Menangis, sering dilakukan seseorang untuk mengungkapkan emosi mereka. Baik saat sedih ataupun bahagia. Ada orang yang menganggap menangis menandakan kelemahan, tapi senyatanya ada banyak manfaat air mata, baik secara spiritual, psikologis maupun fisik.
Jadi menangislah jika memang merasa perlu melakukannya, asal tidak berlebihan. Mungkin banyak orang malu menangis di depan umum, tetapi setelah menangis Anda akan menyadari manfaatnya. Jadi jangan ragu untuk menangis setiap kali merasakan dorongan untuk melakukannya.
Dan berikut sederet manfaat air mata dan menangis bagi tubuh dan jiwa seseorang.
1. Melindungi mata dari obyek yang membahayakan
Saat kemasukan benda asing, seperti asap, debu dan sebagainya, mata akan secara refleks mengeluarkan air mata. Itu juga yang terjadi ketika kita mengupas atau mengiris bawang merah. Proses alami untuk melindungi kornea dari kemungkinan terluka akibat benda-benda asing itu.

2. Lubrikasi
Air mata juga menjaga bola mata dan kelopak mata tetap lembab. Hal ini meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko penyakit mata dan pandangan mata yang buruk. Mata yang kering bisa mengakibatkan resiko nyeri mata, sehingga membatasi gerakan bola mata yang buntutnya penglihatan juga berkurang. Air mata juga mengandung lisozim yang berfungsi mematikan bakteri dan virus di mata.

3. Sarana melepas ketegangan dan stres
Air mata juga melepaskan racun dan hormon yang terakumulasi ketika seseorang sedang stres. Beberapa hormon itu seperti prolaktin, leusin-enkefalin dan adrenocorticotrophic hormone (ACTH ), berkolaborasi dengan organisme penyebab penyakit tekanan darah tinggi, jantung dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas. Menangis dapat meredakan efek merugikan dari ketidakseimbangan kimia dan hormon yang timbul akibat stres. Menangis juga merangsang produksi endorfin yang bersifat menenangkan.

4. Mengangkat mood
Menangis adalah cara yang berkaitan dengan kesedihan, frustrasi dan kecemasan. Menangis memunculkan perasaan pembersihan emosional. Bahkan, setelah menangis sepuasnya seseorang merasa lebih dekat pada penyembuhan spiritual. Ini karena menangis menurunkan tingkat mangan dalam tubuh, yang bisa menimbulkan perasaan cemas, gelisah, lekas marah dan gangguan emosional lainnya. Ketika orang-orang terlalu bahagia, menangis membawa mereka ke sebuah ketenangan.

5. Membangun solidaritas
Seseorang yang menangis di depan umum adalah seperti lilin dalam cahaya redup. Sementara dia mendapat penyembuhan emosional dan fisik, masyarakat juga bersimpati padanya dan menciptakan ikatan sosial yang sulit untuk dirusak.

Sumber: suara.com