TREN PRESIDEN BERKICAU: Sebelum SBY, 5 Pemimpin Ini Sudah Punya Twitter

TREN PRESIDEN BERKICAU: Sebelum SBY, 5 Pemimpin Ini Sudah Punya Twitter:
Marissa Saraswati


Ilustrasi/Twitter
KABAR24.COM, JAKARTA—Ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pertama kali membuka akun Twitter pada Sabtu (13/4), kehebohan pun terjadi. Hanya dalam waktu kurang dari 2 hari yaitu hingga Senin (15/4) pagi pengikut akun @SBYudhoyono pun membludak hingga 680.000 follower.
Tapi, sebelum Presiden SBY mulai membuka akun Twitter, sudah banyak pemimpin negara lain yang memanfaatkan media sosial ini sebagai ajang pencitraan atau sebagai alat mendekatkan diri dengan rakyatnya.
Ini 5 pemimpin negara di seluruh dunia yang telah berkicau sebelum Presiden SBY.
1. Barack Obama, Presiden Amerika Serikat (@BarackObama)
Jumlah follower: 29 juta (per 15 April 2013)
Sebagai salah satu pemimpin negara terbesar di dunia, akun Twitter milik Obama tentunya menarik banyak perhatian. Namun, ternyata Obama membuka akun Twitter-nya ini pertama kali pada 5 Maret 2007 sebelum dia terpilih menjadi presiden pada 2008. Pada 2011, akun Twitter-nya adalah akun ketiga yang mencapai angka 10 juta pengikut. Obama memakai akun ini untuk mempromosikan kebijakannya dan membantunya dalam kampanye pemilihan presiden 2012 hingga dia terpilih kembali.
2. David Cameron, Perdana Menteri Inggris (@David_Cameron)
Jumlah follower: 283.000 (per 15 April 2013)
PM Inggris yang baru-baru ini tampil dalam video klip kelompok musik One Direction, membuka akun Twitter pada Oktober 2012. Pada awal membuka akun ini, Cameron berjanji dia tidak akan mengganggu pengikutnya dengan terlalu banyak tweet. Akunnya ini digunakan untuk melaporkan kegiatannya sebagai perdana menteri sekaligus juga membuat beberapa pengumuman resmi. Salah satu hal terakhir yang diumumkan via Twitter adalah pemakaman mantan Perdana Menteri Margaret Thatcher.
3. Park Geun Hye, Presiden Korea Selatan (@GH_Park)
Jumlah follower: 305.000 (per 15 April 2013)
Meskipun baru aktif sebagai Presiden Korsel pada pertengahan Desember 2012, Park Geun Hye sudah aktif mengkampanyekan programnya di akun Twitter-nya @GH_Park. Meski tampak tidak terorganisir seperti akun pemimpin lainnya, akun Park mendapatkan 300.000 pengikut.
4. Mohammad Najib Tun Razak, Perdana Menteri Malaysia (@NajibRazak)
Jumlah follower: 1,4 juta (per 15 April 2013)
PM negara tetangga ini punya follower yang cukup banyak hingga melebihi angka 1 juta sejak mulai membuka akunnya pada September 2008. Seperti pemimpin negara lain, akun Twitternya ini dipakai untuk melaporkan kegiatannya dan mendekatkan diri dengan masyarakat. Status Twitter-nya baru-baru ini memuji pasukan Malaysia yang bertugas di Sabah. Bahasa yang digunakan dalam akun ini pun dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Melayu.
5. Julia Gillard, Perdana Menteri Australia (@JuliaGillard)
Jumlah follower: 368.000 (per 15 April 2013)
PM Julia Gillard mulai membuka akun Twitter pada 2010. Akunnya ini digunakan tidak hanya melaporkan kegiatannya sebagai PM tapi juga mengkampanyekan kebijakan. Sayangnya, Gillard jarang sekali menulis status Twitternya sendiri. Tim media sosialnya yang lebih sering menulis status Twitter-nya sehingga menimbulkan kesan kurang pribadi.(Kabar24/Wikipedia/Twitter/Guardian/ms)

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate