Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21
Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan
Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui
penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan
pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan
kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi
pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi
pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar
abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus
dilakukan.
Sedang gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013 yang terintegrasi
sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang tentu
untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung
kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang mengedepankan
pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan
mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas
peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk
bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya,
pada pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang
berubah? Empat standar dalam kurikulum meliputi standar kompetensi
lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan berubah sebagaimana
ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.
Perubahan yang Diharapkan
Pengembangan kurikulum 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap
beberapa permasalahan yang melekat pada kurikulum 2006, bertujuan juga
untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam
melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan
(mempresentasikan), apa yang di peroleh atau diketahui setelah siswa
menerima materi pembelajaran.
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi
sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih baik. Mereka akan
lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada lima
entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan,
manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum,
yang diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggambarkan perubahan
yang diharapkan pada masing-masing enitas.
0 komentar:
Posting Komentar