4 Tips Atasi Anak Yang Senang Pilih-pilih Makanan

4 Tips Atasi Anak Yang Senang Pilih-pilih Makanan:
Afifah Shaba


Ilustrasi/examiner.com
KABAR24.COM, JAKARTA—Anak-anak membutuhkan banyak makanan sehat untuk membantu mereka tumbuh. Namun, tidak semua anak mau makan apa yang orang tua berikan.
Pada anak picky eater atau yang suka pilih-pilih, mereka akan sangat selektif dengan apa yang ingin mereka makan. Biasanya mereka akan memilih makanan yang cenderung tidak sehat dan hanya terasa enak untuk mereka.
Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini ada 4 tips menangani anak yang picky eater:
1. Berikan pilihan
Cobalah untuk mengatur makanan mereka dengan memberikan beberapa pilihan makanan sehat untuk mereka. Paling tidak berikan mereka 3 pilihan makanan berat dan 2 camilan sehat. Pastikan juga untuk mengatur waktu mereka makan. Berikan pilihan makanan tersebut ketika mereka lapar saja. Karena anak yang picky eater akan cenderung makan terus menerus dalam jumlah yang sedikit.
2. Buat pengalaman baik
Coba pahami makanan apa saja yang pernah memiliki pengalaman buruk untuk mereka. Anak akan cenderung mengingat makanan yang pernah memberikan pengalaman buruk bagi mereka. Maka, makanan itu tidak akan mau mereka pilih lagi. Pilihlah makanan yang Anda pikir akan memberikan dampak positif untuk mereka ingat.
3. Biarkan anak membuat makanannya sendiri
Sediakan beberapa bahan makanan untuk anak Anda agar mereka bisa membuat masakan mereka sendiri. Sebelumnya ajarkan terlebih dahulu apa kegunaan sendok, garpu dan perkenalkan juga macam-macam bahan makanan tersebut. Lalu, biarkan mereka mengkreasikan bahan makan tersebut sesuai dengan yang mereka inginkan. Tentunya anda harus tetap membantu mereka. Pastikan makanan yang mereka buat adalah makanan yang sehat dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.
4. Undang temannya makan
Undanglah beberapa teman anak Anda untuk makan bersama dengan anak Anda. Kencenderungan anak untuk mencontoh apa yang temannya lakukan cukup besar. Apalagi kalau temannya termasuk anak yang gemar makan. Itu akan membantu mempengaruhi anak Anda untuk ikut makan bersama dengan temannya. Tentunya jangan lupa untuk menyediakan makanan sehat untuk mereka. (Kabar24/askdrsear/babycenter/as)

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate