FILOSOFI LIMA JARI

Sebagai refleksi dan bahan renungan untuk kita, filosofi lima jari dapat dirinci sebagai berikut:

1. JARI JEMPOL
Jari jempol inilah simbol KEPEMIMPINAN. Dia yang utama dan induk dari keempat jai lainnya. Kenapa ini identik dengan simbol "Pejabat? Karena jempol biasanya identik dengan persetujuan kebagusan, dan sifat baik. Bukankah pemimpin biasanya menjadi tokoh sentral untuk urusan setuju dan tidak setuju pada sebuah keputusan? Pemimpin juga merupakan patron, dimana apa yang bisanya dianggap baik pemimpin, juga diikuti oleh rakyatnya? Coba angkat jmpol untuk menyatakan rasa setuju, maka keempat  jari yang lain pasti menunduk.

2. JARI TELUNJUK
Jari telunjuk adalah simbol dari ORANG-ORANG KAYA. Sebab budaya orang kaya biasanya menunjuk. Jika butuh apa-apa orang kaya biasanya tinggal tunjuk karena dia punya kekuatan.Bahkan dengan harta yang dia miliki, dia bisa mengatur keputusan pemimpin untuk setuju atau  tidak setuju akan suatu masalah. Ketika sedang menunjuk. ibujari menekan ketiga jari lainnya untuk tunduk.

3. JARI TENGAH
Jari tengah ini adalah simbol ULAMA. Posisinya di tengah merupakan jari yang paling tinggi di antara kelima jari, akan tetapi setiap kali kita akan makan menggunakan tangan, atau mengambil suatu barang,secara anatomis jari tengah akan menarik diri menjadi sejajar dengan empat jari lainnya. Itulah perlambang kebijakan jari tengah, ulama. Jari tengah tidak ke kiri dan tidak ke kanan. Memang begitulah sebaiknya ulama itu di tengah-tengah umat. Itulah lapangan perjuangannya. Di situlah habitatny. Maka jangan coba meninggalkan habitat kalau tidak mau tuntunannya hanya akan jadi tontonan. Kebaradaan ulama di tengah-tengah umat "laksana harimau di tengah hutan". Keduanya saling membutuhkan. Hutan perlu harimau untuk menjaganya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Dan harimau perlu hutan, karena di situlah dia lebih berwibawa.

4. JARI MANIS
Jari manis ini simbol REMAJA. Dimana segala sesuatunya tidak lepas dari unsur "manis". Senyum manis, wajah manis, suara manis, dan segalanya manis. Sekali lagi cobakita lihat, pernah coba mengangkat jari manis? Bisakah dia dengan sempurna berdiri tegak? Ternyata sulit bukan? Itulah ibarat masa remaja. Pada masa itu para remaja merasa sudah bisa mandiri, tidak mau diatur, maunya bebas, lepas tanpa aturan, padahal sesungguhnya dia masih memerlukan topangan dari orang tua, guru dan orang lain.

5. KELINGKING
Kelingking ini jri terkecil dalam susunan lima jari kita. Ini adalah simbol KAUM HAWA.Mohon maaf bukan bermaksud menyinggung, karena ini hanyalah sekedar simbol. Kelingking ini kecil, mungil tapi "Fungsional". Justru karena kecilnya, dia bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh keempat jari yang lain. Biarpun kecil kelingking ini bisa "menangan". Coba kita suit, kelingking bertemu dengan jempol maka yang menang kelingking. Itu juga simbol, bahwa meskipun kecil, tapi kaum hawa bisa merayu para pemimpin yang kebetulan suaminya mungkin untuk menjadi lebih baik., atau juga sebaliknya. Sejarah banyak menceritakan, bahwa puluhan laki-laki perkasa, terjatuh di kaki wanita. Maka sungguh dahsyat peran kaum wanita ini untuk menentukan masa depan peradaban bangsa. Sebagaimana sabda Rosululloh" wanita tiang negara, kalau baik kaum wanita, maka mulyalah negara. Kalau rusak kaum wanita, maka hancurlah negara. 

Kalau semua unsur jari ini bisa bersatu, maka pekerjaan apa yang tidak bisa dilaksanakan? Dari sekedar bersalaman, menulis, menggaruk, membelai, memijit, memukul, mengangkat sesuatu, menggenggam, melempar, semuanya jadi terasa sangat mudah bila kelima jari bersatu. Begitu juga umat ini. Jika kelima unsur di atas bisa saling mengisi dan menjaga. maka tak ada permasalahan umat yang tidak bisa dibereskan.

Penulis: Sutisna
Sumber: rumahzakat.org 
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate