Miss Indonesia Universe 2005, Artika Sari Devi

Miss Indonesia Universe 2005, Artika Sari Devi
ARTIKA SARI DEVI
MEMBURU GELAR MISS UNIVERSE 2005
Wajah khas Indonesia yang dimiliki Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004 memberikan pemandangan berbeda dalam kontes kecantikan Miss Universe 2005 yang di adakan di Negara Gajah Putih, Thailand. Wanita asal bangka belitung berkesempatan menjadi wakil Indonesia dalam ajang tahunan ini. Suatu kompetisi yang takkan terlupakan oleh Artika Sari Devi, suatu kebanggaan bagi Tika dapat mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Keberhasilannya nenembus babak 15 besar, tidak menyurutkan protes atas keberangkatannya mengikuti ajang tersebut, bahkan menjelang melam final Artika mendapatkan kejuatan dari seseorang yang tak bertanggung jawab.

artika_sari


Berburu Baju


Keberangkatan Artika Sari Devi mengikuti pemilihan ratu sejagat belum menemukan kepastian apakah wanita manis asal Bangka belitung itu jadi berlaga di Miss Universe 2005 yang diadakan di Thailand, berbagai persiapan belum terlaksana dengan matang baik persiapan fisik ataupun barang-barang yang akan dibawa Artika selama tiga minggu masa karantina. Keberangkatan Artika dalam ajang Miss Universe di Thailand memang sedah direncanakan sebulan sebelum keberangkatannya tetapi keputusan apakah wanita kelahiran pangkal pinang ini positif akan berjuang dalam kontes kecantikan tersebut belum diketahui.


Empat hari sebelum keberangkatannya Artika mendapat jawaban atas keputusan tersebut dibuat dan ia positif berangkat dalam kontes kecantikan dunia tersebut. Meski keputusan telah dibuat, wanita cantik ini belum mempunyai persiapan konkret seperti berbagai pakaian yang akan ia bawa. Berbagai kesibukan dilakukan Artika dan ibunya dalam mempersiapkan keberangkatnya, mulai dari mencari sponsor, bolak-balik Jakarta-bandung, fitting baju dan ke dokter gigi dilakukan Tika selama empat hari menjelang keberangkatannya.

artika_sari_devi-24


Bersama YPI, Artika menghubungi sejumlah perancang untuk dimintai menjadi sponsor, seperti Anne Avantie, Kanaya Tabitha, Misan Kopaka untuk urusan baju yang akan dibawa Tika. Setelah itu, Tika harus mendatangi mereka untuk melakukan fitting dan memilih pakaian. Keesokan harinya Artika harus pergi ke bandung untuk menemui Misan Kopaka untuk melakukan fitting, setelah sampai tempat Artika harus menunggu beberapa jam untuk dapat bertemu Misan karena ia tidak ada di rumah. Pukul 12 malam, mereka bias bertemu dengan Misan dam melakukan fitting baju.


Minggu pagi Tika dan ibunya masih harus pergi ke mal untuk mencari pakaian casual yang akan Tika bawa dan mencari setelan warna putih sesuai permintaan panitia Miss Universe. Selesai belanja Tika dan ibunya harus berpisah untuk melakukan keperluan di tempat yang berbeda, Artika harus fitting baju dan ibunya pergi mengambil koper di rumah Mooryati Soedibyo. Dihari terakhir menjelang keberangkatannya, wanita manis ini tetap disibukan mencari pakaian dan siangnya harus menemui dokter gigi untuk melepas kawat gigi sekalian melakukan pemutihan. Tanggal 10 mei Artika bertolak ke Bangkok, tempat kontes Miss Universe diselenggarakan.



Bali


Artika tidak mau mensia-siakan kesempatan yang ia punya untuk mempromosikan budaya Indonesia dalam perhelatan internasional, dalam salah satu kompetisi yang menjadi satu penilaian kontes Miss Universe tersebut. Artika mengangkat kebudayaan bali dalan kompetisi nasional kostum berupa sebuah kebaya karya Anne Avantie, selain itu dalam kompetisi tersebut Tika (sapaan Artika) mempertuntukan kemampuannya menari kan tarian tradisional bali bernama Taruna Jaya di depan juri. Pemilihan kebudayaan bali sebagai andalan Artika dalam mempromosikan Indonesia, selama ini masyarakat luar negeri lebih mengenal bali dari pada Indonesia.

artika_sari_devi-252


Meskipun gagal memperoleh juara penampilan Tika dalam nasional kostum memberikan pemandangan baru dalam Miss Universe. Kebaya modifikasi warna merah merah maroon ini mencuri perhatian perhatian para juri dan kontestan, bahkan busana tersebut membuat cemburu kontestan lain. Layaknya orang bali penampilan Artika saat itu juga didukung dengan aksesoris berupa bunga kamboja yang terbuat dari silk sutra.

artika_sari_devi-33


Miss Hot Tea


Kecantikan dan keramahan Artika memberinya banyak julukan dari sesame kontestan miss universe 2005. Dengan mengenakan kebaya dalam berbagai kegiatan karantina Miss Universe, Artika mencuri perhatian para kontestan. Keanggunan Tika mengenakan kebaya membuat julukan princess pun melekat pada diri Tika. Melalui kebaya karya Anne Avantie, Tika memperkenalkan keberagaman dan keindahan budaya Indonesia dimata internasional.


Selain dipanggil princess oleh sesama kontestan Artika juga menyabet predikat Miss Congeniality dan Miss Hot Tea saat pemeran Sinta dalam film opera jawa ini dengan senang hati membuatkan teh panas untuk finalis lainnya saat menjadi perwakilan wilayah dalam suatu kunjungan di Thailand, Artika dikenal sangat ramah oleh sesama finalis lainnya.

artika_sari_devi-246



Berbagai pendapat mengenai Artika dilontarkan oleh para finalis Miss Universe 2005 dan para juri jiga menyukai penampilan Artika,sepertihannya Miss Poerto Rico, Cyntia Olavarria yang menyebut Artika sebagai boneka Pualam dengan rambut indah. Selain itu Miss Germany memberikan pendapat mengenai kecantikan Artika, ia berpendapat bahwa kecantika Artika mempunyai kelas tersendiri dan enak dipandang.


Sementara di tanah air sendiri, keberangkatan Tika dalam kontes tersebut disambut dengan pro dan kontra dari berbagai lembaga yang mempersoalkan pengenaan pakaian renang yang dikenakan Artika tidak mencerminkan kebudayaan Indonesia dan menggangap kontes kecantikan tersebut menurunkan harkat dan martabat wanita Indonesia meskipun dengan tujaun memperkenalkan Indonesia di mata dunia.

artika_sari_devi-187



Terbaik Dari Asia


Meskipun gagal membawa gelar Miss Universe 2005, wanita cantik yang menjadi wakil wilayah bangka belitung saat mengikuti Pemilihan Puteri Indonesia 2004 ini tidak pernah menyesalinya. Ia mengaku cukup bangga dengan hasil yang ia dapat karena mampu menembus 15 besar Miss Universe dan Artika adalah satu-satunya wakil dari Asia yang mampu menembus babak grand final.


Antara percaya dan tidak, itu yang dirasakan wanita kelahiran pangkal pinang saat nama Indonesia dipanggil dalam jajaran 15 besar. Tika tetap berdiri di tempatnya selama beberapa detik sampai Miss Kroasia, Jelena Glisik yang berdiri disebelahnya mengingatkan. Artika melangkah dengan mantap menuju deretan teman-temannya yang masuk dalam jajaran 15 besar grand final, meskipun kecantikan Artika di puji-puji namun diantara jajaran 15 besar tersebut Artika merupakan finalis yang paling imut.


Glam Rock


Gaun yang dikenakan Artika saat malam final ini, disebut-sebut sebagai penyebab kegagalan Tika masuk babak selanjutnya. Menurutnya gaun bertema glam rock ini bukanlah menjadi penyebab gagalnya menembus babak selanjutnya.


Artika menyatakan bahwa gaun karya Kanaya Tabhika ini mencuru perhatian para juri dan panitia Miss universe 2005 memberikan penghargaan gaun terbaik untuk karya kanaya ini.

artika_sari_devi-244


Sebagai perancang busana malam Artika ini, Kanaya bangga terhadap hasil yang telah diperoleh Tika dalam kontes yang diselenggarakan di Thailand ini.


Foto Bugil


Bila di Bangkok, Thailand nama Artika mendapat pujian atas prestasinya, berbanding terbalik dengan di Indonesia sendiri. Penentangan terhatap keberangkatan Artika Sari Devi menjadi wakil Indonesia dalam ajang kontes kecantikan dunia, Miss Unverse 2005 terus berguir. Belum selesai masalah mengenai kontroversi keberangkatannya, wanita berparas ayu ini kembali mendapat cobaan, sebuah foto telanjang beredar luas di dunia maya, yang menjadi permasalahan foto tersebut dianggap sebagai foto Artika saat sedang berada dalam ruang ganti. Suatu hal yang sangat tidak di duga olehnya beberapa saat sebelum malam final digelar. Rasa sedih dan panik dirasakan Artika sesaat menerima kabar beredarnya foto bugil tersebut dalam internet.



artika_sari_devi-10

Simpati


Kontroversi dan kesedihan Artika mengenai foto bugilnya mengundang banyak simpati dari semua kontestan. Dukungan agar Tika dapat meyelasaikan kontes ini diberikan agar Tika tetap kuat menjalani semua cobaan dan menghadapi kontroversi mengenai keberangkatannya mengikuti ajang miss universe ini.

Suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan oleh Artika ketika mengikuti ajang Miss Universe, dukungan dari masyarakat Thailand berupa sebuah anting yang diberikan khusus untuk Artika. Sesuatu yang membuat Artika terharu saat nenek berusia 70 tahun itu datang dalam acara gala dinner yang diadakan dinas pariwisata Thailand dangan seluruh peserta Miss Uninerse 2005 menyerahkan langsung anting yang akan diberikan untuk Artika. Bersama cucunya, wanita tua yang duduk diatas kursi roda itu hanya ingin melihat kecantikan Artika dari dekat dan memuji kecantikannya.

artika_sari_devi-185


Selain mandapat predikat Miss Hot Tea, Artika juga dijuluki oleh kontestan lain sebagai ”Miss Kontroversi”. Pernah dalam satu acara Tika menitikkan air mata, karena pertanyaan wartawan yang bertubi-tubi tentang keberadaannya yang tidak mendapat dukungan masyarakatnya. Dia selalu menjawab, sangat menghormati semua pendapat dan tetap akan melakukan yang terbaik dan memperkenalkan Indonesia kepada dunia. Rasa simpati pun berdatangan kepadanya. Itu bisa dilihat ketika berlangsung acara peragaan, yang kontestan harus memakai baju renang. Meski dia satu-satunya yang mengenakan baju renang terusan, kontestan lain berusaha menjadi benteng. Mereka sengaja menutupi Tika dari sorotan kamera. Agaknya kontestan lain tahu bahwa masalah swimsuit menjadi kendala Tika. Tetapi apakah itu suatu kebetulan atau sebuah berkah bagi gadis yang sedang menyelesaikan kuliahnya di program Pascasarjana Notariat UGM. Perhatian berlebih ditujukan kepadanya, sehingga para juri pun banyak yang meluangkan pandang pada Tika. Ditambah tutur bahasa yang halus, tegar dengan penuh kelembutan, mendorong para juri untuk memberi nilai lebih.

artika_sari_devi-68

Populerkan Kebaya

Selain berkunjung ke objek wisata, peserta diajak pula berpesiar dengan kapal menyusuri Sungai Chaoprava, atau jamuan makan malam di Restoran Dee River. Selama mengikuti acara, selain memakai busana rancangan Mama Leon untuk pakaian sehari-hari, juga memakai kebaya rancangan Anne Avantie, semuanya dari Indonesia. Kebaya dipakai ketika jamuan makan malam serta acara resmi lain. Pakaian yang mungkin sedikit beda ini langsung menarik perhatian kontestan lain, bahkan panitia pun banyak yang bertanya. Di antara mereka banyak yang meminta untuk diambil gambarnya bersama Tika yang sedang berkebaya.

artika_sari_devi-72

”Malah ada kontestan dan panitia yang bertanya, apakah kebaya yang dipakai bisa dibeli. ” Kebaya menjadi populer. Nama Artika pun menjadi salah satu yang sering disebut. Berkat kebaya yang ia kenakan para kontestan memanggilnya Princess dan guyonan-guyonan diarahkan pada Tika, Apabila Miss Indonesia selalu mengenakan pakaian yang indah-indah terus seperti ini, kami akan mengundurkan diri dari kontes ini.


Konverensi Pers


Setelah meraih prestasi di ajang Miss Universe nama Artika kembali menjadi pembicaraan di tanah air, hal ini bukan mengenai prestasinya yang berhasil menembus 15 besar tetapi mempersoalkan foto bugil yang beredar di media internet. Rasa sedih dan kecewa dirasakan Tika saat melakukan konverensi pers setelah pulang dari Thailand, gadis asal Pangkal Pinanag itu sempat menitikan air mata di sela berlangsungnya acara syukuran yang diadakan di Ball Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta.

artika_sari_devi-181

Suasana menjadi legang ketika para undangan menunggu jawapan dari mulut wanita yang berhasil menembus 15 besar Miss Universe 2005 tersebut. Beberapa saat setelah menguasai keadaan wanita yang mandapat julukan princess dari sesama kontestan kontestan Miss Universe itu pun menceritakan bahwa foto bugil yang beredar di media maya tersebut bukanlah dirinya melainkan hasil rekayasa, hal itu ia buktikan melalui ruangan yang digambarkan di foto tersebut sama sekali tidak mirip dengan ruang ganti ketika masa karantina. Beberapa saat kemudian tika mengungkapkan kebanggaan terhadap masyarakat Indonesia terhadap rekayasa fotonya, saya sebenarnya bangga warga Indonesia telah melek teknologi, hanya saja sayangnya digunakan untuk hal-hal yang negative tegasnya


Kunjungan Tugas Terakhir


Sebulan sebelum melepas masa jabatan sebagai Puteri Indonesia, Artika Sari Devi tidak ingin mengakhiri masa tugasnya dengan bersantai dan bersenang-senang.

11322612082008artika-tangisi-bocah2-ok

Sebelum masa tugasnya berakhir Artika mempunyai keinginan mengunjungi pasien gizi buruk di kawasan Nusa tenggara Barat. Berbekal ramuan khusus yang dibuat Moeryati Soedibyo (pemimpin mustika ratu), tika menjalankan tugas terakhirnya bersama beberapa staf dari mustika ratu. Ramuan yang diberi nama udang temulawak itu disebut mempunyai kandungan gizi yang tinggi sehingga diharapkan dapat membantu para penderita busung lapar tersebut. Kabar mengenai penyakit gizi buruk sudah didengar Tika ketika mengikuti karantina Miss Universe, melalui yayasan Puteri Indonesia Artika ingin menembuskesalahaannya karena tidak dapat mengunjungi pasien gizi buruk di Nusa Tenggara Timur. Begitu tiba di RSU Mataram, Artika langsung menuju ruang perawatan anak di lantai dua yang merawat pasien busung lapar, melihat tubuh kurus kering seorang anak bernama Mahesa dengan kondisi yang cukup mengenaskan dan tak berdaya sedang duduk di tempat tidur merubah sorot mata Artika menjadai sayu dan rasa sedih langsung tergambar di wajah ayu nya.




Tawaran Film


Pemilihan Miss Universe memberi peluang karier bagi Artika dalam dunia entertainment, berbagai tawaran mengalir pada ranner up I Miss Congeliality itu mulai dari membintangi iklan sebuah produk di Thailand, pemotretan sebagai model, tak ketingalan tawaran menarik bagi Artika dating dari produsen sebuah film serial ternama, bahkan kesempatan berkarier di Los Angeles pun ia terima. Kelvin S. Brigh produser serial FRIENDS yang menjadi juri Miss Universe 2005 itu menawarkan Artika untuk mencoba peran di beberapa acara yang diproduseri nya. Keterlibatan dalam dunia perfilman bukanlah halbaru bagi Artika, melalui sebuah film pendek berdurasi 45 menit, Artika bergelut di dunia perfilman tetapi dalam film berjudul semusim yang terlambat itu peran Artika bukanlah sebagai pemain melainkan berada di balik layer yaitu sebagai asisten sutradara. Mengetahui cerita wanita yang akrab di pangil Tika itu, Kelvin makin tertarik terhadapnya, dimata Kelvin, Artika mempunyai dasar yang cukup di dunia film. Saying tawaran tersebut belum dapat diterima oleh Tika sebab ia harus menyelesaikan kontrak dengan Yayasan Puteri Indonesia selama satau tahun setelah jabatannya selesai, meskipun demikian hal tersebut bukanlah sebuah halangan untuk Tika membangun karier dibidang lain.

artika_sari_devi-263



Bdadari 1 milyar


Meskipun niat Artika untuk menjadi artis yang go internasional terkendala oleh kontrak terhadap Yayasan Puteri Indonesia, di tanah air berbagai tawaran iklan, model, presenter dan membintangi film juga menghampiri dirinya. Selain menjadi model produk kecantikan Mustika Ratu yang merupakan seponsor utama Pemilihan Puteri Indonesia, kekasih Baim ini menjadi Brand Ambassador sebuah alat kesehatan yang dapat melangsingkan tubuh. Untuk pekerjaannya tersebut Artika harus berpenampilan layaknya Angel dengan sayap bewarna hijau berada di punggungnya, dengan mengenakan busana dua potong dan memperlihatkan keindahan lekuk tubuhnya, wanita yang menjadi sinta dalam film opera jawa mendapatkan kontrak sebesar 1 milyar rupiah untuk masa kontrak selama satu tahun. Selain itu keindahan rambut Artika menjadikannya sebagai salah satu bintang produk sampoo ternama di Indonesia.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate