Siapkan Pensiun Sejak Sekarang

Siapkan Pensiun Sejak Sekarang

Makin cepat Anda menyiapkan akan lebih baik.

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi 
 

Berapa usia Anda sekarang? 20an tahun atau 30an? Di usia ini banyak laki-laki disibukkan dengan berbagai kebutuhan, seperti kredit mobil, kredit rumah dan berbagai kebutuhan lainnya. Hingga banyak dari mereka yang lupa menyisihkan pendapatan untuk hari tua.
Padahal hari tua adalah keniscayaan yang tak bisa kita hindari. Dan semakin bertambah usia, seseorang akan makin menyadari pentingnya menabung untuk hari tua. Dan tak ada gunanya untuk terus menunda-nunda, semakin cepat Anda merencanakannya maka akan lebih baik.
Untuk mengetahui berapa uang yang dibutuhkan untuk hari tua, tergantung pada tiga hal yakni kapan Anda akan pensiun, berapa kira-kira usia yang Anda harapkan dan perkiraan besaran biaya hidup.
Mari kita bahas poin pertama, usia saat pensiun. Banyak orang berharap sudah bisa pensiun di usia 55 tahun, tetapi pada kenyataannya rata-rata orang benar-benar pensiun di usia 65 tahun. Jadi akan lebih tepat jika usia pensiun diperkirakan pada umur 60-an.
Jika saat ini anda berumur 30-awal, maka masih ada waktu sekitar 30 tahun untuk menyiapkan diri. Tapi jika di umur 60 tahun Anda merasa belum cukup memiliki tabungan untuk pensiun, Anda masih memiliki tenggang waktu lima tahun untuk benar-benar pensiun.
Berapa lama kehidupan setelah pensiun juga menentukan jumlah uang yang harus Anda sisihkan. Jangan pernah mengabaikan hal yang satu ini, jika tak ingin masa tua Anda dalam kondisi kesulitan. Jika Anda memperkirakan bakal bertahan hingga umur 90tahun misalnya, maka Anda harus punya simpanan yang aman hingga 30 tahun.
Yang terakhir adalah perkiraan biaya hidup sesuai standart yang sudah Anda tetapkn. Biaya hidup ini termasuk asuransi kesehatan, biaya kebutuhan sehari-hari, pengeluaran tak terduga dan biaya sosial lainnya. Untuk itung-itungannya, simak artikel selanjutnya.
Sumber: suara.com
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate