6 Faktor Penyebab Susah Konsentrasi Bekerja

6 Faktor Penyebab Susah Konsentrasi Bekerja

Ilustrasi/Onecentatatime
Ilustrasi

Menjadi profesional di tempat kerja tentunya membutuhkan konsentrasi tinggi. Namun ada beberapa faktor yang dapat mempersulit konsentrasi, berikut ini beberapa di antaranya.
1. Lingkungan
Lingkungan dapat mempengaruhi kemampuan dalam berkonsentrasi. Faktor lingkungan yang mempengaruhi konsentrasi belajar adalah suara, pencahayaan, temperatur, dan desain tempat bekerja, seperti kursi, meja, serta letak komputer.
2. Suara
Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap suara, ada yang menyukai bekerja sambil mendengarkan musik, bekerja di tempat ramai, atau justru menyukai bekerja di tempat tenang tanpa suara. Anda harus bisa mengenali, tipe pekerja seperti apakah Anda dan pililh tempat yang sesuai.
3. Pencahayaan
Pencahayaan merupakan salah satu faktor yang pengaruhnya kurang begitu dirasakan dibandingkan pengaruh suara. Tapi pencahayaan juga menjadi faktor kenyamanan visual yang bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan bekerja.
4. Temperatur
Temperatur sama seperti faktor pencahayaan, merupakan faktor yang pengaruhnya kurang begitu dirasakan dibandingkan pengaruh suara, tetapi menjadi faktor yang mempengaruhi konsentrasi bekerja seseorang.
5. Sarana bekerja
Sarana bekerja misalnya tempat duduk, meja, komputer, dan lain sebagainya. Ada orang yang lebih mudah bekerja di depan komputer, namun ada pula orang yang lebih senang bekerja di sofa atau di atas karpet, tempat yang lebih santai dan tidak formal. Hal tersebut sering diaplikasikan di perusahaan bidang kreatif, seperti agensi periklanan, yang membahas ide-ide kreatif di tempat yang santai.
6. Psikologi
Faktor psikologi juga dapat mempengaruhi bagaimana sikap dan perilaku seorang pekerja dalam berkonsentrasi. Misalnya, karena adanya masalah dalam lingkungan sekitar dan keluarga, hal ini tentunya akan mempengaruhi psikologi mereka. Akhirnya, mereka pun kehilangan semangat dan motivasi bekerja, karena konsentrasinya turun. 

Sumber:Kabar24.com

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate