Belajar membimbing Anak Diusia Dini

Belajar membimbing Anak Diusia Dini:

Menurut Anda Apakah Pembelajaran Anak Diusia Dini Sangat Penting Untuk Perkembangannya dibawah ini kami akan jelaskan sedikit tentang cara mendidik atau mengajar anak diusia dini…..

1.    Orang Tua Sebagai Teman

Hampir semua anak-anak ingin bermain dengan teman sebayanya karna menurut mereka temannya lah yang dapat mengerti apa yang dia inginkan untuk itu orang tua harus selalu dekat bersama anak sejak dini. Orang Tua Yang Menjadi teman untuk sang anak sangat mempengaruhi cara pemikiran anak, bila anak salah tegur dengan cara yang halus dan beri peringatan atau jawaban kenapa itu salah. Perlakukan anak sebagai teman, sehingga anak tidak merasa terkekang. Tetapi beri batasan antara orang tua dan anak. Kalau sebagai teman anak akan lebih terbuka kepada orang tua karna dia akan berfikir bahwa dengan menceritakan masalahnya kepada orang tua maka masalahnya itu akan diterselesaikan dengan mudah maka anak akan merasa nyaman berada disamping kedua orang tuanya.

2.    Mendengarkan Cerita

Kadang orang tua merasa resah jika anak sering bertanya keapada mereka..!Belajar membimbing Anak Diusia seorang anak yang masih belia seorang anak mempunyai rasa ingin tahu tentang keadaan sekitarnya begitu besar disinilah orang tua dituntut selalu setia mendengarkan dan menjelaskan kepada anak tentang semua pertanyaan yang anak tanyakan Bila sedang jalan jalan kesuatu tempat, biarkan dia bertanya bercerita sehingga membuat anak mengetahui dunia luar dan bimbing dengan baik. Berikan jawaban atas pertanyaan yang dia berikan dengan benar. Dengarkan cerita apa yang anak lihat, kalau bisa suruh menulis pengalaman apa yang anak lihat ketika jalan jalan tadi

3.    Bertanggung Jawab

Sebaiknya orang tua harus lebih memberikan penjelasan tentang pentingnya bertanggung jawab dimana seorang anak dapat senantiasa menyelesaikan pekerjaan apa yang di berikan oleh kedua orang tuanya Bila usia dini anak sangat mudah di bentuk dan di pengaruhi, bila anak melakukan kesalahan, beri teguran yang manis dan beri tanggung jawab atas apa yang dia lakukan. Karena dengan begitu nanti kalau dewasa anak akan mengerti tanggung jawab apa yang harus dia lakukan sebagai anak.

4.    Agama

Agama Adalah Hal yang paling terpenting untuk diajarkan kepada anak… ! Sebaiknya kedua orang tua dapat memberikan contoh kepada anak tentang beribadah kepada tuhan, selalu menceritakan tentang kisah seorang hamba ALLAH yang patut untuk dicontoh, menjelaskan larangan-larangan serta kewajiban  yang terdapat dalam agama, karena bisa mempengaruhi moral pada anak, bila salah kita mengasuh anak hasilnya akan fatal. Dengan pendidikan agama yang kita berikan anak akan lebih tahu mana yang salah dan benar. Caranya bisa dengan belajar mengaji sejak dini

5.    Sopan Santun

Anak di usia yang belia sangat gampang untuk meniru seseorang apabila anak menjadikan orang tua atau orang disekitar dia sebagai patokan maka anak dapat dengan mudah mengikuti apa yang orang tersebut lakukan. Untuk orang tua dapat mengajarkan anak tentang sopan santun dan saling hormat menghormati kepada orang lain. Atau orang yang lebih tua. Sebaiknya ajarkan anak dengan perilaku serta menjelaskannya tentang perilaku tersebut maka anak secara otomatis akan paham dengan apa yang dilakukan oleh orang orang disekitarnya
Anak masih kecil itu masih lucu dan imut, dan itu membuat banyak orang suka, kadang memberikan hadiah untuk si anak. Ajarkan untuk selalu berterima kasih atas apa yang diberikan orang lain dan ajarkan bagaimana menghargai orang lain dengan benar.

Yang Harus Diketahui  Orang Tua Dalam Mendidik Anak

1.    Memperlihatkan Contoh yang tidak baik kepada anak
2.    Terlalu banyak meminta kepada anak
3.    Tidak memberikan penjelasan kepada anak
4.    Tidak mau mendengarkan cerita dari anak
5.    Tidak mau menerima pendapat dari anak


Sampai Disini Dulu Ya…. Penjelasan Tentang Cara Mengajarkan Anak yang baik
Terima Kasih Atas Kunjungannya…………
Referensi :
http://edukasi.kompasiana.com/
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate