Mau Bikin Telur Asin, Ini Caranya

Mau Bikin Telur Asin, Ini Caranya

Telur Asin
Telur Asin
Rasanya tak lengkap menikmati sepiring nasi jamblang, nasi lengko ataupun nasi rawon tanpa sebutir telur asin. Paduan keduanya membuat rasa menjadi sempurna.

Telur asin banyak disukai karena rasanya yang nikmat dan merupakan sumber protein yang bagus buat tubuh.  Telur asin yang terkenal berasal dari Brebes, telur asin yang biasa dibeli sebagai oleh- oleh dari daerah ini memiliki keunikan tersendiri dibanding daerah lain.

Banyak penyuka telur asin dari brebes bilang kalau telur asin asli brebes tidak amis, asinnya pas  dan teksturnya masir – seperti berpasir tapi tidak mengumpal. Kuning telurnya pun berwarna kemerahan. Selidik punya selidik, rupanya bau amis dari telur berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh bebek itu sendiri.

Sehingga para pengusaha telur asin lebih suka memilih telur yang berasal dari peternak asal Blitar, Jawa Timur dan Indramayu. Karena umumnya bebek dari daerah tersebut tidak makan ikan, tetapi diberi makan pakan organik dan udang sehingga kuning telurnya berwarna merah bata.

Kenapa disebut telur asin? Telur menjadi asin  karena proses pengawetan dengan cara diasinkan dengan memberinya garam. Lalu disimpan beberapa hari, setelah itu siap untuk dikonsumsi.  Kadar asin yang diinginkan dapat ditentukan sendiri tergantung kepada waktu pengawetan dan jumlah garam yang digunakan.

Telur asin yang kita buat bisa tahan disimpan sampai satu bulan disuhu ruang. Telur yang biasa digunakan untuk membuat telur asin adalah telur bebek, tapi tidak tertutup kemungkinan jika kita menggunakan telur ayam.

Tapi kita sekarang harus waspada, banyak sekali  berita yang mengungkap  tentang telur asin palsu, yang dibuat para pedagang dengan alasan agar mendapatkan harga jual yang lebih murah dan waktu pembuatan yang singkat sehingga mereka berani melakukan hal-hal yang membahayakan.

Semua dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika harga jual dinaikkan mereka khawatir dagangan tidak laku sehingga mereka mengambil jalan pintas .

Mencemaskan bukan? tapi tidak usah terlalu panik telur asin bikinan sendiripun tak kalah enaknya, terjamin kebersihan saat pembuatan dan sehat pastinya . Yuk mari kita coba resep berikut :

Telur Asin

Bahan:

12 btr telur bebek 

500 gr garam kasar

1,5ltr air

Cara membuatnya:
1.       Aduk garam dan air hingga garam larut. Tuang kedalam toples.
2.      Masukkan telur bebek kedalamnya, hingga terendam semua. Tutup.
3.      Diamkan selama 21 (duapuluh satu hari) . Telur siap digunakan.
4.      Kukus, atau rebus selama 30 menit. Angkat, dinginkan

Nah, gampang bukan ….. selamat menikmati . (REPUBLIKA.CO.ID)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate