Uji Penyakit Kanker Prostat Melalui Jari Telunjuk

Uji Penyakit Kanker Prostat Melalui Jari Telunjuk:
Ada satu hal yang mungkin akan mengejutkan Anda, terutama pria, di mana jari telunjuk ANda bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah Anda berisiko terkena kanker prostat. Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di dalam British Journal of Cancer, sudah membuktikan  bahwa panjang jari telunjut, bisa menunjukan risiko terkena penyakit prostat.
Penelitian ini dilakukan di Ingrris, tepatnya di Universitas Warwick (UW), Coventry dengan melibatkan 1500 pasien kanker prostat dan 3000 pria sehat selama 15 tahun dari 1994-2009. Ternyata, pasien yang terkena penyakit kanker prostas, rata-rata memiliki jari telunjuk yang lebih pendek dari jari manis.
Dari dua penelitian yang telah dilakukan, didapatkan sebuah kesimpulan dimana, pria yang memiliki jari telunjuk lebih panjang daripada jari manis, memiliki 33% kemungkinan berisiko terkena kanker prostat. Sedangkan pada pria yang memiliki jari telunjuk lebih pendek dari jari manis, kemungkinan untuk menderita penyakit kanker prostat jauh lebih tinggi lagi.

Faktor Hormonal Semasa Dalam Kandungan Mempengaruhi Risiko Penyakit Kanker Prostat

Pada dasarnya, ukuran jari manusia, sudah terbentuk sejak bayi dalam kandungan. Ada beberapa factor yang akan mempengaruhi ukuran jari ini, salah satunya hormon. Hormon ini akan mempengaruhi kerja dua buah gen, yaitu HOXA dan HOXD, yang berperan dalam mengendalikan panjang jari dan dalam mengendalikan fungsi seks seseorang.
Kadar hormon testoteron yang rendah, biasanya akan menghasilkan jari telunjuk yang lebih panjang dibanding jari manis. Kondisi ini menyebabkan penurunan kemungkinan untuk terkena kanker. Dari kesimpulan ini, Prof. Kenneth Muir dari Sekolah Kedokteran Warwick mengatakan bahwa kadar hormon yang mempengaruhi bayi semasa dalam kandungan, akan memiliki pengaruh jangka panjang untuk beberapa puluh tahun kemudian setelah bayi dilahirkan.

Hormon Testoteron Mempengaruhi Risiko Penyakit Kanker Prostat

Dengan munculnya penelitian tersebut, beberapa orang menyebutkan hal ini adalah langkah yang cukup bagus bagi wanita, untuk memilih pria. Dengan melihat jari telunjuknya, makan seseorang bisa mengetahui apakah si pria memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit kanker prostat. Skrining sederhana ini bisa dijadikan salah satu bantuan untuk memprediksi, disamping juga menggunakan skrining keturunah dan genetik.
Salah satu penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins School of Medicine and U.S. National Institute of Aging pada tahun 2004, menunjukkan bahwa, testoteron dapat memicu perkembangan kanker prostat. Eeles dan Muir membuktikan bahwa, pria dengan kadar testoteron yang tinggi dalam darah, memiliki risiko terkena kanker prostat yang lebih besar.
Apabila saat ini Anda tengah melihat keadaan jari telunjuk Anda, dan merasa bahwa jari telunjuk Anda lebih pendek dari jari manis Anda, sebaiknya jangan langsung berprasangka negatif. Walau bagaimanapun, cara ini hanyalah salah satu cara, dan hasilnya tidak boleh dianggap absolut.
Di samping itu, terlepas dari uji jari telunjuk, yang sebaiknya dilakukan pria untuk menjaga dirinya agar terhindar dari penyakit kanker prostat sangat banyak sekali. Salah satunya adalah senantiasa melakukan pemeriksaan ruti, terutama saat usia mendekati 40 tahun. Dengan begita, ketika ada dugaan gejala penyakit kanker prostat, hal itu bisa diatasi sedini mungkin.

The post Uji Penyakit Kanker Prostat Melalui Jari Telunjuk appeared first on Manjur.net |.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate