TIPS BERPUASA SEHAT UNTUK PENDERITA MAAG

Tips Berpuasa Sehat Untuk Penderita Maag
 
Penderita sakit maag/bloatingtips.co.uk
Penyakit lambung atau maag bukan penyakit mematikan, namun jangan dianggap remeh, terlebih di bulan puasa. Penderita maag patut memperhatikan tips agar bisa berpuasa dengan sehat.
 Selama berpuasa, semua faktor pemicu maag, seperti makan tak teratur, makanan yang tak sehat, merokok, atau stres akan terkontrol dengan baik, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat.
Ada 2 jenis sakit maag, yaitu maag organik dan maag fungsional. Maag organik biasanya yang sudah ekstrim, bila penderita muntah darah, akibat kerusakan parah pada lambung.
“Jika dalam keadaan seperti itu, sebaiknya penderita membatalkan puasanya dan segera mendatangi dokter,” kata Ari Fahrial Syam, Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB Papdi) di Jakarta, Rabu (10/7).
Dijelaskan, penyebab terjadinya maag organik adalah karena seseorang sering makan makanan pedas, yang membuat lambung terluka.
“Selain itu juga karena minum obat atau jamu-jamuan rematik. Maag organik ini bisa berdampak pada kematian jika sudah fatal,” ungkapnya.
Ari menuturkan penyakit lambung merupakan hal yang tidak dapat dianggap remeh. Masyarakat perlu tahu lebih jauh tentang cara mengatasinya.
Dia menuturkan pencetus maag fungsional akibat tidak teraturnya makan, dan juga sering dipicu oleh stres, rokok, salah makan, dan mengonsumsi cemilan berlemak.
Berikut tips bagi penderita maag yang menjalankan ibadah puasa:
1.Tetap menjaga pola makan yang sehat.
2.Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.
3.Hindari makanan berlemak.
4.Ketika sahur dan berbuka sebaiknya minum teh manis, dan kurma sebagai pengganti gula.
5.Sehabis berbuka lambung kosong. Jadi jangan terlalu dipaksakan makan-makanan yang keras, pedas, dan berlemak.
6.Jangan menerapkan budaya balas dendam selama berpuasa, dengan memakan apa saja secara berlebihan. Ketika puasa, penderit penyakit maag harus tetap makan sahur dan berbuka secara teratur.
7.Minum obat bagi yang berpenyakit kronis, dan tetap melakukan salat Taraweh.
8.Mengonsumsi air yang cukup sebelum dan sesudah sahur.
9.Tidur dengan waktu yang cukup.

 (Sumber: Kabar24)













SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate