PROFIL SEPAKBOLA PIALA DUNIA 2014

Tim Nigeria

Nigeria sipa terbang lebih tinggi di Piala Dunia 2014

Para pemain Nigeria berfoto sebelum menghadapi Skotlandia di laga persahabatan di Craven Cottage. (Reuters/Toby Melville)
Para pemain Nigeria berfoto sebelum menghadapi Skotlandia di laga persahabatan di Craven Cottage. (Reuters/Toby Melville) 
 
Nigeria adalah negara pertama dari Benua Afrika yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. Berbekalkan para pemain muda, tim besutan pelatih Stephen Keshi itu menargetkan lolos ke putaran kedua turnamen yang mulai digelar 12 Juni mendatang.
Tim berjuluk Elang Super itu tampaknya sudah matang, bahkan lebih siap dari yang sebelumnya direncanakan. Tim muda itu sudah memenangkan Piala Afrika pada awal 2013 lalu, padahal Keshi sendiri ingin membangun tim Elang Muda itu untuk Piala Dunia 2018 di Rusia.
Dalam kualifikasi zona Afrika, Nigeria juga kembali membuktikan kematangannya sebagai sebuah tim yang solid. Dari delapan laga, Juara Afrika itu tidak sekali pun kalah dan berhasil mencetak 11 gol dan hanya kebobolan empat gol.
Penampilan di Brasil mendatang adalah yang kelima bagi Nigeria, yang sebelumnya sudah pernah bertarung dalam Piala Dunia 1994, 1998, 2002, dan 2010. Penampilan terbaik Nigeria di Piala Dunia terjadi di 1994 dan 1998, ketika mereka mampu lolos ke babak 16 besar.
Perjalanan ke Brasil:
Nigeria menjadi wakil pertama Afrika yang lolos ke Brasil pada 16 November 2013, setelah mengalahkan Ethiopia di dua leg play off dengan agregat 4-1. Sebelumnya di enam laga kualifikasi – melawan Namibia, Malawi, dan Kenya – Tim Elang Super itu tidak pernah sekalipun kalah dan hanya meraih tiga hasil seri.
Pemain Bintang:
Striker Chelsea, Victor Moses, menjadi andalan Nigeria di lini depan. Dia pertama kali membela Nigeria di Piala Afrika 2013 lalu dan langsung berhasil mengecap juara. Moses sendiri pindah dari Lagos ke Inggris pada usia 11 tahun dan sempat bermain untuk tim nasional Inggris U21.
Pelatih :
Stephen Keshi bukan nama asing di sepak bola dunia. Dia adalah salah satu dari sedikit generasi pertama pemain Afrika yang berlaga di Eropa, saat dia bermain untuk klub Belgia, Anderlecht dan Racing Strasbourg, di Prancis.
Dia menjadi kapten Nigeria pada Piala Afrika 1994 dan juga memimpin rekan-rekannya di Piala Dunia pertama Elang Super pada 1994 di Amerika Serikat. Tetapi dia bermain di hanya satu laga dari empat pertandingan tim tersebut ketika itu.
Prestasi lelaki berusia 51 tahun itu sebagai pelatih dibuktikan saat dia membawa Togo lolos ke putaran final Piala Dunia 2006. Tetapi akibat pertengkaran dengan pemain bintang Emmanuel Adebayor, pelatih yang menetap di AS dipecat persis sebelum Piala Dunia Jerman itu berlangsung.
Setelah kembali ditunjuk Togo sebagai pelatih pada 2007, Keshi pindah melatih tim nasional Mali, kembali lagi ke Togo, dan akhirnya berlabuh di Nigeria pada 2011.
Skuat:
Kiper : Chigozie Agbim (Gombe United), Augustine Ejide (Hapoel Be’er Sheva), Vincent Enyeama (Lille).
Bek : Efe Ambrose (Celtic), Elderson Echiejile (Monaco), Azubuike Egwuekwe (Warri Wolves), Godfrey Oboabona (Rizespor), Kunle Odunlami (Sunshine Stars), Kenneth Omeruo (Middlesbrough), Juwon Oshaniwa (Ashdod FC), Joseph Yobo (Norwich City).
Gelandang: Ramon Azeez (Almeria), Mikel Obi (Chelsea), Ogenyi Onazi (Lazio), Gabriel Reuben (Beveren), Michael Uchebo (Cercle Brugge)
Penyerang : Shola Ameobi (Newcastle United), Emmanuel Emenike (Fenerbahce), Babatunde Michel (Volyn), Victor Moses (Liverpool), Ahmed Musa (CSKA Moscow), Uche Nwofor (Herenveen), Peter Odemwingie (Stoke City). (Scoresway)
(suara.com)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Translate