6 Faktor Terpenting Dalam Merakit PC

6 Faktor Terpenting Dalam Merakit PC: Ketika kita merakit PC, teman - teman harus mempertimbangkan terlebih dahulu apa yang sebenarnya teman - teman butuhkan atau diharapkan dari PC teman sendiri!

Apakah teman - teman ingin menggunakan PC untuk bermain saja, untuk urusan pekerjaan di kantor, apakah untuk sebagai studio pembuatan gambar 3D untuk teman yang bekerja sebagai Arsitek atau hanya untuk keperluan menunjang untuk pendidikan anak - anak kita.
Banyak sekali yang harus dipertimbangkan dalam rencana perakitan PC, dan berikut 6 Faktor terpenting dalam merakit PC:

Harga
Harga adalah faktor terpenting dalam proses merakit PC, terus kenapa? Karena dengan memiliki uang yang lebih kita bisa membuat PC komputer dengan peforma lebih baik dan bagus dan tentunya sesuai kretia kita masing- masing. Tetapi bagaimana dengan kita yang mempunyai kemampuan uang yang masih kurang, apakah kita harus membuat PC yang biasa saja. Tentu saja tidak!  Teman - teman harus bisa memaksimalkan keuangan yang dimiliki dengan membuat PC komputer dengan kualitas stabil dan handal. Dan berikut beberapa saran untuk mendapatkan PC yang berkualitas:
  1. Gunakan komponen yang berkualitas, ingat tidak harus mahal lo! Tetapi harus handal dalam bekerja. Contoh saja, carilah komponen yang tidak membuat PC cepat panas dan bisa membuat PC lebih stabil.
  2. Pilih motherboard yang menggunkan chipset yang  handal dan cukup terkenal. 
  3. Gunakan power supply yang baik dan menjamin output  daya yang sesuai dengan label yang tercantum.
  4. Menggunakan pendingin yang sungguh bisa mendinginkan dengan optimal.

Ukuran PC
Banyak yang bilang bahwa ukuran PC yang besar akan menyita banyak  tempat dan tidak simpel. Penuturan cantuk.com tidak sependapat dengan peryataan tersebut, coba teman - teman perhatikan jika kita mempunyai PC kecil yang pasti kita tidak bisa leluasa dalam proses upgarading, terlebih lagi kita tidak bisa menambahkan komponen - komponen yang kita inginkan.
Biasanya PC yang kecil membuat mesin itu sendiri cepat panas, ini dikarenakan tempat sirkulasi udara kurang. Selain itu, dalam kemungkinan besar dalam perakitan PC, ada beberapa komponen yang tidak bisa masuk. Ukuran yang kecil juga berarti jumlah kipas yang dipasang akan lebih sedikit. Walaupun PC kecil bisa dibilang cukup simpel dan enak dilihat, cantuk.com kira PC dengan ukuran kecil tersebut bisa dikatakan kurang stabil.

Kemampuan Upgrade
Faktor ini juga berhubungan dengan faktor ukuran PC yang kecil, jika tidak bisa upgarade komputer artinya kita harus menguras lagi uang yang banyak. Zaman sekarang teknologi berkembang lebih cepat, contoh saja ketika kita sekarang membeli  komputer baru pada tahun 2013,  nanti pada tahun 2015 kita harus membeli komputer lagi.
Tetapi  teman - teman jangan khawatir, dengan mempunyai PC yang cukup lapang, kita tidak usah membeli yang baru, cukup upgrade beberapa komponen seperti Harddisk, Memory, dan kartu VGA sudah cukup. Tetapi ingat pastikan slot di Motherboard harus mendukung teknologi yang sekarang. Dan juga lengkapi PC teman - teman dengan power supply yang memiliki tenaga yang cukup bisa mengakomodasi perkembangan komponen dalam kisaran 2 atau 3 tahun mendatang.

Kecepatan Prosesor
Untuk yang satu ini, tergantung dari kebutuhan kita, sesuai yang sudah cantuk.com jelaskan diatas. Apakah komputer akan digunakan untuk kebutuhan belajar, untuk sekedar pekerjaan kantor (misalkan hanya untuk mencatat data - data barang), atau hanya untuk membuat  rencana perakitan mobil? Dilihat dari beberapa kebutuhan berarti kita harus membeli prosesor dengan spesifikasi yang sesuai. Jika kebutuhan kita tidak banyak seperti mengetik dan sekedar main internet, belilah prosesor yang tidak mahal, harganya pun rata - rata Rp.650.000 - Rp.1.500.000. Dan jika kebutuhan lebih berat lagi,  harga bisa lebih dari 1,5 jutaan.

Kualitas Video
Jika kita pertama kali membuka layar monitor komputer, itu berarti peran dari komponen VGA sendiri.  Jadi dalam merakit pc sendiri, misalkan untuk kebutuhan bermain game carilah VGA card yang terpisah dan jangan memilih VGA card onboard. Jika teman - teman ingin menggunakan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8, berarti layar yang akan digunakan harus berkualitas tinggi. Soal harga, bisa dikatakan sesuai kualitas dan kebutuhan kita sendiri, ya semakin tinggi bisa semakin mahal.

sumber: Pak Iwan - IT Denpasar

-->
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate