60 Ribu Calon PNS Akan Diseleksi September Ini

60 Ribu Calon PNS Akan Diseleksi September Ini

Widi Agustian - Okezone
Ilustrasi. (Foto: Setkab) Ilustrasi. (Foto: Setkab
Total kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang disediakan dalam seleksi penerimaan September ini mencapai 60 ribu, terdiri atas 20 ribu kursi  untuk instansi pusat dan 40 ribu untuk instansi daerah.
Adapun  instansi yang memperoleh alokasi CPNS baru itu, menurut Menteri PAN-RB Azwar Abubakar tersebar di pusat dan daerah. Perinciannya, 68 unit instansi pusat (kementerian/lembaga), 30 unit instansi pemerintah provinsi (pemprov), serta 227 unit instansi pemerintah kabupaten dan kota (pemkab/pemkot).

Untuk instansi daerah, lanjut Azwar, alokasi kursi CPNS baru tetap berkisar 40 ribu kursi. ""Itu saja belum terserap penuh jika diturunkan dalam formasi," kata Azwar seperti dilansir dari laman Setkab, Jumat (18/7/2013).

Mengenai rincian alokasi CPNS masing-masing kementerian/lembaga, Menteri PAN-RB, masih belum bersedia melansir secara terperinci nama instansi yang mendapat alokasi CPNS dari pelamar umum atau nontenaga honorer. Sebab, masih ada 10 instansi yang menunggu persetujuan dari Menteri PAN-RB.

Adapun terhadap instansi yang tidak menerima alokasi CPNS dari jalur pelamar umum, menurut Azwar Abubakar, ada banyak alasan, salah satunya, instansi tersebut memang sama sekali tidak meminta formasi atau alokasi CPNS baru pelamar umum.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, penerimaan CPNS baru 2013 menggunakan kebijakan afirmasi. Pemerintah menyiapkan 62 formasi di kementerian/lembaga untuk pelamar cacat. Selain itu, ada 140 formasi untuk atlet berprestasi sebagai pelatih olahraga yang ditempatkan di provinsi, kabupaten, dan kota. Ada juga 100 formasi untuk putra-putri potensial dari Papua dan Papua Barat. (wdi)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate