PENGEMBANGAN DIRI

Pengertian Mindset
pengertian mindsetPengertian Mindset
Ketika masih muda, saya menginginkan seorang jodoh yang mirip pangeran. Sangat tampan, sangat sukses. Seseorang yang sangat penting. Saya menginginkan karier yang cemerlang, tanpa ada kesulitan atau risiko. Dan, saya menginginkan semuanya datang pada saya sebagai pengesahan atas siapa saya sebenamya. Perlu waktu bertahun- tahun sebelum akhimya saya merasa puas. Saya mendapatkan suami yang hebat, tapi saat itu ia baru saja bekerja. Saya memiliki karier yang cemerlang, tetapi inilah yang selalu menjadi tantangan.
Tidak ada yang mudah. Jadi, mengapa saya merasa puas? Saya ubah mindset saya. Saya mengubahnya karena pekerjaan. Suatu hari mahasiswa doktoral saya, Mariana, dan saya sendiri berusaha memahami mengapa sebagian mahasiswa demikian terobsesi untuk membuktikan kemampuan mereka, sementara sebagian yang lain menjalani hidup dan belajar apa adanya. Tiba-tiba kami sadar bahwa ada kemampuan tetap (fixed ability) yang harus dibuktikan, dan kemampuan bisa diubah (changeable ability) yang dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran.
Itulah yang akhimya melahirkan mindset. Saya segera mengetahui mindset macam apa yang saya miliki. Saya menyadari mengapa selama ini saya begitu prihatin dengan kesalahan dan kegagalan. Dan, untuk pertamakalinya saya sadar bahwa saya punya pilihan. Ketika Anda memasuki mindset tertentu, berarti Anda memasuki sebuah dunia baru. Di dunia yang satu duniayang terdiri dari sifat-sifat tetap kesuksesan berarti membuktikan bahwa Anda cerdas atau berbakat. Mengabsahkan diri Anda.
Di dunia yang lain dunia yang terdiri dari kualitas-kualitas yang senantiasa berubah kesuksesan berarti mengembangkan diri Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru. Mengembangkan diri Anda. Di dunia yang satu, kegagalan berarti kemunduran. Mendapatkan nilai jelek, kalah dalam pertandingan, dipecat, atau ditolak. Artinya, Anda tidak cerdas atau berbakat. Di dunia yang lain, kegagalan berarti tidak berkembang. Tidak meraih hal-hal yang Anda hargai. Artinya, Anda tidak memenuhi potensi Anda. Di dunia yang satu, usaha merupakan hal buruk.
Usaha, seperti halnya kegagalan, berarti Anda tidak cerdas atau berbakat. Jika Anda memang cerdas dan berbakat, Anda tidak membutuhkan usaha. Di dunia yang lain, usaha adalah sesuatu yang membuat Anda cerdas atau berbakat. Anda punya pilihan. Mindset hanyalah kepercayaan. Mindset adalah kepercayaan yang kuat, tetapi mindset itu ada dalam kesadaran Anda, dan Anda dapat mengubahnya. Saat Anda membaca artikel ini, pikirkanlah kemana Anda ingin berjalan dan mindset manakah yang akan mengantar Anda ke sana. Semoga artikel mengenai pengertian mindset diatas bermanfaat.

Baca juga artikel terkait ini

  • Prioritas
    Apa yang Menjadi Prioritas Anda? Jika Anda harus memilih, mana yang akan Anda ambil? Segudang kesuksesan dan pengakuan atau berbagai macam tantangan? Tak hanya menyangkut tugas-tugas intelektual ma...
  • Jangan Berhenti
    Jangan berhenti. Bukan karena berhenti akan menghambat laju kemajuan anda. Namun sesungguhnya alam mengajarkan bahwa anda tak akan pernah bisa berhenti. Meski anda berdiam diri di situ, bumi tet...
  • Tips Percaya Diri
    Tips Percaya Diri - Percaya diri sangat dibutuhkan bila kita ingin melakukan sesuatu hal. Percaya diri adalah berbuat dengan penuh keyakinan atau percaya. Rasa percaya diri adalah kekuataan yang ...
  • Respon Yang Benar
    F.B. Mayer asal Inggris pernah memberikan sebuah ilustrasi tentang proses yang menghasilkan kualitas, seperti berikut : Sepotong besi seharga $2.50, kalau ditempa menjadi tapal kuda akan menja...
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate