OBESITAS: Akses Makanan Sehat Kurangi Risiko Kegemukan

OBESITAS: Akses Makanan Sehat Kurangi Risiko Kegemukan:
Nancy Junita



Ilustrasi/anisarahayublogspot.com

KABAR24.COM, JAKARTA— Berat badan berlebih atau obesitas  ternyata juga dipengaruhi lingkungan untuk bisa mengakses makanan sehat.
Seperti dilansir  medindia.net, Kamis (6/6), penelitian selama 5 tahun membuktikan orang yang tinggal di lingkungan yang memiliki banyak makanan sehat cenderung tidak obesitas dibanding dengan orang yang tinggal dengan kondisi pilihan makanan sehat yang terbatas.
Penelitian memperlihatkan bahwa orang lebih sehat, dan tidak obesitas cenderung tinggal di lingkungan yang mudah mengakses pasar yang menyediakan makanan segar.
Menurut asisten profesor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Drexel University, Amy Auchincloss, pihaknya menyeleksi partisipan yang tak obesitas, kemudian mencatat siapa partisipan yang menjadi obesitas selama penelitian.
Selama 5 tahun dicatat faktor lingkungan apa saja yang mempengaruhi seseorang menjadi obesitas, termasuk lingkungan di sekitar tempat tinggal partisipan.
Penelitian dilakukan Auchincloss bersama rekannya dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan, Universitas California Berkeley, dan Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, dan Gramercy Research Group.
Peneliti menganalisis data kesehatan dari 4.008 orangtua dari 6 kota di Amerika Serikat, dan diikuti selama 5 tahun, sebagai bagian dari penelitian atheroskleorisi yang bersifat multietnis.
Selama 5 tahun, 406 partisipan menjadi obesitas. Ternyata, penelitian memperlihatkan lingkungan makanan sehat  ada hubungannya dengan rendahnya kasus obesitas.
Faktor ini telah mempertimbangkan faktor kelamin, usia, penghasilan dan kekayaan, pendidikan, etnis, merokok, diet, aktivitas fisik, juga lingkungan yang mendukun jalan kaki.
Kemampuan berjalan kaki ini juga terkait dengan rendahnya kasus obesitas, namun hal ini tak terlepas dari lingkungan makanan yang sehat.
“Lingkungan makanan sehat dan kemampuan berjalan kaku kerap berkorelasi di perkotaan. Ini yang membikin sulit menentukan efek faktor independen,” ujar Auchincloss.
Peneliti merekomendasikan bahwa pada lingkungan yang sehat lebih mudah menata gaya hidup sehat. Bisa dikatakan lingkungan sehat ini menjadi pra-kondisi untuk mendorong perilaku hidup sehat. (Kabar24/nj)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate