Mengenal 8 Jenis Kecerdasan pada Anak

Mengenal 8 Jenis Kecerdasan pada Anak
 
Ilustrasi
 
Setiap anak dilahirkan dengan potensi unik yang, jika diasah dengan tepat, anak akan tumbuh menjadi orang yang bermanfaat di masa depan. Tantangan terbesar bagi para orangtua adalah melatih anak untuk mengeksplorasi potensi mereka dan menyingkirkan kendala yang menghadang.
Pada awal dekade 1980-an, Dr Howard Gardner, profesor di Harvard University, meneliti mengenai multiple intelligence (ragam kecerdasan). Dr Howard percaya bahwa setiap anak sebenarnya memiliki 8 jenis kecerdasan dengan kadar yang berbeda-beda.
Berikut penjelasan dari 8 kecerdasan pada anak:

Word smart      : pandai mengolah kata dan kemampuan linguistik yang cermat
Picture smart   : pandai mengolah persepsi dari apa yang terlihat dan yang bergerak
Music smart     : kecerdasan dan kepekaan dalam hal musik
Body smart       : jenis kecerdasan pada keterampilan olah tubuh
Logic smart      : pandai dalam bidang sains dan matematika
People smart    : kecerdasan dalam memahami pikiran dan perasaan orang lain
Self smart        : kepekaan dalam mengenali emosi diri sendiri
Nature smart    : kepekaan dalam mengamati fenomena alam dan lingkungan sekitar


Masing-masing kecerdasan ini tumbuh dan berkembang pada diri anak dalam kualitas dan kuantitas yang berbeda. Maka dari itu, orangtua harus selalu membimbing dan memandu anak dalam fase tumbuh kembang supaya dapat mengamati dengan cermat apa yang menjadi minat anak berdasarkan 8 kecerdasan tersebut.

Ketika kecerdasan spesifik mulai tampak, sebaiknya orangtua segera memetakannya dalam diri anak dan membantu mengeksplorasi seakurat mungkin. Tujuannya, untuk disesuaikan dengan gaya pengajaran dan metode pengasuhan anak di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan lingkungan sosial.

Sumber :
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate