Makanan yang Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan yang Menurunkan Kadar Kolesterol

 Makanan yang Menurunkan Kadar Kolesterol

KOLESTEROL merupakan senyawa kimia yang terdiri atas kombinasi lipid atau lemak, dan steroid. Ada high density lipoprotein (HDL), ada low density lipoprotein (LDL).
HDL merupakan jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh karena bekerja membersihkan dan melancarkan aliran darah. Yang harus kita perangi adalah LDL, kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak.
Kadar LDL tinggi jelas menjadi momok. Timbunan kolesterol jahat meningkatkan risiko gangguan kesehatan jantung dan rentan memicu stroke. Selain melakukan tes darah secara berkala, perangi kolesterol jahat dengan konsumsi makanan tepat. Berikut sejumlah makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
Beberapa makanan lezat berikut telah teruji manfaatnya bagi kesehatan Anda, makanan berikut berkhasiat menurunkan kadar kolesterol. Mungkin Anda dapat mencobanya sebagai makanan sehat pendamping olahraga rutin Anda.
Jeruk. Jeruk mengandung zat yang disebut dengan pektin. Sama seperti jenis serat larut lainnya, pektin dapat membentuk massa yang melekat pada perut dan menahan kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh sebelum diserap ke dalam aliran darah. Selain memiliki kandungan serat, juga terdapat vitamin C, folat dan potassium.
Oat. Sangat kaya akan serat larut. Oat dapat dijadikan sarapan dan ditambah dengan buah-buahan untuk menambah cita rasa agar tidak hambar, misalnya potongan pisang atau apel. Dapat pula dihancurkan (dijadikan tepung), untuk mengganti tepung biasa, misalnya untuk membuat pancake atau muffin.
Ikan sardin. Memiliki sangat banyak kandungan omega 3, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan bertindak sebagai anti peradangan. Selain ikan sardin, ikan tuna dan salmon juga kaya akan omega 3. Hindari mengolah ikan dengan menggorengnya. Disarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan tersebut setiap minggunya.
Kacang pistachio. Sebuah studi menyatakan, mengonsumsi satu sampai dua genggam kacang pistachio sehari, selama empat minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang ini juga kaya akan lemak tak jenuh, serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan, juga baik untuk menggantikan protein hewani, yang umumnya mengandung lemak jahat. Pastikan kacang camilan Anda tidak diberikan bumbu tambahan (baik gula maupun garam).
Kacang-kacangan. Selain jenis kacang pistachio, kacang kenari, almond dan sejenisnya (termasuk kacang tanah) juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. kandungan omega-3 didalamnya juga bisa membantu memperbaiki kerusakan arteri yang disebabkan oleh penumpukkan lemak.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate