6 Faktor Penyebab Susah Konsentrasi Bekerja
Menjadi profesional di tempat kerja tentunya membutuhkan
konsentrasi tinggi. Namun ada beberapa faktor yang dapat mempersulit
konsentrasi, berikut ini beberapa di antaranya.
1. Lingkungan
Lingkungan
dapat mempengaruhi kemampuan dalam berkonsentrasi. Faktor lingkungan
yang mempengaruhi konsentrasi belajar adalah suara, pencahayaan,
temperatur, dan desain tempat bekerja, seperti kursi, meja, serta letak
komputer.
2. Suara
Setiap orang memiliki
reaksi yang berbeda terhadap suara, ada yang menyukai bekerja sambil
mendengarkan musik, bekerja di tempat ramai, atau justru menyukai
bekerja di tempat tenang tanpa suara. Anda harus bisa mengenali, tipe
pekerja seperti apakah Anda dan pililh tempat yang sesuai.
3. Pencahayaan
Pencahayaan
merupakan salah satu faktor yang pengaruhnya kurang begitu dirasakan
dibandingkan pengaruh suara. Tapi pencahayaan juga menjadi faktor
kenyamanan visual yang bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan bekerja.
4. Temperatur
Temperatur
sama seperti faktor pencahayaan, merupakan faktor yang pengaruhnya
kurang begitu dirasakan dibandingkan pengaruh suara, tetapi menjadi
faktor yang mempengaruhi konsentrasi bekerja seseorang.
5. Sarana bekerja
Sarana
bekerja misalnya tempat duduk, meja, komputer, dan lain sebagainya. Ada
orang yang lebih mudah bekerja di depan komputer, namun ada pula orang
yang lebih senang bekerja di sofa atau di atas karpet, tempat yang lebih
santai dan tidak formal. Hal tersebut sering diaplikasikan di
perusahaan bidang kreatif, seperti agensi periklanan, yang membahas
ide-ide kreatif di tempat yang santai.
6. Psikologi
Faktor
psikologi juga dapat mempengaruhi bagaimana sikap dan perilaku seorang
pekerja dalam berkonsentrasi. Misalnya, karena adanya masalah dalam
lingkungan sekitar dan keluarga, hal ini tentunya akan mempengaruhi
psikologi mereka. Akhirnya, mereka pun kehilangan semangat dan motivasi
bekerja, karena konsentrasinya turun.
Sumber:Kabar24.com
0 komentar:
Posting Komentar