Belajar Sejarah Melalui Aplikasi Berbasis Android

Belajar Sejarah Melalui Aplikasi Berbasis Android

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember, Senin (10/11/2014) mahasiswa Teknik Informatika UK Petra Surabaya dalam proyek Manajemen Proyek Teknologi Informasi, meluncurkan Aplikasi Pertempuran 10 Nopember 1945 Surabaya Berbasis Android.

Di0bawah bimbingan Andreas Handojo, S.T., M.MT dan Resmana Lim., M.Eng karya yang dikerjakan para mahasiswa selama kurang lebih dua bulan ini merupakan proyek mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, hanya tinggal unduh di handphone Android maka dapat langsung digunakan. Ketika sudah berhasil diunduh, dalam aplikasi ini pengguna akan disapa dengan gambar Bung Tomo sebagai satu diantara ikon revolusioner perlawanan Indonesia.

Pada aplikasi ini terdapat enam menu pilihan yang menarik yaitu History, Gallery, Audio, Video, Games dan Historical Maps. Pada menu History ini para pengguna dapat memilih, membaca dan memainkan game yang tersedia.

Dalam menu ini akan diputar cerita pertempuran yang dibagi ke dalam tiap bagian dan para pengguna dipaksa untuk membaca suatu bagian sampai habis baru bagian yang lain terbuka agar pengguna berminat membaca sejarah pertempuran secara keseluruhan.

Di menu Gallery, para pengguna dapat melihat image atau gambar pertempuran 10 November 1945. Sedangkan untuk menu audio dan video terdapat daftar audio sekaligus video sejarah kepahlawanan.

Para pengguna juga dapat menikmati berbagai games yang berhubungan dengan perjuangan 10 November 1945 mulai dari Hidden Object, Sliding Puzzle, Quiz, Single Shot hingga drag puzzle. Tak kalah lengkapnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas melihat peta lokasi bersejarah yang memanfaatkan fasilitas Google Map dan GPS.

Andreas Handojo, S.T., M.MT pembimbing proyek menyampaikan bahwa pihaknya sengaja memilih menggunakan aplikasi Android dengan mempertimbangkan bahwa hingga hari ini pasar Android semakin besar di Indonesia.

�Sengaja kami gunakan aplikasi Android sebab di pasaran Indonesia pasar Android mulai membesar. Aplikasi ini juga dapat dipakai anak muda yang memang suka gadget belajar sejarah dan kepahlawanan. Aplikasi ini selain dapat digunakan untuk belajar juga dapat bermain,� papar Andreas Handojo pada suarasurabaya.net.(tok/ono/ipg)
 

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate