Lelaki Berjenggot Lebih Menarik

Lelaki Berjenggot Lebih Menarik

Daya tarik seseorang juga ditentukan oleh penampilan orang lain

Lelaki berjenggot (Shutterstock).
Lelaki berjenggot 
 
 Lelaki berjenggot dan berkumis – singkatnya yang punya banyak bulu di wajah – ternyata dinilai lebih menarik ketimbang mereka yang berwajah mulus, demikian hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biology Letters, Selasa (15/4/2014).
Tetapi, isi penelitian itu lebih lanjut, menjelaskan bahwa daya tarik dari lelaki berjenggot lebih disebabkan karena populasi lelaki berwajah mulus lebih banyak dan lebih mudah dijumpai di mana-mana.
“Manusia cenderung melihat daya tarik seseorang bukan hanya berdasar pada penampilannya saja, tetapi juga berdasarkan penampilan orang lain,” jelas para peneliti.
Penelitian itu sendiri dilakukan secara online dan melibatkan sekelompok perempuan hetereoseksual, biseksual, dan lelaki heteroseksual. Mereka diminta melihat foto-foto lelaki ketika wajahnya masih mulus, lima hari tanpa bercukur, 10 hari setelahnya, dan empat pekan tanpa bercukur.
Setelah itu para sukarelawan dalam riset itu dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diminta hanya melihat foto lelaki dengan wajah mulus. Kelompok kedua melihat foto dengan wajah yang penuh bulu (empat pekan tidak bercukur). Kelompok ketiga melihat foto dari wajah lelaki tersebut saat masih mulus hingga mulai berbulu lebat.
Tidak berhenti sampai di situ. Para sukarelawan lalu diminta melihat sejumlah foto dari lelaki yang berbulu dan mulus. Mereka lalu diminta untuk menilai, mana wajah yang paling menarik.
Hasilnya semua sukarealawan dari ketiga kelompok itu menilai bahwa lelaki dengan wajah berbulu, baik lebat maupun tipis, lebih menarik dari lelaki berwajah mulus. Bahkan menurut mereka, lelaki dengan jenggot lebat adalah yang paling menarik.
Uniknya kelompok yang paling menyukai lelaki dengan wajah berbulu lebat adalah mereka yang dalam eksperimen kedua hanya melihat foto wajah mulus.
Para ilmuwan berkesimpulan bahwa wajah penuh bulu hanya populer ketika gaya semacam itu unik atau jarang ditemui dalam masyarakat umum. (LiveScience)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate