Saat ini banyak pekerja yang memanfaatkan waktu malam hari atau akhir pekan untuk melanjutkan kuliah.
Namun
bagaimana caranya agar dua kegiatan itu bisa berjalan beriringan, di
tengah kesibukan kerja dan banyaknya tugas kuliah? Semua itu tentunya
bisa dilakukan dengan disiplin dan komitmen dari diri sendiri.
Berikut ini beberapa tips mengatur waktu saat bekerja sambil kuliah.
Dengan mengerjakan dua hal sekaligus, yaitu bekerja dan kuliah, Anda kerap lupa
akan tenggat waktu. Karena itu buatlah jadwal tenggat waktu, satu untuk
pekerjaan dan satu lagi untuk tugas-tugas kuliah. Jangan sampai
pekerjaan Anda berantakan, karena selalu melupakan tenggat waktu atau
deadline.
2. Jangan berlebihan
Perhatikan
waktu bekerja Anda sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil mata
kuliah tertentu. Jika semester ini Anda akan disibukkan dengan sejumlah
proyek penting, maka sebaiknya Anda membatasi mata kuliah yang Anda
ambil. Jangan lupa juga untuk berkoordinasi dengan atasan, sehingga dia
tidak membebani dengan lebih banyak pekerjaan dibanding biasanya.
3. Selipkan waktu belajar
Saat
pekerjaan tidak sibuk, selipkan waktu untuk belajar, terutama jika Anda
akan menghadapi ujian. Anda bisa menggunakan waktu 30 menit di
sela-sela makan siang atau usai jam kerja sambil menunggu kemacetan
lewat. Intinya, Anda harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan
jangan biarkan waktu terbuang percuma.
4. Kerjakan makalah sedikit-sedikit
Tugas
makalah sudah menjadi tugas yang biasa diberikan dosen saat kuliah.
Agar bisa diselesaikan dengan baik, hindari mengerjakannya terburu-buru.
Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit setiap hari, agar Anda tidak
terburu-buru dan bisa mengecek kembali pekerjaan sebelum akhirnya
dikumpulkan.
5. Minta dukungan atasan
Jangan
diam saja saat Anda akan mengambil kuliah di sela pekerjaan. Anda juga
harus menginformasikan pada atasan. Dengan begitu, dia akan memahami
jika Anda terpaksa pulang tepat waktu dan tidak bisa lembur karena harus
kuliah di malam harinya.
6. Temukan keseimbangan
Ada
kalanya Anda harus berkorban, misalnya membawa pekerjaan di rumah atau
bekerja di akhir pekan, karena mengganti jam kerja yang Anda ambil untuk
kuliah. Tapi tentunya Anda harus menemukan keseimbangan dan jangan
sampai melupakan salah satu dari dua tanggung jawab itu.
7. Manfaatkan teknologi
Jangan
hanya menjadikan ponsel atau tablet Anda sebagai alat untuk bermain.
Coba manfaatkan teknologi untuk membantu pekerjaan Anda lebih
terorganisir. Anda bisa memasukkan jadwal kuliah, daftar tugas yang
harus dikerjakan, bahkan memasukkan file buku-buku pelajaran ke dalam
gadget sehingga Anda bisa belajar dengan lebih mudah.
Sumber: (Careerealism/Kabar24.com)
0 komentar:
Posting Komentar