TIPS DI BULAN RAMADHAN

5 Tips Makan Sehat Saat Puasa

Buah dan sayur banyak mengandung serat dan baik untuk kesehatan/mindbodygreen.com

Buah dan sayur banyak mengandung serat dan baik untuk kesehatan
Pola makan yang berubah selama menjalankan ibadah puasa berpotensi menganggu kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki gejala penyakit kronis. Berikut 5 tips makan sehat saat puasa.
Perbanyak konsumsi sumber gizi
Penting untuk memperhatikan dan disiplin dalam menerapkan berbagai sumber gizi dalam menu makan sahur dan berbuka. Sumber-sumber gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, mineral, dan vitamin. Sebagai contoh, Anda dapat menggabungkan nasi dengan cah sayuran, sepotong fillet  ayam, beberapa iris tomat, tahu, dan air putih dalam menu sahur.
Perbanyak konsumsi serat
Serat sangat berguna untuk mencegah sembelit, mengontrol kadar gula dalam darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperpanjang rasa kenyang. Kekurangan serat dapat menyebabkan Anda mudah merasa lapar dan cepat lelah. Serat dapat mudah ditemukan pada sayur-sayuran hijau.
Konsumsi lemak sehat
Selain sebagai sumber energi, lemak juga berperan penting dalam membantu penyerapan vitamin. Tidak semua lemak bersifat baik, lemak jenuh dan lemak trans fat akan berakibat buruk bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Sebaikanya seimbangkan dengan konsumsi lemak sehat seperti alpukat, kacang almond, minyak ikan, minyak sayur, dan berbagai kacang-kacangan.
Perbanyak konsumsi cairan saat sahur dan berbuka
Lebih baik jika mengonsumsi air putih dan sari buah daripada teh atau kopi, karena tubuh lebih membutuhkan kadar mineral yang cukup selama puasa.
Gunakan metode memasak yang sehat
Selama puasa, hindari terlalu sering mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara digoreng atau bersantan. Perbanyak konsumsi makanan yang ditumis, kukus, dibuat sup, atau panggang untuk menjaga kondisi kesehatan tetap prima.

Sumber: Kabar24.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate