5 Cara Jauhkan Rasa Khawatir Agar Hidup Lebih Nyaman

5 Cara Jauhkan Rasa Khawatir Agar Hidup Lebih Nyaman:
Andhina Wulandari


Ilustrasi/HuffPost
KABAR24.COM, JAKARTA–Hidup bebas dari rasa cemas dan khawatir sepertinya menjadi impian semua orang. Tapi hidup begitu kompleks, di mana Anda dihadapkan pada beragam masalah yang mau tak mau membuat Anda khawatir.
Namun setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjauhkan rasa khawatir.
Jangan cemaskan masa lalu, Anda tak bisa mengubahnya
Banyak dari orang yang pernah mengalami masa lalu yang buruk, tapi jangan sampai hal itu merusak masa depan Anda. Terimalah bahwa masa lalu tidak bisa Anda ubah, jadi ketimbang mencemaskannya lebih baik Anda menikmati masa sekarang yang tengah dijalani. Jika Anda pernah berbuat kesalahan di masa lalu, maka ingatkan diri Anda untuk tidak mengulanginya lagi di masa depan supaya tidak ada lagi penyesalan.
Jangan khawatir soal masa depan, Anda tak bisa meramalkannya
Mengkhawatirkan mengenai masa depan juga sebenarnya tidak berguna, karena Anda pun tidak tahu apa yang akan terjadi besok, minggu depan, atau tahun depan. Anda harus membuat perbedaan antara merencanakan masa depan dengan mengkhawatirkannya.
Hentikan menumpuk rasa khawatir
Kunci dari menghentikan rasa khawatir adalah tahu kapan untuk menghilangkannya begitu rasa tersebut mulai menumpuk. Ketika Anda menumpuk sebuah masalah atau kekhawatiran, maka Anda secara tak langsung membangun ‘bom’ yang bisa meledak kapan saja.
Abaikan pikiran “Kalau saja..”
Pikiran-pikiran yang dimulai dengan kata “Kalau saja..” biasanya hanya akan membuat Anda khawatir tanpa alasan yang jelas. Sebaiknya hindari pemikiran seperti itu, karena sebenarnya tidak ada yang tahu apa yang terjadi kalau saja Anda melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu, sampai akhirnya hal itu benar-benar terjadi.
Tentukan waktu khusus
Memang rasanya hampir tidak mungkin untuk tidak merasa khawatir, karena itu cobalah untuk menyediakan waktu khusus untuk merasa khawatir. Tapi batasi waktu tersebut, misalnya hanya selama 30 menit, setelah itu Anda harus menghapus kekhawatiran dan pikirkan hal-hal positif. (Magforwomen/Kabar24/aw)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate