Pengertian Model Pembelajaran Guided Teaching Pembelajaran Guided Teaching adalah pembelajaran yang diawali dengan
beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa. Guru menggunakan
pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban. Pertanyaan
ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman atau kemampuan siswa, kemudian
guru membuat hipotesa atau kesimpulan dan membuat beberapa kategori.
Dengan demikian Model pembelajaran Guided Teaching merupakan rangkaian
penyampaian materi ajar yang diawali dari suatu pertanyaan yang dijadikan dasar
menyampaikan materi berikutnya.
Langkah-langkah
Pembelajaran Guided Teaching
1. Sampaikan
beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pikiran atau kemampuan yang
dimiliki oleh siswa. Gunakan pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa
kemungkinan jawaban.
2. Berikan waktu beberapa
menit kepada siswa untuk menjawab pertanyaan. Anjurkan kepada mereka untuk
bekerja berdua atau dalam kelompok kecil.
3. Mintalah siswa utnuk
menyampaikan hasil jawaban mereka dan catat jawaban-jawaban yang mereka
sampaikan. Jika memungkinkan tulis dipapan tulis dengan mengelompokkan jawaban
amereka dalam kategori yang nantinya akan anda sampaikan dalam pembelajaran.
4. Sampaikan poin-poin
utama dari materianda dengan ceramah yang interaktif.
5. Mintalah kepada siswa
untuk membandingkan jawaban mereka dengan poin-poin yangtelah anda sampaikan.
Catat poin-poin yang dapat memperlua s bahasan materi anda.
6. Buatlah kesimpulan
dari kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
7. Penutup.
Kelebihan Model Pembelajaran Guided Teaching
1. Dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa sebab pembelajaran diawali dengan beberapa pertanyaan.
2. Melatih siswa berfikir
untuk menjawab pertanyaan secara benar.
3.Dapat meningkatkan
kerjasama siswa, karena dalam belajar dibentuk kelompok-kelompok kecil.
Kekurangan Model Pembelajaran Guided Teaching
- Kadang-kadang terjadi kelarutan dalam pertanyaan sehingga materi yang akan diajarkan kurang tersampaik dengan baik.
- Lebih mengutamakan pembandingan dari materi daripada penyampaian pesan
materi yang akan disampaikan.
Demikian pembahasan pembelajaran model Guided
Teaching, mudah-mudahan dapat diterapkan di kelas bapak/ibu guru untuk
lebih mengaktifkan kegiatan pembelajaran. Semoga bermanfaat.
Sumber :
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
0 komentar:
Posting Komentar