Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran
langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran
ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa
menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi
pembelajaran induktif (Sanjaya, 2008:127).
2 METODE
Metode merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke
dalam berbagai metode. Metode adalah prosedur pembelajaran yang
difokuskan ke pencapaian tujuan. Teknik dan taktik mengajar merupakan penjabaran
dari metode pembelajaran.
3. TEKNIK
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan
suatu metode. Misalnya, cara yang bagaimana yang harus dilakukan agar metode
ceramah yang dilakukan berjalan efektif dan efisien? Dengan demikian sebelum
seorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi.
4. MODEL
Model
pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir
yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran
terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan
teknik pembelajaran.Nah, berikut ini ulasan singkat tentang perbedaan istilah
tersebut.
5. STRATEGI
Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan
yang didisain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (J.R. David dalam
Sanjaya, 2008:126). Selanjutnya dijelaskan strategi pembelajaran adalah
suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (Kemp dalam Sanjaya,
2008:126). Istilah strategi sering digunakan dalam banyak konteks dengan
makna yang selalu sama. Dalam konteks pengajaran strategi bisa diartikan
sebagai suatu pola umum tindakan guru-peserta didik dalam manifestasi aktivitas
pengajaran (Ahmad Rohani, 2004 : 32). Sementara itu, Joyce dan Weil lebih
senang memakai istilah model-model mengajar daripada menggunakan strategi
pengajaran (Joyce dan Weil dalam Rohani, 2004:33.
Nana Sudjana
menjelaskan bahwa strategi mengajar (pengajaran) adalah “taktik” yang digunakan
guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar (pengajaran) agar dapat
mempengaruhi para siswa (peserta didik) mencapai tujuan pengajaran secara lebih
efektif dan efisien (Nana Sudjana dalam Rohani, 2004:34). Jadi menurut Nana
Sudjana, strategi mengajar/pengajaran ada pada pelaksanaan, sebagai tindakan
nyata atau perbuatan guru itu sendiri pada saat mengajar berdasarkan pada
rambu-rambu dalam satuan pelajaran. Berdasarkan pendapat di atas, dapat
diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran harus mengandung penjelasan
tentang metode/prosedur dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran
berlangsung. Dengan kata lain, strategi pembelajaran mempunyai arti yang lebih
luas daripada metode dan teknik. Artinya, metode/prosedur dan teknik
pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran. Dari metode,
teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif, nyata, dan praktis di kelas
saat pembelajaran berlangsung.
Penulis : Ties Sutisna
0 komentar:
Posting Komentar