tujuan organisasi
·
Menyebutkan
unsur – unsur organisasi
·
Menyebutkan
contoh organisasi yang diketahui siswa
IV.
Karakterisitik siswa yang diharapkan
·
Tanggung
jawab, Mempunyai rasa kepemimpinan, peduli, dapat dipercaya, kerja sama, jujur
dan bersahabat
V. Tujuan
Pembelajaran
·
Melului
tanya jawab siswa dapat menjelaskanarti organisasi
·
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan ciri –ciri organisasi
·
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan tujuan organisasi
·
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan unsur – unsur organisasi
·
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan contoh organisasi yang diketahui siswa
VI. Materi
Pembelajaran
v Organisasi
adalah suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk
melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan.
v Dalam organisasi
terdapat pembagian tugas, pembagian tugas harus sesuai dengan kemampuan setiap
individu. Di dalam organisasi saling percaya sangatlah penting, karena tanpa
ada kepercayaan organisasi tidak akan mencapai tujuan. Yang tujuan organisasi
adalah untuk kepentingan semua anggota organisasi.
v Pada dasarnya
manusia membutuhkan organisasi karena manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa
hidup sendiri. Saling membutuhkan satu sama lainya.
v Ciri – ciri
organisasi adalah :
Ø
Mempunyai
tujuan dan sasaran yang dicapai di organisasi.
Ø
Mempunyai
aturan yang harus ditaati oleh anggota dari organisasi tersebut.
Ø
Mempunyai
pembagian kerja / bisa disebut kerja sama.
Ø
Ada
yang mengkoordinir tugas dan wewenang.
v
Tujuan
organisasi adalah Sesuatu yang ingin dicapai dan diwujudkan secara bersama –
sama.
v
Unsur
– unsur organisasi adalah :
Ø
Man
( Manusia )
Ø
Team
work
Ø
Tujuan
bersama
Ø
Equipment
( sarana dan prasarana)
Ø
Lingkungan
v Contoh – contoh
organisasi :
Ø
Osis
Ø
Pramuka
Ø
Sekolah
Ø
Koprasi
Ø
RT
Ø
RW
Ø
Negara
Ø
Partai
VII. Metode
Pembelajaran dan Model Pembelajaran
a.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
b.
Model Pembelajaran : Pendekatan
kontekstual
VIII. Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
·
Mengkondisikan
siswa untuk belajar
·
Apersepsi
Ø
Guru
bertanya kepada siswa : ‘’Apa yang dimaksud dengan organisasi ?’’
Ø
Guru
bertanya lagi : ‘’Organisasi apa yang ada disekolah?’’
Ø
Guru
bertanya lagi : ‘’ Apa ciri – ciri organisasi ?’’
B. Kegiatan Inti
( 50 menit )
·
Guru
menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan tentang organisasi.
·
Guru
menulis point point penting tentang organisasi di papan tulis.
·
Siswa
membiasakan untuk menulis dan membaca materi yang disampaikan guru.
·
Guru
memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas secara kelompok dengan teman satu
bangku.
·
Memberi
kesempatan untuk berfikir, menganalisa, menyelesaikan masalah dan bertindak
tanpa rasa takut.
·
Memfasilitasi
siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajara.
·
Memfasilitasi
siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun
tertulis secara individu maupun kelompok.
·
Memfasilitasi
siswa untuk menyajikan hsil kerja individual maupun kelompok.
·
Guru
bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa.
·
Guru
dan siswa memberi penguatan dan kesimpulan.
·
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran materi ‘’Demonstrasi’’.
C. Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
·
Siswa
melaksanakan evaluasi secara individual.
·
Guru
menganalisis hasil evaluasi.
·
Sebagai
tindak lanjut memberikan PR.
IX. Alat dan
sumber belajar
·
Alat :
·
Sumber
belajar :
X. Penilaian
1)
Teknik
tes : Tulisan, Unjuk
kerja
2)
Bentuk
tes : Uraian
3)
Instrument
tes : Soal, Kunci jawaban,
skor nilai.
Soal
Uraian
1)
Tujuan
organisasi adalah.................
2)
Sesama
anggota dalam organisasi harus saling percaya karena...........
3)
Jelaskan
pengertian organisasi menurut bahasamu sendiri!
4)
Ciri
– ciri organisasi adalah........
5)
Unsur
–unsur organisasi adalah...........
Kunci Jawaban
1)
Tujuan organisasi adalah Sesuatu yang ingin dicapai
dan diwujudkan secara bersama – sama
2)
Tanpa
ada kepercayaan suatu organisasi tidak akan bisa mencapai tujuan.
3)
Organisasi
adalah suatu badan yang menaungi 2 orang atau lebih untuk mencapai satu tujuan
yang sama.
4)
Ciri
– ciri organisasi adalah :
Ø
Mempunyai
tujuan dan sasaran yang dicapai di organisasi.
Ø
Mempunyai
aturan yang harus ditaati oleh anggota dari organisasi tersebut.
Ø
Mempunyai
pembagian kerja / bisa disebut kerja sama.
Ø
Ada
yang mengkoordinir tugas dan wewenang.
5) Unsur – unsur organisasi adalah :
Ø
Man
( Manusia )
Ø
Team
work
Ø
Tujuan
bersama
Ø
Equipment
( sarana dan prasarana)
Ø
Lingkungan
Kriteria Penilaian
Setiap soal diberi skor 2 jumlah 10
Perolehan nilai = skor yang diperoleh x100
2
Kuningan, 30 Mei 2013
Guru Kelas V
.......................................... ............................................
NIP. ..................................
NIP. .....
Mengetahui Kepala Sekolah
SDN 17 Kuningan
............................................
NIP...
LEMBAR EVALUASI SISWA
Uraian
1)
Tujuan
organisasi adalah.................
2)
Sesama
anggota dalam organisasi harus saling percaya karena...........
3)
Jelaskan
pengertian organisasi menurut bahasamu sendiri!
4)
Ciri
– ciri organisasi adalah........
5)
Unsur
–unsur organisasi adalah...........
Kunci Jawaban
5)
Tujuan organisasi adalah Sesuatu yang ingin dicapai
dan diwujudkan secara bersama – sama
6)
Tanpa
ada kepercayaan suatu organisasi tidak akan bisa mencapai tujuan.
7)
Organisasi
adalah suatu badan yang menaungi 2 orang atau lebih untuk mencapai satu tujuan
yang sama.
8)
Ciri
– ciri organisasi adalah :
Ø
Mempunyai
tujuan dan sasaran yang dicapai di organisasi.
Ø
Mempunyai
aturan yang harus ditaati oleh anggota dari organisasi tersebut.
Ø
Mempunyai
pembagian kerja / bisa disebut kerja sama.
Ø
Ada
yang mengkoordinir tugas dan wewenang.
5) Unsur – unsur organisasi adalah :
Ø
Man
( Manusia )
Ø
Team
work
Ø
Tujuan
bersama
Ø
Equipment
( sarana dan prasarana)
Ø
Lingkungan
0 komentar:
Posting Komentar