Tidur Dalam Keadaan Gelap Mencegah Kanker

Tidur Dalam Keadaan Gelap Mencegah Kanker:
Percayakah Anda, manfaat tidur dalam keadaan gelap jauh lebih besar daripada keadaan terang? Jika Anda menyukai tidur malam dalam keadaan lampu menyala, maka sebaiknya Anda mrubah kebiasaan Anda. Menurut banyak penelitian, tidur dalam keadaan gelap akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Hubungan tidur dalam keadaan gelap ini terkait dengan produksihormon melatonin.
Hormon melatonin, biasa diproduksi oleh tubuh, dan dipergunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut beberapa peneliti, produksi melatonin berbanding terbalik dengan keadaan yang terekspos dengan cahaya. Hal ini menegaskan bahwa, ketika Anda tidur dalam keadaan gelap, maka produksi hormone melatonin akan meningkat.
Sebaliknya ketika seseorang tidur dalam keadaan terang, terjadi penurunan yang drastic pada kadar melatonin dalam tubuh. Penurunan kadar melatonin ini, juga akan berpengaruh pada system immune manusia. Karena hubungan yang kuat antara melatonin dan cahaya, maka melatonin selalu identic dengan hormone kegelapan.

Tidur Dalam Keadaan Gelap Membantu Mencegah Kanker

Seorang peneliti dari Jepang yang tergabung dalam Ohsaki Cohort Study membuat sebuah kesimpulan bahwa, ketika seseorang tidur dalam keadaan gelap, semakin lama durasi tidur, maka peningkatan hormone melatonin semakin tinggi. Keadaan ini kemudian bias menciptakan kekebalan tubuh yang lebih baik, sehingga dapat membantu mencegahterjadinya kanker prostat.
Pada sebanyak 23,995 wanita dan 22,320 pria berumur antara 40 hingga 70 tahun, eksperimen ini mengidentifikasi adanya asosiasi terbalik antara kasus kanker dengan melatonin yang dikeluarkan  ke dalam aliran darah. Pada kedua eksperimen tersebut, para peserta penelitian yang tidur lebih lama mengalami penurunan risiko kanker. Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Jurnal Kanker Inggris menyimpulkan bahwa kekurangan melatonin akan meningkatkan pertumbuhan sel kanker. Melatonin yang diberikan pada sel-sel tersebut akan menghambat pertumbuhan tumor.
Bukan hanya terkait dengan melatonin, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Haifa Israel, cahaya malam juga memiliki pengaruh yang tidak baik  bagi kesehataan. Eksposur cahaya malam akan mempengaruhi siklus biologis manusia. Karena itu, Badan Riset Kanker International  tidak menayarankan adanya pegawai yang bekerja malam hari, karena berisiko mengalami kanker lebih besar.

Kembali Ke Kebiasaan Lama

Memang, selayaknya kita berterimakasih kepada Thomas Alpha Edison yang telah menemukan lampu, sehingga saat ini kita bisa beraktivitas sampai malam hari, namun setiakan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dalam keadaan yang lebih rileks, yaitu dengan tidur dalam keadaan gelap di malam hari. Bahkan, ada baiknya kita kembali ke kebiasaan orang dahulu, yang ternyata memiliki risiko untuk terkena kanker lebih sedikit.
Tidur dalam keadaan gelap akan membantu otak menjadi lebih rileks, bahkan beberapa penelitian juga menyebutkan tidur dalam keadaan gelap akan membantu untuk mencerdaskan otak bagi anak-anak. Selain menghemat energy, kebiasaan ini ternyata sangat menguntungkan. Apa salahnya jika kita ubah kebiasaan kita?
The post Tidur Dalam Keadaan Gelap Mencegah Kanker appeared first on Manjur.net |.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate