PERPANJANGAN USIA PENSIUN PNS SUDAH BERLAKU

Perpanjangan Usia Pensiun PNS Sudah Berlaku

pns-illWakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPan-RB), Eko Prasojo mengatakan salah satu alasan memperpanjang masa pensiun PNS karena angka harapan hidup di masyarakat semakin tinggi, yakni rata-rata pria 67 tahun dan perempuan 69 tahun.
“Dengan alasan tersebut kami melakukan kesepakatan dengan DPR RI untuk memperpanjang masa pensiun PNS dari 56 menjadi 58 tahun dan dari 58 ke usia 60,” ujarnya di Denpasar, Bali, Selasa (25/2/2014).
Perpanjangan usia pensiun sudah berlaku 1 Februari 2014, yakni bagi pejabat eselon I dan II akan dapat memasuki masa pensiun pada usia 60 tahun yang sebelumnya pensiun di usia 58 tahun, sedangkan pegawai eselon III dari 56 tahun menjadi 58 tahun.
Menurutnya, batas waktu pensiun pegawai Indonesia adalah yang paling singkat di antara negara-negara ASEAN yakni 56 tahun. Untuk di Singapura dan Malaysia di kisaran 60-65 tahun.
Selain itu, Eko Prasojo menilai untuk memproduksi sumberdaya manusia yang berkompeten memang membutuhkan waktu yang lama.
“Namun, kebijakan tersebut akan diikuti dengan pensiun dini,” katanya.
Kebijakan pensiun dini akan dikenakan kepada pegawai yang tidak produkltif dan kompetitif. “Hal ini tentu menjadi sebuah langkah rasional dalam mengatur jumlah pegawai pada pemerintah,” tambahnya.
Dalam menerapkan kebijakan pensiun dini itu, ia mengaku akan melakukan uji kompetensi kepada semua pegawai pemerintah di Indonesia, dan akan meliputi beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pegawai yang akan memasuki masa pensiun. Jika tidak memenuhi maka akan dikenakan pensiun dini.
“Untuk target berapa jumlah yang akan dikenai pensiun dini kami belum melangkah ke arah sana, tapi, nanti akan dilakukan kajian berikut uji kompetensi,” ungkapnya.
“Seperti halnya dosen, auditor, dan guru dengan umur di atas 50 tahun, kan masih berkompeten, namun tidak semua, sehingga jika yang tidak mampu akan kami dorong pensiun dini,” ujar Eko, lagi. (Mirza) Sumber Berita: www.edisinews.com
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate