GEMPA PAPUA: BNPB Terus Lakukan Pantauan dan Pendataan

GEMPA PAPUA: BNPB Terus Lakukan Pantauan dan Pendataan:
Newswire


Ilustrasi-Gempa/Antara
JAKARTA–Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan terus memantau gempa besar 7,2 Skala Richter yang mengguncang Papua, Sabtu (6/4) siang.
“Saat ini BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Papua terus berkoordinasi dengan instansi terkait. BNPB dan BPBD Papua terus melakukan pemantauan dan pendataan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Sabtu.
Dia mengatakan posko BNPB masih terus berkkoordinasi dengan BPBD Papua dan pihaknya juga telah melaporkan bencana ini kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
“Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Papua, pusat gempa terletak di distrik Tayese. Namun, hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan,” kata Sutopo.
Dia menyatakan, Kepala BNPB Syamsul Maarif telah melaporkan gempa di Tolikara itu kepada Presiden dan Wakil Presiden.
Di kota Karubaga yang merupakan ibukota Kabupaten Tolikara, warga memang merasakan gempa, tetapi tidak ada korban jiwa dan kerusakan karena rumah penduduk sebagian besar terbuat dari setengah tembok dan setengah papan, kata Sutopo.
“Gempa itu juga dirasakan di Yapen, Jayapura, dan Timika. Sementara ini tidak ada korban dan kerusakan di daerah tersebut. Selanjutnya, BPBD Papua sedang menunggu laporan dari Kabupaten Mamberamo,” sambungnya.
Sutopo menjelaskan, berdasarkan analisis peta guncangan gempa, guncangan skala kuat dirasakan Tolikara, skala sedang di Mulia, dan skala ringan di Tanah Merah, Sentani, Wamena, Jayapura, dan Sarmi.
“Di daerah Tolikara dan sekitarnya memang bahaya gempa bumi tinggi. Kejadian gempa pernah terjadi di sekitar tempat tersebut, yaitu pada 1926 dengan kekuatan 7,9 SR dan pada 1971 dengan kekuatan 8,1 SR,” ungkapnya. (Antara/aw)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate