Langkah Kecil Untuk Menyelamatkan Bumi

Langkah Kecil Untuk Menyelamatkan Bumi

Meski lebih mahal, alat elektronik hemat energi akhirnya akan lebih ramah dengan isi kantong Anda

Ilustrasi Hari Bumi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi Hari Bumi 
 
Ssst, tahu nggak kalau hari ini, Selasa (22/4/2014)  dunia sedang memeringati Hari Bumi. Sebuah gerakan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan sekaligus untuk menghambat laju perubahan iklim.
Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk membantu menyelamatkan bumi? Mungkin kita tak harus seperti aktivis Green Peace, melakukan aksi nekat menolak pembangkit nuklir atau perkebunan sawit. Ada banyak langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu menyelamatkan planet tempat tinggal kita ini.
Salah satunya adalah menghemat pemakaian listrik, dan ini bisa Anda lakukan sejak dari rumah. Dan sebenarnya dengan menghemat listrik, juga membuat tagihan listrik lebih ramah dengan kantong Anda loh.  Berikut tips untuk menghemat energi di rumah, sebagaimana disarankan Koordinator Kampanye Iklim dan Energi, WWF Indonesia, Vererna Puspa Wardani:
1. Matikan lampu dan peralatan elektronik (televisi, komputer, stereo, mesin cuci, oven, hingga video game) bila tidak diperlukan.
2. Jangan meninggalkan alat elektronik dalam keadaan stand-by karena masih mengonsumsi listrik!
3. Memasak air minum? Didihkan sekaligus dalam jumlah banyak, sesuai kebutuhan hari itu. Mau memanaskan air untuk membuat kopi atau teh? Ya, seperlunya saja.
4. Pilih mesin cuci, kulkas, mesin pencuci piring, atau oven yang hemat energi. Harganya mungkin lebih mahal, tapi hanya awalnya saja, kan? Anggap saja investasi, toh Anda tak perlu membayar tagihan mahal lagi.
5. Nyalakan pemanas air listrik untuk mandi beberapa saat sebelum digunakan dan segera matikan bila tidak dipakai lagi.
6. Bersihkan saringan penghisap debu. Saringan yang tersumbat menyebabkan motor bekerja lebih berat sehingga menggunakan lebih banyak listrik.
7. Pasang pemanas tenaga matahari di atap rumah. Jadikan rumah Anda sebagai sumber tenaga!
8. Pilih lampu hemat energi dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memanfaatkan cahaya alami secara optimal.
9. Penggunaan banyak titik lampu dengan daya rendah akan lebih hemat energi dan baik untuk kondisi mata dibandingkan menggunakan 1 titik dengan daya besar.
10. Jangan biarkan keran mengalir terus menerus. Air termasuk sumber daya yang perlu dihemat.
11. Mandi dengan shower? Tidak perlu berlama-lama berdiri di bawahnya ketika air terus mengalir.
12. Bila Anda berpikir untuk pindah rumah, kenapa tidak pilih atau buat rumah yang ramah lingkungan? (suara.com)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate