5 Keunggulan Dalam Merakit PC Sendiri

5 Keunggulan Dalam Merakit PC Sendiri: Tanggal 27 Februari kemarin saya kerumah Pak wawan untuk memperbaiki PC saya yang rusak, sambil menunggu dan melihat cara Pak Wawan memperbaikinya. Saya sempat tanya - tanya soal bagaimana dan apa saja manfaat merakit PC sendiri.

Dan ini hasil rangkuman dari pembicaraan saya dan Pak Wawan tentang merakit PC Sendiri.

Teryata Lebih Murah!
Pada umumnya, jika kita membeli komputer dan PC sendiri dalam satu paket akan lebih mahal daripada dengan biaya membangun PC sendiri, ini dikarenakan kita tidak menyewa para ahli IT untuk merakit. Dan apalagi dengan harga PC yang bermerek, maka harganya akan jatuh lebih mahal, ini dikarenakan pihak penjual PC  tentu merogek kocek tambahan untuk membayar garansi, dukungan teknis dan beberapa biaya marketing tentunya.
Dan kabar gembiranya!  dari beberapa pengamat bahwa kita bisa berhemat harga sampai 65% - 80%.

Lebih Banyak Pilihannya.
Ketika kita membeli paket PC belum tentu bisa memenuhi kebutuhan kita, dan tidak sebebas saat kita merakit PC sendiri. Tingkat kostumisasi yang bisa diakomodasi juga terbatas, misalnya hanya bisa memilih kapasitas harddisk, memory, dan monitor, tetapi yang menentukan tetap dari pihak penjual. Opsi - opsi yang disediakan tergantung kepada yang diberikan oleh penjual.
Jika teman - teman meminta apa yang tidak ada di opsi yang diberikan penjual, maka kemungkinan teman tidak akan mendapatikannya. Contoh: mengganti motherboard, mengganti kipas pendingin, memilih merek VGA, dan sebagainya.
Dan ini berbeda dengan kita merakit PC sendiri, kita dapat memilih apapun dari merek, spesifikasi, hinggan harga komponen. Dan kita bisa bebas menentukan desain PC sendiri. Masalah uang, kita bisa mengeluarkan sesuai kebutuhan PC yang ingin dirakit.

Bebas Memilih Sofware.
Salah satu penghematan sekaligus keuntungan merakit PC sendiri adalah bebas memilih sofware. Komponen - komponen yang dijual di pasar umum adalah komponen yang kompatibel dengan semua software yang ada dipasaran. Berbeda dengan  komponen branded  yang kadang perlu tweak khusus agar bisa bekerja dengan sofware tertentu.
Jika membeli komputer brabded, teman- teman akan diberi bonus beberapa sofware, seperti sistem operasi Windows, Office, dan sofaware lainnya. Dan itupun teman bisa membeli sofware yang sesuai kebutuhan secara terpisah.

Garansi Lebih Terjamin.
Jika teman - teman merakit PC sendiri, maka komponen yang dipilih teman pasti komponen tang ada di pasar bebas. Komponen yang tersedia di pasar bebas akan lebih baik garansinya dibandingkan komponen OEM yang biasa digunakan oleh pabrikan PC besar.

Dengan demikian, jika komponen tertentu yang digunakan rusak, maka komponen tersebut mudah diklaim garansinya dibandingkan komponen OEM.
Dan pastikan teman - teman bisa menyimpan bukti pembelian komponen tersebut, ini untuk memberikan bukti bahwa teman pernah membeli komponen di toko tersebut.

Lebih Mengenal PC.
Jika teman - teman membeli komputer secara paket, maka yang teman lakukan hanyalah membuka bungkusnya, menancapkan kabel, dan kemudian mengopersikannnya.
Pengenalan mendalam terjadi ketika teman merakit PC sendiri dari awal, yang memungkinkan teman dapat mengetahui dan mengenal komputer sendiri secara detail, mulai dari harddisk, memory, sampai sekrup - sekrup yang digunakan selama perakitan. Dengan demikian, maka teman - teman akan lebih mudah memperbaikinya jika terjadi kerusakan atau masalah tertentu pada komputernya.
Selain itu bisa memberikan kemudahan dalam upgrade karena mengetahui dengan baik setiap detail spesifikasi ketika membuatnya pertama kali itu. Lebih dari itu, penyesuaian penggunaaan komponen akan lebih mudah dilakukan karena wawasan teman - teman semakin luas mengenali dan mengikuti perkembangan yang terjadi.

sumber: Pak Wawan IT - Denpasar



-->
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate