Balap mobil Formula 1 (F1) punya keunikan dengan segala ketegangan yang berlangsung di lintasan. Sehubungan dengan itu, sirkuit sendiri memegang peranan penting di setiap balapan, karena memiliki ciri dan karakternya masing-masing.
Dalam melihat sirkuit F1 terbaik, ada beberapa faktor yang dipertimbangkan, seperti keberadaan sirkuit, lingkungan sekitar sirkuit, hingga kota terdekat. Berikut daftar lima sirkuit F1 terbaik, seperti dikutip dari laman The Richest:
5. Silverstone (Northamptonshire/Buckinghamshire; GP Inggris)
Sirkuit: Royal Automobile Club mengubah jalur penerbangan Silverstone, sebuah stasiun pengeboman, menjadi lokasi ajang GP Inggris pada tahun 1948 lalu. Silverstone pun menjadi lokasi pertama kalinya ajang balap F1 diadakan pada tahun 1950 lalu, dan kini telah mendapat tempat khusus di tengah masyarakat Inggris Raya.
Lokasi: Sirkuit ini terletak di batas Northamptonshire dan Buckinghamshire, serta menjadi sirkuit utama balap F1 GP Inggris. Grand Prix ini sendiri merupakan bagian penting dalam daftar agenda F1, dan Silverstone memberikan kualitas yang dibutuhkan.
4. Circuit de Spa-Francorchamps (Stavelot, Belgia)
Sirkuit: Sirkuit cantik ini berada di sepanjang wilayah pedesaan Belgia, serta terus-menerus mengalami perbaikan. Namun perbaikan tersebut masih mempertahankan keindahan alam dan sudut-sudut kotanya.
Lokasi: Sirkuit ini terletak di pedesaan Belgia yang cantik, Stavelot. Desa ini sudah mengalami pengembangan di sekitar Abbey of Stavelot yang memiliki pemandangan luar biasa. Lebih jauh, Stavelot memiliki karnaval tradisional, Laetare des Blancs-Moussis, dengan parade yang meriah.
3. Sircuit Gilles-Villeneuve (Montreal, Kanada)
Pebalap Formula 1 dari tim Red Bull, Daniel Ricciardo, saat menembus garis finis di GP Kanada, (8/6). (Reuters/Chris Wattie)
Pebalap Formula 1 dari tim Red Bull, Daniel Ricciardo, saat menembus garis finis di GP Kanada, (8/6). (Reuters/Chris Wattie)
Sirkuit: Satu-satunya lokasi untuk menggelar GP Kanada sejak tahun 1978, Sirkuit Gilles-Villeneuve adalah juga salah satu sirkuit paling mudah di F1. Sirkuit ini menjadi kesayangan baik warga Kanada maupun pecinta F1, serta memiliki reputasi dalam menggelar perlombaan yang baik.
Lokasi: Sirkuit ini terletak di St Lawrence River di mana sebagian besar warganya berbahasa Perancis. Montreal dikenal juga sebagai kota impian untuk para pecinta arsitektur, karena di sana terdapat lebih dari 50 situs sejarah nasional, melebihi kota mana pun di dunia.
2. Autodromo di Monza (Milan, Italia)
Sirkuit: Tidak ada sirkuit yang memiliki belokan sebanyak sirkuit ini. Sejak 1922, balapan telah dilakukan di Monza. Saat ini, pengemudi bisa mencapai kecepatan hingga 210 mph di Sirkuit Monza.
Lokasi: Autodromo di Monza terletak di utara Milan, berdekatan dengan salah satu kota terindah dan bersejarah di dunia. Sebagai pusat periklanan dan perbankan pada abad pertengahan, Milan adalah kota terbaik di samping juga kota fesyen dan desain pada masa kini.
1. Sirkuit Monaco (Monte Carlo, Monaco)
Sirkuit: Sirkuit jalanan yang berliku sepanjang Monte Carlo, Monaco, membuatnya menjadi yang pertama. Balapan bahkan sudah dilaksanakan di sirkuit ini sejak tahun 1929, ketika William Grover-Williams memenangi perlombaan perdana dengan mengendarai Bugatti.
Lokasi: Monaco atau Monte Carlo khususnya berlokasi di pinggir pantai yang indah di French Riviera. Sirkuit ini tidak jauh dari Riviera, dan tidak ada yang lebih indah dibandingkan pemandangan pelabuhan yang menyapa para pembalap dan penggemarnya.
[The Richest]