Cara Mencari Pekerjaan Via Internet
Internet ibaratnya seperti perpustakaan besar, koran, papan pengumuman,
yang jaringannya semua digulung menjadi satu dan menghubungkan jarak
terjauh sekalipun. Internet selain menjadi tempat menjalin hubungan
dengan orang dekat atau orang baru, juga membantu Anda mencari
pekerjaan.
Tidak sedikit sekarang perusahaan yang memanfaatkan
internet untuk mencari karyawan. Selain murah dan cepat, internet juga
penyedia informasi yang praktis serta tepat sasaran.
Tetapi bagaimana ya cara mencari pekerjaan via internet agar tak tertipu. Ini dia tipsnya:
Siapkan CV
Sebelum
Anda mulai, siapkan terlebih dahulu CV Anda yang dikompres dalam sebuah
file dengan ukuran kecil. Siapkan copy ijazah, foto, dan segala hal
yang dibutuhkan untuk kelengkapan dokumen perusahaan.
Googling diri sendiri
Sebelum
Anda mengirimkan CV, pastikan Anda menggugling diri sendiri demi
mencari informasi tentang diri Anda. Pastikan tak ada informasi miring
agar Anda terhindar dari masalah.
Update Profil
Update
semua profil di internet dan rapikan semua profil tersebut. Delete
semua hal-hal yang akan membuat nilai Anda berkurang, dan check kembali
semua foto-foto di folder Anda.
Cari info lengkapnya
Apabila
memang perusahaan yang sedang Anda tuju adalah perusahaan yang kurang
terkenal namanya, maka pastikan Anda mencari informasi lebih lanjut di
internet. Pelajari sejarah dan hal-hal apa saja yang pernah dialami
perusahaan itu sebelum Anda bekerja di sana.
Kirim application letter
Jika
Anda sudah memastikan posisi dan perusahaan yang Anda tuju memang
berkualitas. Maka segera kirimkan surat lamaran Anda. Jangan menunda
terlalu lama karena dunia maya tak terbatas waktu. Dan Anda bisa malah
ketinggalan kalau tak terburu-buru.
Selalu check email
Setelah CV Anda kirimkan, nantikan balasan mereka via email dan pastikan email serta ponsel Anda tak pernah mati.
Semoga berhasil ya. Bersiaplah untuk panggilan wawancara Anda. (vemale.com)
0 komentar:
Posting Komentar