Tips Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Mengelupas

Tips Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Mengelupas:
Duniatips.web.id,-Memiliki rambut berminyak tentu merupakan tantangan tersendiri sebab perawatannya jauh lebih rumit ketimbang jenis rambut lainnya. Rambut berminyak mengacu pada kondisi dimana kulit kepala memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebih. Minyak ini kemudian membuat rambut terlihat lepek dan tidak menarik. Selain membuat rambut terlihat kusam, minyak yang berlebih juga membuat kotoran dan mikroba mudah menempel pada rambut.  Jika dibiarkan, maka mikroba tersebut akan membuat rambut Anda berketombe dan rapuh. Kulit kepala berminyak memang menyusahkan, tapi siapa bilang tak bisa diatasi? berikut Pembahasan Tips Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Mengelupas.

Penyebab Kulit Kepala Mengelupas

Sama seperti kulit tubuh, kulit kepala juga mempunyai siklus tertentu dimana terjadi pelepasan sel kulit yang telah mati dan digantikan sel kulit yang lebih baru. Pada kepala, sel kulit yang telah mati akan menumpuk dan meluruh. Hal ini normal dan biasanya berlangsung sebulan sekali bagi orang yang tidakberketombe. Namun bagi mereka yang berketombe, siklus mengelupasnya kulit mati akan terjadi kira-kira setiap seminggu sampai dua minggu sekali. Pada kepala berketombe, pengelupasan ini biasanya disertai rasa gatal.


Dari Mana Asal Minyak Di Kepala?

Bagi sebagian orang, kulit kepala yang mengelupas adalah hal yang sangat mengganggu aktifitas. Terlebih jika disertai dengan rasa gatal yang berlarut-larut. Gejala terkelupasnya kulit kepala dan rasa gatal di rambut tersebut boleh jadi disebabkan oleh sejenis jamur yang memang menghuni kepala manusia. Menurut para ahli, pengelupasan kulit di kepala adalah hal yang bersifat alamiah jika jumlahnya masih dalam batasan yang wajar. Namun apabila kulit kepala mengelupas secara berlebihan, Anda patut untuk waspada.

Aktifitas Jamur Di Kepala

Kulit kepala mengelupas secara berlebihan boleh jadi merupakan gejala yang menunjuk pada apa yang disebut ketombe. Ketombe sendiri bisa menjadi bagian dari gejala penyakit seperti infeksi jamur, serborrhoeic dermatitis, psoriasis atau bahkan kutu rambut. Biasanya kepala yang diserang ketombe akan terasa gatal. Rasa gatal ini menunjukkan adanya aktifitas jamur yang berlebih di kepala Anda. Dan jika digaruk berlebihan, akan memicu resiko infeksi oleh bakteri staphylococcus aureus  serta streptococcus yang bisa menyebabkan kulit kepala luka dan bernanah.

Pengobatan Kulit Kepala Yang Mengelupas

Apabila pengelupasan di kulit kepala Anda masih tergolong normal, Anda tentu tak memerlukan langkah pengobatan. Namun sebagian orang merasa minder dengan hadirnya penampakan kulit kepala yang mengelupas. Terlebih jika Anda menggunakan pakaian berwarna gelap. Jika Anda merasa terganggu dengan kondisi ini, maka sebaiknya Anda melakukan keramas yang lebih teratur. Sebab dengan mencuci rambut secara tidak langsung Anda ikut mencegah kulit mati di kepala menumpuk dan membentuk lapisan berwarna putih (untuk kondisi tetentu, berwarna abu-abu)  yang tebal.

Jika kulit kepala mengelupas karena adanya aktifitas jamur, maka langkah sederhana dan paling awal yang bisa Anda lakukan adalah mengganti jenis shampoo anda menjadi shampoo anti-ketombe. Umumnya, penderita ketombe akan segera sembuh hanya dengan shampoo yang mudah dijumpai di pasaran. Namun pada kondisi spesifik, Anda juga bisa mengganti jenis shampoo dan beralih ke shampoo jenis herbal yang lebih sedikit mengandung bahan kimia. Kadang-kadang bahan kimia justru merupakan pemicu munculnya ketombe.  Jika Anda telah melakukan banyak cara namun belum ada perubahan pada kondisi kulit kepala Anda,maka  ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Demikianlah Tips Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Mengelupas. mudahan artikelnya bermanfaat. salam hangat dari duniatips.web.id
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate